Mohon tunggu...
Joe Candra P
Joe Candra P Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Content Creator, Graphic Designer, and Musician.

I enjoy working on everything of the art based, traveling, and communication. https://joecandra.com/

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Inovasi "Kekinian" Danamon Melalui Digital Journey

28 November 2017   01:36 Diperbarui: 29 November 2017   01:41 1427
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Masyarakat saat ini sudah tidak asing lagi dengan dunia perbankan. Banyak sekali perbankan yang ada di Indonesia mulai dari bank BUMN dan BUMS. Setiap orang menggunakan jasa perbankan untuk beberapa keperluan seperti keperluan bisnis, kantor, dll.

Produk perbankan yang tersedia umumnya adalah pembukaan rekening tabungan, deposito, kartu kredit, kredit rumah dan mobil, asuransi, dan banyak lagi produk bank lainnya.

Di setiap daerah di Indonesia sudah tersedia beberapa perbankan termasuk kantor cabang utama dan juga kantor kas atau unit. Setiap perbankan berlomba-lomba untuk memberikan fasilitas dan pelayanan yang terbaik dan sesuai dengan perkembangan zaman.

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

Kemajuan teknologi adalah salah satu perkembangan dan perubahan zaman yang semakin canggih, termasuk teknologi perbankan. Teknologi yang digunakan dalam dunia perbankan sangat beragam, mulai dari sistem keamanan data, sistem informasi perbankan, dan sistem informasi pelayanan nasabah.

Teknologi di rancang untuk memudahkan orang untuk melakukan sesuatu menjadi lebih mudah, efektif, dan efisien.

Sudah tidak asing lagi bahwa teknologi sangat berpengaruh bagi kegiatan saat ini, termasuk perkembangan teknologi digital. Salah satu bank yang sangat mengikuti perkembangan zaman dengan layanan digital adalah Bank Danamon.

BANK DANAMON

PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. ("Danamon") didirikan pada tahun 1956 dan merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia yang selalu berinovasi, melangkah untuk menjadi bank pilihan nasabah yang peduli dan membantu jutaan orang mencapai kesejahteraan.

Bank Danamon bertransformasi menjadi lebih cepat, lebih memahami dan memberikan kendali penuh, untuk menentukan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan finansial nasabah dan calon nasabah.

Logo Danamon
Logo Danamon
Bank danamon memiliki Visi "Kita Peduli dan Membantu Jutaan Orang untuk Mencapai Kesejahteraan. Danamon berkeyakinan bahwa keberadaannya adalah untuk mewujudkan kepeduliannya kepada nasabah, karyawan, serta masyarakat luas dan membantu kesemuanya itu bertumbuh kembang mencapai kesejahteraan yang lebih baik".

Dan memiliki Misi "Danamon berupaya untuk mewujudkan visinya melalui tiga misinya, yaitu: Danamon bertekad untuk menjadi "Lembaga Keuangan Terkemuka di Indonesia" yang keberadaannya diperhitungkan".

Dengan Visi dan Misi tersebut, maka Bank Danamon turut mengembangkan dan mengikuti perkembangan teknologi digital yang ada.

MANFAAT PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

Berkat perkembangan teknologi yang digunakan di dunia perbankan, nasabah semakin mudah  dalam melakukan berbagai macam transaksi perbankan. Transaksi bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Nasabah bank saat ini memiliki aktifitas dan kesibukan yang berbeda-beda, sehingga Bank Danamon selalu membuat terobosan baru dalam meningkatkan pelayanan terhadap nasabah demi Connecting Future.

Perkembangan teknologi yang digunakan oleh Bank Danamon untuk memberikan pelayanan kepada nasabah, salah satunya adalah e-banking. E-banking Bank Danamon meliputi Danamon Online Banking, SMS Banking, Flazz, Cash Connect,dan Trade Connect.

Saat ini, Bank Danamon telah melakukan perkembangan dan perubahan pada teknologi digital yang disebut Digital Journey.

DIGITAL JOURNEY

Digital Journeymerupakan layanan untuk memperkuat kanal komunikasi digital antara Bank Danamon dan nasabah. Layanan digital Bank Danamon yang dikembangkan adalah peluncuran aplikasi DCard Mobile, DConnect Mobile khusus bisnis, penyatuan akun media sosial demi efektivitas (One Danamon), hingga yang terbaru adalah meremajakan tampilan dan fitur corporate websitenya yaitu www.danamon.co.id.

Tujuan utama Digital JourneyBank Danamon adalah untuk meningkatkan efektivitas, kualitas serta kecepatan terhadap permintaan dan kebutuhan masyarakat. Selain itu, interaksi digital akan lebih cepat dan mudah diakses oleh nasabah.

Beberapa layanan digital sudah diluncurkan oleh Bank Danamon, diantaranya :

Mobile Application Danamon
Mobile Application Danamon
DCard Mobile,yaitu sebuah aplikasi mobile yang merupakan jasa layanan informasi dan transaksi perbankan yang disediakan oleh Bank Danamon kepada nasabah selama 24 jam dalam 7 hari.

DConnect Mobile, yaitu sebuah aplikasi untuk nasabah yang telah mengikuti layanan Danamon Online Banking,kartu debit, dan kartu kredit Danamon.

CORPORATE WEBSITE

Pada corporate websiteyang dikembangkan oleh Bank Danamon, menurut saya sudah cukup informatif danuser friendly.Beberapa menu yang dapat diakses secarainstant adalah menu Hubungi Kami, Kurs, D-point, Temukan Kami, danE-Banking yang terletak di sebelah kanan layar.

Beberapa menu tersebut memang sangat vital dan memerlukan akses yang cepat apabila sedang dibutuhkan oleh nasabah, sehingga nasabah tidak perlu terlalu rumit dalam menemukan menu tersebut.

Untuk tampilan pada halaman beranda sudah cukup menarik dengan adanyaimage slide show yang dapat membuat nasabah lebih tertarik untuk membaca informasi-informasi yang ada.

Image Slide Show
Image Slide Show
Menurut saya, pada corporate website secara keseluruhan sudah cukup memenuhi layanan digital yang memang dibutuhkan oleh nasabah. Selain itu, nasabah juga dapat mengetahui secara detail setiap sudut Bank Danamon.

Berita Danamon
Berita Danamon
MEDIA SOSIAL DANAMON

Tak dapat dipungkiri bahwa media sosial memang merupakan aplikasi yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Pusat Kajian Komunikasi (PUSKAKOM) pernah melakukan survey terhadap pengguna internet di Indonesia, dan penggunaan jejaring sosial menduduki peringkat pertama dari hasil survey tersebut.

Survey Pengguna Internet
Survey Pengguna Internet
Bank Danamon juga turut memberikan informasi serta layanan melalui media sosial berupa instagram, facebook dan twitter.

Media Sosial Danamon
Media Sosial Danamon
Pada posting-an instagram Bank Danamon selalu meng-update beberapa informasi terkait lifestyle, ucapan peringatan hari besar, ilmu pengetahuan, budaya, dll. Hal ini memang sangat sesuai sekali dengan fungsi instagram dan pengguna instagram.

Akun facebook Bank Danamon memiliki fungsi sebagai salah satu media penghubung  antara nasabah dan Bank Danamon. Akun tersebut berupa fanspage sehingga banyak sekali informasi mengenai link artikel tentang keuangan, gaya hidup maupun yang lainnya.

Akun twitter Bank Danamon memberikan informasi mengenai beberapa event terkait acara yang dilakukan oleh Bank Danamon. Selain itu, dalam posting-an lainnya juga memberikan informasi berita penting dan tips yang sangat bagus dan menarik.

Menurut saya, secara umum media sosial yang dimiliki oleh Bank Danamon sangat informatif dan sangat "kekinian". Sesuai dengan perkembangan dunia teknologi saat ini, sehingga nasabah dan calon nasabah pun tidak perlu kebingungan dalam mencari informasi.

SEBERAPA PENTING INOVASI PADA PERBANKAN ?

Digital Journeymerupakan salah satu inovasi yang dilakukan oleh Bank Danamon. Inovasi memang sangat penting dilakukan oleh beberapa pelaku usaha. Inovasi sangat identik sekali dengan perubahan.

Kenapa inovasi menjadi sangat penting? Karena tanpa adanya inovasi yang dilakukan oleh suatu organisasi, maka organisasi tersebut tidak akan mengalami kemajuan dan akan kalah dalam persaingan.

Quote
Quote
Layanan digital yang diberikan oleh Bank Danamon membuat kita berpikir bahwa sekarang Saatnya Pegang Kendalidan melakukan berbagai macam inovasi.

Dengan adanya Digital Journey,maka Bank Danamon turut menyesuaikan sebuah layanan yang berbasis digital kepada nasabah dengan perkembangan teknologi yang sedang berkembang.

Perubahan tersebut merupakan terobosan yang sangat bagus dan sangat membantu nasabah serta calon nasabah untuk mencari informasi apapun mengenai Bank Danamon. Mari kita jelajahi dunia perbankan dengan teknologi digital.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun