Mohon tunggu...
Joko Ristono
Joko Ristono Mohon Tunggu... Administrasi - Trainer dan Konsultan CRM
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Praktisi pemasaran dengan spesialisasi Customer Relatinship Management (CRM) yang sudah mendalami teknik dan skill Public Speaking untuk menunjang kemampuannya dalam men-deliver knowledge, skill, experience kepada para peserta Seminar, Training, Workshop, Mentoring. Sejak tahun 1994, belajar dari para expert tentang teori dan kasus-kasus pemasaran terkini untuk selanjutnya dipraktekan langsung dalam karir dunia Sales dan Marketing. Sebagai National Coordinator Public Speaking Indonesia Community, yang secara rutin melakukan kegiatan untuk mengasah para anggota semakin mahir di bidang Public Speaking, termasuk memberikan pelayanan kepada para Trainer di Indonesia untuk mendapatkan layanan Public Speaking Check Up.

Selanjutnya

Tutup

Money

CRM Series: Database Tulang Punggung CRM

26 Oktober 2016   13:30 Diperbarui: 26 Oktober 2016   13:39 358
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kelangsungan bisnis sangat tergantung dari bagaimana perusahaan mampu menjaga loyalitas pelanggannya, karena pelanggan loyal menjadi sumber profit yang lebih baik bagi perusahaan, mereka juga akan menjadi duta gratis utnuk produk kita, itulah kenapa hal ini menjadi sangat penting “menjaga loyalitas pelanggan”. Banyak artikel menuliskan bahwa mendapatkan pelanggan baru memerlukan biaya sampai 20 kali lebih mahal dibandingkan dengan biaya untuk menjaga pelanggan yang ada, bila demikian kenapa tidak diarahkan sumber daya untuk menjaga pelanggan yang ada.

Dalam 10 tahun terakhir, ketika persaingan bisnis ada dalam tahapan hyper competitive, strategy menjaga pelanggan merupakan tindakan yang bijaksana, hal ini dikenal dengan Strategy Customer Relationship management (CRM).

Coba kita simak lagi, betapa beruntungnya perusahaan yang memiliki pelanggan loyal, karena pelanggan ini mendatangkan keuntungan seperti:

  • Menghemat biaya promosi
  • Mereka nyaman dan senang bertransaksi dengan kita
  • Apa bila ada kekurangan dari produk atau brand, mereka lebih memaafkan
  • Dari sisi bisnis, mereka beli lagi dan beli lagi
  • Duta penjualan gratis
  • Dan mereka, pelanggan loyal ini tidak sensitif terhadap harga
  • Program-program yang dilakukan untuk pelanggan-pelanggan ini lebih efektif

Tentu tidak mudah menciptakan pelanggan loyal, tapi harus terus diupayakan

Tulang Punggung CRM

Sukses dari sebuah bisnis, diawali dengan suksesnya penjualan, dan penjualan yang sukses sangat tergantung dari seberapa akurat data calon pelanggan yang dimiliki. Pada tahapan selanjutnya, perusahaan akan melakukan kegiatan Retensi Pelanggan melalui strategy Customer Relationship Management (CRM), dalam pelaksanaan CRM kunci suksesnya adalah Database yang memadai dan dikelola dengan benar. di dalam CRM, database sering disebut sebagai tulangpunggung yang menentukan sukses tidaknya strategy ini dijalankan

Banyak perusahaan sudah memiliki dan mengelola data pelanggan, namun banyak juga yang tidak memiliki strategy pengelolaan database yang benar, sehingga kadang memiliki data dalam jumlah banyak namun tidak relevan dengan bisnis, atau data banyak namun hanya menjadi data mati yang tidak bermanfaat atau tidak dimanfaatkan sama sekali.

Data pelanggan seharusnya dikelola dengan baik untuk menghasilkan informasi yang pada akhirnya bisa dirubah menjadi knowledge yang berguna untuk pengambilan keputusan program penjualan atau program Retensi Pelanggan.

Pengelolaan data pelanggan, dimulai dari bagaimana mendapatkan data, meng-akomodasi data dalam sebuah system. Pemeliharaan dan penggunaan database menjadi pengetahuan yang akurat, mutakhir, aman yang pada akhirnya menjadi sumber terpercaya bagi perusahaan untuk membuat policy. Dalam pengelolaan database dikenal istilah 3M, yaitu Memdalami, Menggali, Menyelami.

Apabila semua hal tersebut di atas sudah diimplementasikan dengan baik dan benar, maka akan sangat membantu memaksimalkan proses pelayanan, baik kepada internal customer ataupun kepada external customer, sehingga diharapkan mampu meningkatkan daya saing bagi organisasi

Manfaat Database

Database Marketing adalah sekumpulan data dan informasi terutama data pelanggan, yang digunakan untuk keperluan pemasaran produk dan jasa perusahaan. Pendekatan secara sistematis aktivitas terkait dengan data pelanggan ini meliputi: Pengumpulan, Konsolidasi, Pengolahan Data Pelanggan, untuk tujuan mengenal pelanggan lebih dalam untuk membuat program pemasaran yang sesuai.

Database pelanggan sangat penting dalam strategy CRM, seperti sudah yang diuraikan di atas. Secara spesifik, ada beberapa manfaat database dalam implementasi CRM, diantaranya:

  • Segmentasi pelanggan
  • Program yang sesuai
  • Profiling pelanggan
  • Mengenal pelanggan lebih dalam
  • Up selling & cross selling
  • Win back program
  • Pengukuran efektifitas program
  • Projection untuk mengembangkan database

Dengan adanya database yang baik, kita bisa mengenal pelanggan, dan tidak ada yang lebih powerful dibanding dengan mengenal pelanggan dnegan baik. Yang kedua, dengan adanya database kita bisa mempengaruhi pelanggan dalam banyak hal, termasuk untuk terus membeli produk kita.

Wokrshop Tentang Database

Saat ini banyak sekali workshop-workshop yang ditujukan agar para pamasar semakin memahami pentingnya database bagi kelangsungan bisnis. Biasanya dalam wokrshop langsung diajarkan teknik-teknik terkait dengan pengelolaan database.

Workshop tentang database merupakan bagian dari workshop CRM secara keseluruhan, hanya saja dibahas lebih detail dan tuntas tentang peranan database dalam CRM.

Dengan mengikuti workshop seperti ini, Anda akan belajar Ilmu praktis yang sangat aplikatif, sehingga mudah dipahami dan dipastikan bisa Anda terapkan dalam bisnis yang menjadi tanggungjawab Anda.

  • Beberapa teknik terkait dengan database:
  • Membangun database
  • Melakukan segmentasi pelanggan
  • Menggali potensi pelanggan
  • Merubah informasi menjadi knowledge
  • Up selling dan Cros selling
  • Membuat program penjualan dan sales plan berdasarkan database

(Workshop dilakukan dengan metode 30% knowledgedan 70% praktekuntuk mendapatkan Skill maksimal)

Peserta Workshop: Manager, Supervisor, Staff yang berhubungan dengan Sales dan Marketing dan Semua bagian yang berhubungan dengan pengelolaan pelanggan.

Selamat mencoba

Salam CRM in ACTION

Joko Ristono

ARTIKEL CRM LAINNYA

WORKSHOP DATABASE 

TENTANG KEHIDUPAN

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun