"Awalnya sih hanya sampingan, tetapi lama-lama menjanjikan".
Begitulah kalimat yang diucapkan oleh seorang wanita 25 tahun yang ku temui beberapa hari lalu. Ya, bisnis online shop yang dijalaninnya sudah banyak menjual barang berupa peralatan kecantikan (make up), produk handmade, baju, dll.
Sebetulnya tidak ada spesifikasi khusus untuk barang yang di jual di online shop miliknya. Kebetulan saat saya menemuinya, pemilik Meri Collection ini sedang membuat sebuah produk handmade berupa pernah-pernik dari kain flannel.
Awal Mula Meri Collection
Berdiri sekitar tahun 2013, Meri Collection ini awalnya hanya usaha sampingan ketika Meri masih bekerja di salah satu perusahaan leasing. Akhirnya Meri memutuskan untuk resign dan mengembangkan usahanya sendiri.
Keputusan ini di ambil karena online shop dapat dikerjakan kapanpun dan dimanapun, tanpa harus di perintah oleh seorang bos.
- Customer yang PHPÂ
- Pembatalan order
- Bayar nyicil
- OL shop lain yang curang
Jadi, menurut Meri hal yang harus dipersiapkan sebelum terjun ke dunia online shop adalah mental. Mengapa? Karena kita banyak menemui berbagai macam karakter customer yang berbeda-beda dan kita tidak bertatapan secara langsung.
Perkembangan Meri Collection
Meri Collection pun ramai pesanan hingga ke luar kota bahkan luar pulau. Ternyata bisnis online shop yang dijalaninya membuahkan hasil dan membuktikan bahwa bekerja bukan hanya di kantor.
Pemasaran dilakukan melalui sosial media berupa Facebook, Instagram, dan juga sosial messenger berupa WhatsApp.
Berkembangnya bisnis online Meri Collection sangat di dukung oleh layanan perusahaan penyedia jasa pengiriman paket seperti JNE. JNE memiliki peran yang sangat penting bagi Meri karena dapat mengantarkan barang dengan cepat dan selamat  sampai tujuan.
Kalau kita lihat, UMKM di negeri ini memiliki potensi yang sangat besar dan mampu bersaing. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, ada sekitar 3,79 juta pelaku UMKM yang telah memanfaatkan digital marketing atau e-commerce.
Artinya, ini kesempatan besar pula bagi layanan jasa pengiriman paket seperti JNE untuk mendukung perkembangan bisnis UMKM di Indonesia.
Saat ini JNE sudah memiliki jurus untuk bersaing dengan jasa pengiriman lainnya, agar semakin banyak pelaku UMKM yang menggunakan jasanya.
Dukungan penuh JNE terhadap UMKM terbukti dengan adanya beberapa layanan yang disediakan untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan pengiriman barang, seperti :
- Super SpeedÂ
Pilihan layanan ini cocok untuk barang yang sifatnya sangat urgent dan pastinya ada kesepakatan khusus antara JNE dan pengirim.
- Pesona
Pecinta kuliner? Atau pebisnis kuliner? Gunakan saja layanan Pesona (Pesanan Oleh-oleh Nusantara) untuk pengiriman kuliner.
- YESÂ
JNE telah menyiapkan layanan berupa YES (Yakin Esok Sampai) untuk paket yang harus segera di terima keesokan harinya,
- Reguler
Apabila ingin menghemat budget, pelanggan bisa memilih layanan ini karena harganya sangat terjangkau dan hemat.
- OKEÂ
Layanan OKE (Ongkos Kirim Ekonomis) memiliki harga yang sangat ekonomis dan cocok untuk barang yang tidak dibutuhkan ASAP.
Dari layanan di atas, JNE juga melakukan sebuah inovasi dengan mengembangkan mobile application berupa MYJNE dan member card berupa JLC, dimana keduanya adalah inovasi yang disesuaikan dengan perkembangan zaman.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H