Seru Belajar Matematika dengan Teknologi VR ko' bisa?
Sangatlah bisa dalam pembelajaran Matematika di era serba teknologi digital, apa saja sih yang harus di siapkan dan alat apa saja sih yang digunakan? kemudian manfaat apa saja sih yang didapatkan siswa dan guru. Berikut pembahasannya.
Pembelajaran Matematika menjadi momok bagi siswa di sekolah, siswa selalu di"hantui" dengan Rumus Jelimet (susah dihafal) dan efeknya Nilai pasti Jelek (dibawah ketuntasan).Â
Dari latar belakang ini, seorang guru memiliki peranan penting dalam merancang pembelajaran sesuai indiktor dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Oleh karena itu, seorang guru dapat mengidentifikasi dan menganalisis kekuatan dan kekurangan pada lingkungan belajar sekolah.
Sekarang ini hampir semua sekolah di perkotaan maju dalam teknologi digital seperti penggunaan Learning Mangement System (LMS) untuk pembelajaran jarak jauh dan rata-rata siswa menggunakan smart phone (android). Peluang ini, yang saya tangkap positif sebagai kekuatan dalam mendukung  dalam merancang pembelajaran sebagai media pembelajaran Matematika.
Apa saja sih yang harus disiapkan?Â
1. LMSÂ
  LMS sebagai media komunikasi jarak jauh dan juga sebagai ruang untuk siswa mendapatkan materi dari guru contohnya video pembelajaran, modul, LKPD dan PPT pembelajaran.
2. Link AplikasiÂ
   Link aplikasi android yang mudah di unduh oleh siswa di playstore.Â
3. Aplikasi Creator
   Aplikasi creator Millealab sebagai ruang untuk mendesain konten pembelajaran secara virtual, konten ini dibuat oleh guru sesuai alur cerita pembelajaran. Konten ini dapat terkoneksi langsung youtube media penyampaian video pembelajaran, analisis ruang belajar secara virtual (yang sulit dijangkau siswa kalau dalam dunia nyata) dan diakhir pembelajaran virtual siswa bisa mengikuti evaluasi quiz pembelajaran.
Alat apa saja sih yang digunakan?
1. Smart Phone
  Smart Phone (android) sebagai viewer konten yang di desain oleh guru, siswa dapat menikmati pembelajaran seperti bermain game online.
2. Bobo VR dan Remote
   Penggunaan Bobo VR dan Remote memiliki sensasi berbeda diruang virtual, mata siswa terfokus diruang virtual tersebut dengan efek suara yang seru dan dapat berinteraksi langsung seperti didunia nyata.Â
3. Jaringan Internet
   Untuk mengakses konten tersebut, siswa harus memiliki jaringan internet
Kemudian manfaat apa saja sih yang didapatkan siswa dan guru?
Bagi siswa, ini menjadi pengalaman menarik dalam pembelajaran Matematika dimana pun dan kapan pun sesuai dengan jamannya, siswa selain dituntut pengalaman kognitifnya, siswa dapat meningkatkan pengalaman psikomotorik dan afektif. Dan pembelajaran Matematika ini menjadikan pembelajaran yang seru dan kekinian.Â
Selain menciptakan student center dan sebagai fasilitator, Guru dapat mengembangkan pembelajaran abad 21 dengan pendekatan PBL, PjBL dan Technological Pedagocal Content Knowledge disingkat TPACK merupakan pengetahuan yang diperlukan untuk mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran.   Â
Semoga tulisan ini menjadi inspirasi Guru Indonesia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H