Public Transportation yang ada di Indonesia sangat beragam, mulai dari moda transportasi tradisional yang manual hingga yang menggunakan mesin.
Salah satu moda transportasi pilihan yang paling cepat menuju ke daerah lain adalah pesawat, mengapa? Karena menggunakan pesawat dapat meminimalisir waktu perjalanan kita menuju ke tempat tujuan, sehingga waktu produktif kita dapat kita digunakan untuk kegiatan lain.
Akan tetapi, tak jarang insiden ketinggalan pesawat dialami oleh beberapa calon penumpang karena beberapa alasan tertentu, sehingga dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
Lalu apa yang harus dilakukan ketika kita mengalami insiden ketinggalan pesawat? Apakah kita hanya diam saja? Tentu tidak, di kutip dari situs Tiket2 Indonesia ada 3 langkah mudah yang harus dilakukan ketika kita ketinggalan pesawat.
- Tenang dan Lakukan Identifikasi Tiket :Hal pertama yang dilakukan adalah tenang dan jangan panik, karena ketika kita sedang panik, maka kemungkinan kita akan melakukan hal-hal yang merugikan diri kita sendiri.
- Segera Hubungi CallCenterMaskapai :Menghubungi call center maskapai berguna untuk memastikan apakah tiket kita hangus atau dialihkan dan menunggu penerbangan berikutnya.
- Manfaatkan Fasilitas Travel Meta Search Engine :Memilih tiket pesawat menggunakan travel meta search engine dapat memudahkan kita dalam pemesanan tiket secara online dengan pembayaran menggunakan kartu kredit atau debit yang kita miliki.
Sebetulnya semua orang tidak menginginkan insiden ketinggalan pesawat menimpa dirinya, mengapa? Karena akan sangat merepotkan apalagi ketika kita harus mengunjungi suatu daerah untuk urusan pekerjaan.
Ada beberapa tips yang sangat penting untuk diperhatikan agar kita terhindar dari insiden ketinggalan pesawat pada gambar di bawah ini.
- Semakin marak urbanisasi, sehingga menyebabkan kepadatan penduduk di Ibukota.
- Peremajaan dan perbaikan jalan raya dengan atau tanpa menggunakan alat berat.
- Kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan oleh kelalaian pengguna.
- Semakin banyak pilihan layanan untuk memiliki kendaraan seperti fasilitas kredit kendaraan bermotor.
- Banyak pengguna jalan yang masih minim pengetahuan tentang bagaimana cara berkendara yang baik, misalnya angkot yang berhenti sembarangan.
- Manajemen arus lalu lintas yang tidak baik.
- Demonstrasi yang menyebabkan arus lalu lintas terganggu.
- Kondisi jalan yang sempit.
Indonesia menduduki peringkat ketiga dunia yang memiliki tingkat kemacetan tinggi dan waktu terlama terjebak macet di jalan, berikut survey yang dilakukan oleh katadata di bawah ini.
Saat ini, pemerintah telah memiliki rencana khusus sebagai solusi menghindari kemacetan yang terjadi, yaitu dengan adanya program rencana sasaran 5 tahun ke depan seperti pada gambar di bawah ini.
Kehadiran Railink ini semata-mata sebagai solusi alternatif moda transportasi dari atau ke bandara yang dapat dijangkau dari pusat kota.
"Dengan kereta bandara ini bisa mengurangi kemacetan yang biasa terjadi di tol menuju bandara. Kereta ini akan mengurangi 20-30% volume mobil yang menuju Bandara Soetta."
Edi Sukmoro (Direktur PT Kereta Api Indonesia Persero).
Railink juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas dan pelayanan yang membuat masyarakat tergugah untuk lebih memilih Railink sebagai public transportationmenuju ke bandara.
Jadi, kita tidak perlu khawatir mengenai sistem pembayaran apabila kita menggunakan jasa Railink, karena saat ini sudah banyak sekali cara dan kemudahan dalam melakukan pembayaran Railink, salah satunya adalah dengan menggunakan fasilitas perbankan.
PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk turut mendukung dan memudahkan masyarakat serta nasabah dalam melakukan transaksi pembayaran Railink.
Dukungan e-channel yang ditawarkan oleh Danamon untuk masyarakat dan nasabah sangat beragam dengan kemudahan masing-masing. Hal ini bertujuan sebagai bukti loyalitas Danamon terhadap masyarakat dan nasabah.
"Sinergi ini juga mengedepankan dukungan layanan perbankan dalam meningkatkan kesadaran penggunaan fasilitas transportasi umum secara non tunai."
Michellina Triwardhany (Wakil Direktur Utama Bank Danamon).
Ada 4 cara mudah dalam melakukan pembayaran Railink yang ditawarkan oleh Danamon, kita dapat membayar Railink melalui SMS banking, ATM, aplikasi D-Mobile, dan Danamon Online Banking (DOB).
- Pembayaran Melalui SMS Banking
Salah satu cara pembayaran Railink yang dapat kita lakukan adalah dengan memanfaatkan fasilitas SMS banking dari Danamon, cara pembayaran melalui SMS banking dapat di lihat pada gambar di bawah ini.
- Pembayaran Melalui ATM
Cara pembayaran Railink yang kedua adalah melalui ATM. Ada 2 cara yang dapat kita lakukan, yaitu pembayaran melalui transaksi pembayaran Telkom Pay Railink dan transaksi pembayaran virtual accountRailink via ATM Danamon.
Cara pembayaran melalui ATM sangat mudah dilakukan seperti pada gambar di bawah ini.
- Pembayaran Melalui Aplikasi D-Mobile
Cara ketiga yaitu dengan melakukan pembayaran Railink melalui aplikasi D-Mobile. Aplikasi D-Mobile sendiri merupakan salah satu fasilitas Jasa Layanan Informasi dan Transaksi Perbankan yang disediakan oleh Bank kepada Nasabah selama 24 dalam 7 hari.
Layanan ini dapat diakses secara langsung oleh nasabah melalui handphone menggunakan menu pada aplikasi Danamon Mobile Banking. Cara pembayaran Railink melalui aplikasi D-Mobile dapat kita lihat seperti pada gambar di bawah ini.
- Pembayaran Melalui DOB
Cara terakhir adalah menggunakan Danamon Online Banking(DOB). DOB adalah Jasa Layanan Informasi dan Transaksi Perbankan yang disediakan oleh Bank kepada nasabah selama 24 dalam 7 hari.
DOB ini dapat di akses secara langsung oleh nasabah melalui komputer PC maupun laptop dan tablet menggunakan menu pada Danamon Online Banking.
Jadi, tidak ada alasan lagi untuk datang terlambat karena terjebak macet menuju ke bandara, dengan 3 alternatif pemesanan tiket melalui internet booking, mobile application,dan vending machinemembuat pemesanan tiket Railink menjadi sangat mudah dan cepat.
Kehadiran Railink benar-benar sebuah inovasi dalam public transportation yang sesuai dengan gaya hidup masyarakat di era digital. Sejauh ini, manfaat yang dapat dirasakan dari kehadiran Railink adalah :
- Calon Penumpang pesawat terhindar dari kemacetan.
- Lebih cepat menuju dari dan ke bandara.
- Meminimalisir insiden ketinggalan pesawat.
- Mengurangi 20-30% volume mobil yang menuju Bandara.
Tak perlu lagi ribet dalam mempersiapkan perjalanan liburan, karena selain menjadi alternatif moda transportasi dari dan ke bandara, Railink juga memiliki visi menjadi pilihan utama akses bandara yang bertaraf internasional dan terintegrasi dengan moda lainnya.
Dengan sinergi lintas sektor antara Railink dan Danamon ini diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat urban untuk beralih menggunakan layanan public transportation yang cepat, bersih, aman dan nyaman.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H