Mohon tunggu...
John Elton Ngarbingan
John Elton Ngarbingan Mohon Tunggu... Guru - Biogenesis

Seni itu bagian dari hidupku

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran, Koneksi Antar Materi

9 Oktober 2021   23:04 Diperbarui: 9 Oktober 2021   23:19 87
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bagaimana pandangan Ki Hajar Dewantara dengan filosofi Pratap Triloka memiliki pengaruh terhadap bagaimana sebuah pengambilan keputusan sebagai seorang pemimpin pembelajaran diambil? 

Pandangan Ki Hajar Dewaantara memiliki pengaruh yang sangat besar bagi Guru dalam pengambilan suatu keputusan, melalui Pratap Triloka Guru dapat memahami nilai dan perannya, bukan hanya sebatan penentuan posisi Guru namun memiliki nilai dan peran dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Sehingga seorang Guru akan mengetahui ketika ada dalam posisi itu apa yang harus Ia lakukan yaitu menjadi teladan, menjadi motivator dan penyemangat. 

Bagaimana nilai-nilai yang tertanam dalam diri kita, berpengaruh kepada prinsip-prinsip yang kita ambil dalam pengambilan suatu keputusan?

Nilai-nilai yang tertanam dalam diri kita, memiliki pengaruh yang besar kepada prinsip-prinsip yang kita ambil dalam pengambilan suatu keputusan, setiap nilai-nilai dasar dalam kehidupan kita menjadi pedoman dalam menentukan setiap keputusan yang kita ambil

Bagaimana kegiatan terbimbing yang kita lakukan pada materi pengambilan keputusan berkaitan dengan kegiatan 'coaching' (bimbingan) yang diberikan pendamping atau fasilitator dalam perjalanan proses pembelajaran kita, terutama dalam pengujian pengambilan keputusan yang telah kita ambil. Apakah pengambilan keputusan tersebut telah efektif, masihkah ada pertanyaan-pertanyaan dalam diri kita atas pengambilan keputusan tersebut. Hal-hal ini tentunya bisa dibantu oleh sesi 'coaching' yang telah dibahas pada modul 2 sebelumnya.

Kegiatan terbimbing yang kita lakukan pada materi pengambilan keputusan memiliki kaitan yang sangat erat dengan kegiatan 'coaching' (bimbingan) yang diberikan pendamping atau fasilitator dalam perjalanan proses pembelajaran kita melalui setiap pembimbingan yang kita peroleh pendamping dan fasilitator empraktekan setiap konsep tentang coaching, terutama dalam pengujian pengambilan keputusan yang telah kita ambil, kita sebagai Guru diberikan setiap pertanyaan-pentanyaan yang membuat kita mengerti dengan sendirinya apa keputusan yang akan kita ambil untuk mengatasi suatu persoalan yang sedang kita alami.

Pengambilan keputusan tersebut sangat efektif, dengan tahapan-tahapan pengambilan keputusan yang lengkap sesuai dengan penuntun yang ada maka setiap keputusan yang kita ambil akan tepat. 

Bagaimana pembahasan studi kasus yang fokus pada masalah moral atau etika kembali kepada nilai-nilai yang dianut seorang pendidik.

Pembahasan studi kasus memberikan suatu pengalam berharga bagi Guru untuk dapat memahami situasi yang terjadi dan belajar untuk mengambil keputusan secara tepat sesuai dengan langkah-langkah pengambilan keputusan yang benar.

Bagaimana pengambilan keputusan yang tepat, tentunya berdampak pada terciptanya lingkungan yang positif, kondusif, aman dan nyaman.

Pengambilan keputusan yang tepat tentunya memiliki kriteria dan prosedur tersendiri dan akan berdampak pada terciptanya lingkungan yang positif, kondusif, aman dan nyaman, yaitu sesuai dengan 9 langkah pengambilan keputusan yang telah dipelajari, hal ini terjadi karena semua orang akan puas terhadap keputusan yang diambil bukan berdasarkan keinginan semata namun karena benar-benar merupakan keputusan yang tepat berdasarkan langkah-langkah pengujian yang tepat pula. 

Selanjutnya, apakah kesulitan-kesulitan di lingkungan Anda yang sulit dilaksanakan untuk menjalankan pengambilan keputusan terhadap kasus-kasus dilema etika ini? Apakah ini kembali ke masalah perubahan paradigma di lingkungan Anda?

Kesulitan-kesulitan di lingkungan saya yang sulit dilaksanakan untuk menjalankan pengambilan keputusan yaitu ketika ada konflik kepentingan pribadi dengan tugas dan tanggungjawab, tentu kita harus mempertimbangkan berbagai hal dan hal itu sangat berpengaruh terhadap keputusan yang kita ambil, sehingga sebagai Guru kita dituntut harus profesional dalam menentukan keputusan suatu persoalan/msalah yang sedang dihadapi.

Dan pada akhirnya, apakah pengaruh pengambilan keputusan yang kita ambil ini dengan pengajaran yang memerdekakan murid-murid kita?

Setiap keputusan yang kita ambil memiliki pengaruh yang sangat besar dalam pengajaran yang memerdekakan murid-murid kita, sebagai Guru inilah suatu tugas mulia yang harus kita lakukan dengan penuh rasa tanggungjawab. Dari keputusan yang kita ambil tentu harus dapat kita pertanggungjawab dan harus berpihak pada murid. murid menjadi sentral dari setiap keputusan yang kita ambil

Bagaimana seorang pemimpin pembelajaran dalam mengambil keputusan dapat mempengaruhi kehidupan atau masa depan murid-muridnya?

Seorang Guru sebagai pemimpin pembelajaran mengambil suatu keputusan sangat mempengaruhi kehidupan atau masa depan murid-muridnya karena Guru memiliki peran yang sentral terhadap masa depan murid, sosok Guru hadir sebagai Pemimpin, Orang Tua, Teman bahkan sahabat yang dapat menjadi teladan dan contoh bagi masa depan murid.

Apakah kesimpulan akhir  yang dapat Anda tarik dari pembelajaran modul materi ini dan keterkaitannya dengan modul-modul sebelumnya?

Kesimpulan yang dapat saya tarik dari kegiatan pembelajaran di modul ini adalah sebagai pemimpin pembelajaran Guru memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan pengambilan keputusan yang tepat melalui 9 langkah pengambilan keputusan. Ketika keputusan yang kita ambil sesuai dengan prindip-prinsip itu maka akan memberikan dampak positif terhadap perkembangan murid yang merupakan inti dari proses pendidikan yang kita lakukan dengan tetap berpengan pada prinsip-prinsip Pendidikan Ki Hajar Dewantara, Nilai dan Peran Guru Penggerak maka teruslah berkarya untuk mewujudkan Merdeka Belajar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun