Mohon tunggu...
John Lobo
John Lobo Mohon Tunggu... Guru - Pegiat Literasi dan Penggagas Gerakan Katakan dengan Buku
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Guru di SMA Negeri 2 Kota Mojokerto Jawa Timur

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Rei-Rei Wara: Menghardik Roh Perusak Melalui Ejekan

9 November 2021   12:19 Diperbarui: 9 November 2021   12:27 522
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Rei-Rei Wara | Dok pribadi

Reba dalam perspektif etnis  Ngada dimaknai sebagai perayaan tahun baru dimana masyarakat mengungkapkan rasa syukur atas penyelenggaraan Tuhan yang diyakini sebagai Dewa Zeta Nitu Zale atas segala berkat dan kelimpahan yang telah dinikmati melalui hasil pertanian, peternakan, dll. selama satu tahun.

Berdasarkan perhitungan kalender adat, upacara syukur tersebut dilaksanakan sejak bulan Desember mulai Reba Bena hingga Reba Loga yang dirayakan pada bulan Maret. 

Masyarakat Deru yang ada di Desa Nenowea merayakan Reba pada awal bulan Pebruari. Kekhasan orang Deru merayakan Reba terungkap dalam berbagai bentuk nyanyian dan tarian (sedo uwi) dan ritus-ritus penting sebagai perayaan syukur dan permohonan berkat. Ada tiga hal yang direfleksikan dalam upacara Reba Deru yakni manusia (kita ata), rumah adat (kopo molo lego zi'a sao meze teda lewa) dan tanah (tana meze watu lewa- ngia ngora)

Salah satu ritus Reba Deru yang dijalankan pada hari kedua adalah Rei-rei Wara atau ritual mengolok angin yang diyakini sebagai roh perusak. Bagi masyarakat lokal, Wara (angin) merupakan musuh leluhur pembawa malapetaka dan bencana yang merusak semua jenis tanaman. 

Oleh karena itu butuh strategi yang efektif untuk mengalahkannya. Menurut Didakus Lina tokoh adat asal Woeloma, menuturkan bahwa tradisi yang berkembang untuk mengalahkan angin sebagai sumber bencana adalah melakukan penolakan dengan cara mengusirnya. Pengusiran ini dilaksanakan agar masyarakat bisa hidup tenang dan segala tanaman bisa aman dari ancaman penghancuran. 

Penolakan terhadap angin oleh masyarakat Deru  dilakukan melalui kata-kata yang keras bahkan mengeluarkan kata-kata makian (momo). Hal ini ditunjukkan lewat syair-syair yang dilantunkan dalam bentuk dialog atau puisi berantai antara seorang pemimpin dengan para peserta lainnya dalam ritual Re-rei Wara.

Menurut Dr.Watu Yohanes Vianey, M.Hum pengajar Ilmu Filsafat di Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, secara historis, Rei-rei wara juga  merupakan ritus yang diatur secara khusus untuk mengejek angin. 

Salah satu cara untuk menaklukan atau menghardik (mengalahkan) lawan (angin) melalui ejekan ternyata cukup efektif. Melaui berbagai ejekan bahkan makian (momo) dengan bahasa yang cendrung kasar, angin akhirnya bisa kalah. Oleh karena itu,pemaknaan Reba menurut masyarakat setempat juga berarti kemenangan atas Roh Perusak.

Masyarakat lokal | dok pribadi
Masyarakat lokal | dok pribadi

Secara teknis dalam ritual Rei-rei wara ada dialog antara pemimpin atau pemandu prosesi yang berasal dari salah satu ana sa'o Kepo Wesu (pewaris sah ritus Reba Deru) dengan peserta. Dialog dilakukan secara bergantian melalui lantunan syair-syair yang disajikan melalui video yang dikirim oleh RD. Gerardus Janga tahun 2019 yang lalu berikut ini :

 Choir (doa): ...Ea ae ae ae.....

P : Rei-rei rei  meo wara

Warga : Wara da loegha... a e

P : Wara... meo wara...

Warga : Meo wara e..e

P : Wara da loe lau wio reo kego

Warga : Wara loe lau wio reo kego

Choir (doa) : ...Ea ae ae ae....

P : Rei-rei rei  meo Lenga

Warga : Lenga Loe gha a e

P : Lenga...meo Lenga

Warga : Meo Lenga e...e

P : Lenga da loe beli sala reo kego

Warga : Lenga loe beli sala reo kego e...e

Choir (doa) : ...Ea ae ae ae.....

P : Rei-rei rei meo wara

Warga : Wara da loegha a... e

P : Go wara angi epa

Warga : Kami bau e.. a e

P : Go pare ne'e uwi

Warga : Idi mai e... a e

P : Wara..... meo wara

Warga : Meo wara e... a e

P : Loe lau wio reo kego...

Warga : Wara loe lau wio reo kego

Semua : Ae ae ae e...


Menurut Didakus Lina, seperti yang ditulis oleh Martina Nginu (2019:41) mengatakan bahwa setelah dialog ini (Rei-rei Wara)dilajutkan dengan ritual He ulo yakni seruan untuk membangkitkan semangat bagi para peserta yang ikut dalam tarian.

 Selain itu, He ulo juga merupakan seruan untuk mengundang Nitu Dewa (roh leluhur) supaya bisa hadir dalam upacara tersebut. Upacara ini dilaksanakan sambil mengelilingi loka sedo guna memulai Sedo Deru. 

Setelah pemandu yang berdiri di atas ture lengi melihat bahwa persiapannya sudah. mantap, ia akan memberi komando untuk melaksanakan tarian Sedo Deru.

Oleh : John Lobo

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun