Mohon tunggu...
Johansyah M
Johansyah M Mohon Tunggu... Administrasi - Penjelajah

Aku Pelupa, Maka Aku Menulis

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Ramadan, Bulan Berhemat

26 April 2020   19:10 Diperbarui: 26 April 2020   19:08 318
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Banyak pelajaran yang dapat dipetik dari tarbiyah ramadhan. Salah satunya adalah belajar bagaimana agar seseorang dapat menerapkan pola hidup hemat. Secara umum hidup hemat adalah hidup yang mempergunakan dan membelanjakan harta dengan perhitungan yang baik sesuai kebutuhan, bukan keinginan. Dalam sebuah pepatah dikatakan; 'hemat pangkal kaya'. Di suku Gayo ada satu pepatah; 'inget-inget sebelum kona, hemat jimet wan tengah ara' (berhati-hatilah, selagi dalam kondisi mapan, berhematlah).

Islam juga menganjurkan kita untuk dapat hidup hemat. Sebagaimana firman Allah Swt: 'dan berikanlah kepada keluarga yang dekat akan haknya, orang miskin dan orang yang melakukan perjalanan, serta jangan menghambur-hamburkan hartamu (secara) boros. Sesungguhnya perilaku hidup boros itu adalah watak setan. Setan itu sangat kufur kepada Tuhannya' (QS. Al-Isra': 26-27).

Dalam beberapa hadits juga dianjurkan agar kita juga dapat menerapkan hidup hemat. Nabi Saw bersabda; 'tidaklah seorang anak Adam memenuhi suatu wadah dengan kejelekan, kecuali perutnya. Cukuplah bagi seorang anak Adam suapan makan yang membuat tulang punggungnya tegak. Jika tidak dapat mengalahkan nafsunya, maka sebaiknya dia mengisi sepertiga saja dari perutnya. Sepertiga untuk minum, dan sepertiga lagi untuk nafasnya' (HR. Ahmad, Turmudzi, dan Ibn Majah).

Pada hadits lain beliau menegaskan; 'tiga golongan yang sangat dibenci oleh Allah Swt, yaitu orang yang banyak makan, orang yang kikir, dan orang yang sombong' (Hadits). Jika menggunakan teori washatihiyah Ibnu Miskawaih, dan berdasarkan dalil al-Qur'an maupun hadits di atas, ada dua sifat jelek di antara sifat hemat, yakni sifat boros dan kikir. Terlalu hemat namanya kikir, kalau melebihi namanya boros. Kedua sifat ini sangat dibenci oleh Allah Swt.

Hidup hemat beda dengan hidup kikir atau pelit. Kikir itu seperti tidak ada dalam keberadannya, atau seperti tidak mampu dalam kemampuannya. Sementara hidup hemat itu dalam keadaan mampu tetap untuk tidak hidup boros, tapi kalau ada orang yang membutuhkan, dia siap bantu. Sementara orang yang kikir itu, jangankan membantu orang lain, untuk dirinya sendiri terkadang pelit.

Ada cerita menarik. Dulu di sebuah kos ada seorang mahasiswa yang memiliki sepeda motor. Waktu itu barang ini barang yang masih langka. Jarang mahasiswa yang memilikinya. Si mahasiswa ini terlalu 'hemat' menggunakan sepeda motornya. Jika suasana hujan dia tidak mengeluarkan sepeda motor dari rumah karena takut kotor. Orang lain yang mau pinjam juga merasa segan. Ini tentu pola hidup hemat berlebihan, kata Ceh Arita 'hemat gere muperuluken' (hemat tidak jelas). Bahkan sudah mengarah pada pola hidup kikir.

Nah, kalau boros itu pola hidup berlebihan. Kebalikan dari kikir. Dia makan berlebihan. Kalau membelanjakan uang tidak memiliki perhitungan, dan membeli bukan sesuai kebutuhan, tapi keinginannya. Contoh, seseorang membeli peralatan rumah tangga, padahal peralatan yang ada sebenarnya sudah memadai. Tapi karena bentuknya menarik tetap dia beli.

Atau membeli baju lebaran, sebenarnya cukup satu dan harganya tidak perlu mahal. Bagi orang yang perilaku hidupnya boros bisa membeli dua sampai tiga pasang baju. Tidak dipakai, hanya dipajang di lemari dengan bungkusan plastik yang rapi. Baju itu selalu dia pandang dan dia merasa puas memilikinya.

Maka pada momen bulan tarbiyah Ruhiyah (pendidikan jiwa) ini, sejatinya kita belajar untuk hidup hemat. Kalau memang mempunyai kemudahan rejeki, sebagiannya lebih baik disimpan untuk antisipasi kemungkinan buruk yang tidak diinginkan di waktu mendatang.

Seperti saat sekarang ketika dunia, termasuk Indonesia yang ditimpa Pandemi. Tentu mereka yang memiliki persiapan secara ekonomis berupa simpanan, dapat menyokong kondisi yang sedang pelik ini. Sebaliknya, orang-orang yang biasa hidup boros akan merasa bingung karena uang yang seharusnya dapat disimpan menjadi tabungan, ludes habis dibelanjakan untuk membeli barang atau benda yang tidak dibutuhkan. Si kirir aneh lagi, bagi dia sama saja. Dunia krisis atau lagi normal, dianya tetap pelit.

Di ramadhan ini, volume makan kita berkurang. Dari yang biasanya makan tiga kali sehari, berkurang menjadi dua kali sehari, yakni sahur dan maghrib. Siang kita kosongkan perut menahan lapar. Itu artinya belanja harian yang seharusnya kita keluarkan untuk makan, katakan Rp 75.000,- berarti bisa terpotong Rp 25.000.- sehingga tinggal Rp. 50.000. Bagaimana dengan menu berbuka puasa? Bisa diambil Rp.15.000,- berarti masih tersisa Rp. 10.000,-. Adalah hal yang aneh apabila di bulan ramadhan justru pengeluaran kita membengkak. Ini artinya kita hidup boros.

Sisanya ini bisa dijadikan tabungan harian atau lebih baik lagi disedekahkan pada mereka yang membutuhkan. Apalagi sedekah di bulan ramadhan, tentu nilai pahalanya sangat istimewa di sisi Allah Swt. Dalam sebuah hadits disebutkan; 'sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api' (HR. Turmudzi). Lalu sedekah yang paling utama sebagaimana sabda Rasulullah Saw; ' dari Anas ra. 'suatu ketika sahabat bertanya; sedekah apakah yang paling utama ya Rasulullah?'. Lalu beliau menjawab; 'sedekah di bulan ramadhan' (HR. Turmudzi).

Dalam buku Psikologi Islami, yang ditulis Djamaluddin Ancok, diceritakan bahwa dulu di Amerika ada program puasa sehari dalam seminggu atau sebulan. Dalam program ini ada jutaan orang berpuasa. Biaya yang seharusnya digunakan untuk makan dikumpulkan dan disumbangkan kepada orang miskin. Programnya disebut hunger project.

Ini tidak lain adalah konsep syar'i, yaitu puasa. Tapi puasa mereka jelas bukan syar'i sebab hanya menahan makan minum dengan target utamanya menyisihkan belanja satu hari makan untuk orang susah, bukan puasa dalam pengertian menahan diri dari maksiat dan hal-hal yang dapat membatalkan puasa sebagaimana dalam ajaran Islam.

Dari aspek tujuannya patut diacungi jempol, sebab ada sebuah nilai yang sangat substansial, yaitu nilai kepedulian, berbagi antara orang yang kaya dengan orang yang miskin. Bukankah ini adalah inti dari ajaran Islam yang sejatinya kita sebagai penganut Islam lebih mampu dan lebih dulu melakukannya.

Kita dianjurkan untuk hidup hemat dalam puasa, dan kalau ada kelebihan rejeki dapat disumbangkan pada mereka yang membutuhkan. Jadi dalam pola hemat itu ada juga kepedulian pada sesama. Terlebih lagi di situasi pandemi corona ini, pada saat banyak orang-orang miskin banyak yang membutuhkan uluran tangan orang-orang yang diberikan kelebihan materi. Mari manfaatkan ramadhan ini untuk saling berbagi dan menerapkan pola hidup hemat. Semoga bermanfaat. Amin

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun