Industri ritel selain banyak membuka lapangan pekerjaan, juga berkontribusi besar pada perekonomian nasional. Namun, pandemi Covid-19 mengguncang daya tahan industri ini sehingga tidak sedikit yang menutup usahanya atau mengubah strategi bisnisnya.
Salah satu strategi yang ditempuh diantaranya memanfaatkan teknologi digital dengan cara mengimplementasikan software point of sales (POS) untuk mengelola transaksi masuk dan keluar. Dengan menggunakan software ini setiap transaksi akan dicatat dan dipantau secara real-time dan transparan secara online melaui jaringan internet.
Untuk diketahui, sistem point of sales merupakan aplikasi yang banyak digunakan oleh pemilik atau pengelola bisnis retail guna mempermudah kegiatan transaksi, sehingga proses penjualan dan pembelian dapat dilakukan dengan lebih mudah, cepat dan transparan.
Dengan bantuan sistem point of sales, pengusaha dapat meningkatkan efisiensi proses transaksi serta mengelola inventaris, program promosi, mempermudah pencarian barang dan stok transfer.
Selain itu, sistem point of sales juga dapat mengotomasi pembuatan laporan dagang sehingga data perusahaan akan lebih optimal, aman dan transparan, serta semua transkasi dapat dicetak bukti pembayaran kepada pelanggan.
1. Memungkinkan pelacakan inventaris di beberapa toko
Software aplikasi point of sales memungkinkan pemilik toko untuk melacak persediaan barang di seluruh toko cabang. Hal ini penting manakala suatu toko kehabisan stok barang maka pemilik bisa mencarinya di toko mereka yang lain, sehingga pembeli dapat terlayani dengan baik.
2. Meningkatkan layanan pelanggan
Program IPOS dapat meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dengan lebih baik dan cepat hanya dalam hitungan detik. Tentunya hal ini akan memberikan pengalaman yang berharga bagi pelanggan saat membeli produk. Dengan demikian, bisnis akan menjadi lebih berkembang karena pelanggan merasa terpuaskan dengan pelayanan bisnis yang diterima.
3. Mengelola bisnis dari mana saja
Dengan mengunakan program IPOS maka seluruh transaksi bisnis dapat diakses secara real-time melalui perangkat smartphone atau tablet. Bahkan ketika retailer sedang berada di luar negeri sekalipun, mereka tetap dapat memantau perkembangan bisnisnya, melacak persediaan barang, atau sekdear melihat data penjualan pada saat itu.
4. Keamanan data transaksi
Program IPOS memastikan seluruh data transasksi tersimpan dengan baik dan aman. Seluruh data transaksi ini tersimpan di dalam server berbasis cloud sehingga meniadakan risiko kehilangan data akibat virus atau sistem yang rusak. Bahkan pada saat tidak ada koneksi internet, transaksi tetap bisa dilakukan. Sistem IPOS akan menyimpan seluruh data transaksi dan membuatnya melakukan sinkronisasi ketika sistem telah terhubung kembali dengan jaringan internet.
5. Laporan penjualan yang lengkap dan akurat
Program IPOS menghasilkan laporan penjualan yang lebih lengkap dan akurat. Sistem ini menghasilkan laporan meliputi jumlah produk yang terjual, produk yang paling laris, keuntungan penjualan, dan beberapa fitur lainnya. Kesalahan-kesalahan yang kerap terjadi pada toko konvensional dapat ditiadakan dengan penggunaan software ini.
6. Mempermudah proses refund
Keuntungan dari program IPOS lainnnya adalah memungkinkan proses pengembalian barang (return) secara cepat dan efektif, tanpa mengacaukan pembukuan. Dalam hal ini ketika ada pelanggan yang bermaksud membatalkan pembelian atas suatu barang maka dapat dilayani hanya dengan beberapa klik. Tentunya hal ini akan meningkatkan kredibilitas usaha karena memberikan kepercayaan dan kenyamanan kepada pelanggan.
7. Mengurangi human error
Penggunaan program aplikasi IPOS juga mampu mengatasi kesalahan yang diakibatkan oleh kesalahan manusia (human-error). Dengan menggunakan program IPOS kesalahan-kesalahan seperti akibat keteledoran dan kelalaian akan dapat diminimalisir dengan baik.
8. Meringankan beban karyawan
Penggunaan program IPOS memiliki dampak positif bagi karyawan. Pada toko ritel yang memiliki item produk sangat banyak, karyawan tidak akan terbebani untuk menghafalkan product knowledge, sehingga diharapkan para karyawan dapat lebih fokus dalam melayani pelanggan.
9. Meningkatkan efisiensi waktu
Salah satu ciri utama dalam bisnis secara digital adalah efisiensi waktu dalam transaksi. Semakin banyak transaksi yang dilakukan maka akan semakin efektif dalam menginput data.
Pada intinya, dengan memaksimalkan seluruh proses transaksi tidak saja membuat karyawan menjadi lebih mudah dalam menangani customer, namun juga meningkatkan omzet penjulaan menjadi lebih cepat dan efisien.
Secara sederhananya program IPOS dapat memberikan kemudahan bagi retailer karena memiliki berbagai fitur yang bermanfaat guna mengelola bisnis secara profesional dalam memasuki era digitalisasi.
Selain itu memilih program IPOS yang tepat sesuai dengan jenis usaha juga merupakan hal yang tidak kalah penting. Karena dengan memilih sistem yang tepat, maka keuntungan dan manfaat dari implementasi sistem ini juga akan diperoleh lebih maksimal. (*)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H