Wabah pandemi telah menimbulkan dampak yang luar biasa bagi keberlangsungan bisnis semua sektor, termasuk sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).
Sektor usaha mikro, kecil, dan menengah bahkan diyakini mengalami dampak yang cukup parah antara lain seperti penurunan omzet hingga harus melakukan pengurangan karyawan. Untuk itu, demi mempertahankan keberlangsungan bisnis, berbagai cara perlu dilakukan. Salah satunya dengan melakukan digitalisasi dalam proses bisnisnya.
Proses digitalisasi sektor UMKM bukan sekadar menggunakan teknologi untuk menjual produk semata. Lebih dari itu melalui penggunaaan perangkat digital ini maka diharapkan sektor UMKM dapat mengatur keuangan, memantau cash flow bisnis, hingga memperoleh bahan baku secara online.
Sebagai contoh, toko retail yang merupakan sektor terbesar pada kelas usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) kini mulai menggunakan sistem pembayaran secara online dengan memanfaatkan software point of sales (POS) sebagai mesin kasir digital untuk mengelola arus kas masuk dan keluar.
Dengan menggunakan software ini maka untuk setiap transaksi akan dicatat dan dipantau secara real-time dan transparan menggunakan jaringan internet.
Keuntungan menggunakan sistem point of sales
Sistem point of sales adalah suatu aplikasi yang banyak digunakan oleh pemilik atau pengelola bisnis retail guna mempermudah kegiatan transaksi, sehingga proses penjualan dan pembelian dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.
Aplikasi ini sendiri biasanya terimplementasi pada suatu terminal atau mesin pembayaran seperti mesin kasir, sehingga sering disebut sebagai sistem POS kasir (cash register)
Dengan bantuan sistem point of sales, pengusaha dapat meningkatkan efisiensi proses transaksi serta mengelola inventaris, program promosi, mempermudah pencarian barang dan stok transfer.
Sistem point of sales juga dapat mengotomasi pembuatan laporan dagang sehingga data perusahaan akan lebih optimal, aman dan transparan, dimana semua transkasi dapat dicetak bukti pembayaran kepada pelanggan.
Tentunya dengan implementasi sistem point of sales akan dapat lebih mudah untuk mengelola bisnis retail melalui aplikasi yang terintegrasi dengan sistem lain seperti sistem akuntansi, sistem marketing automation, dan sistem manajemen inventaris barang.
Beberapa fitur penting software toko retail
Salah satu vendor penyedia software point of sales terbaik di Indonesia adalah Trigonal Software yang telah dipercaya oleh ratusan sektor retail di Indonesia.
Selain mudah dikustomisasi dan integrasi dengan software lainnya, sistem point of sales yang dikembangkan Trigonal Software juga memiliki banyak fitur yang penting dan sesuai dengan proses operasional pada toko retail.
Dalam perjalanan bisnisnya, Trigonal Software telah merilis beberapa versi point of sales, dan yang terbaru adalah IPOS 5 atau yang dikenal sebagai IPOS Ultimate. Beberapa fitur yang disediakan antara lain sebagai berikut:
Web based interface
Program ini memiliki kelebihan yaitu tampilan antar muka (interface) yang sangat mudah dipahami oleh pemilik bisnis retail sekalipun tidak paham sistem digital. Selain itu, setiap saat sang pemilik toko retail dapat memantau transaksi yang sedang berlangsung kapan pun dan dari mana pun karena sudah terkoneksi dengan jaringan internet.
Loyalty and reward
Tidak hanya memiliki tampilan interface laman web, kelebihan lain dari fitur program IPOS retail lainnya adalah dapat meningkatkan retensi dengan membuat loyalty dan reward yang telah sesuai dengan preferensi atau pembelian dari setiap pelanggan.
Multi price list
Program IPOS juga memiliki fitur menarik lainnya yaitu Multi price list. Melalui fitur ini sang pemilik toko dapat memperbaharui harga sewaktu-waktu. Selain itu dengan fitur ini akan memungkinkan pemilik toko memberikan harga jual yang berbeda untuk setiap cabang atau lokasi toko.
Sales history
Dengan adanya fitur ini maka sang pemilik toko retail tidak perlu repot-repot lagi untuk mencatat riwayat transaksi dan penjualan. Sistem yang sudah terintegrasi ini akan mengotomatiskan data bisnis dan juga meminimalisir faktor akibat keteledoran atau human error. Selain itu pemilik toko juga dapat dengan mudah menganalisis tren dan memprediksi arus kas bisnis retail mereka secara akurat.
Return sales
Sedangkan fitur Return sales berfungsi untuk mengelola pengembalian atau pembatalan transaksi yang telah terjadi. Melalui fitur Return sales ini maka setiap ada pengembalian barang oleh pelanggan akan direkam oleh sistem tanpa menimbulkan kesalahan pada back-end.
Pada prinsipnya penggunaan program IPOS akan memudahkan pengelolaan bisnis retail, karena semua aktifitas bisnis dapat dilakukan dengan mudah dan otomatis secara digital melalui jaringan internet.Â
Semakin besar perusahaan tentu akan membutuhkan satu sistem untuk mengotomatiskan pencatatan transaksi penjualan dan pembelian.Â
Dengan menggunakan program IPOS ini maka pengguna akan dapat memaksimalkan transaksi pembayaran secara transparan, bahkan dapat dipantau dari mana saja dan kapan saja, termasuk ketika pengusaha sedang bepergian ke luar negeri. (*)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H