Mohon tunggu...
Global PR
Global PR Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Blogger

Blogger teknologi, bisnis, saham dan dunia entrepreneur

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Optimisme PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) di Tahun 2024 dan Tantangan Industri Kosmetik

11 Januari 2024   15:03 Diperbarui: 11 Januari 2024   16:52 297
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Jakarta - Emiten produsen kosmetik terkemuka, PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), memasuki tahun 2024 dengan optimisme. 

Keyakinan ini bersumber dari harapan bahwa produk premium dan herbal akan menjadi andalan dalam mengerek pendapatan keuangan perusahaan.

Kontribusi Produk Premium

Direktur Keuangan Mustika Ratu, Jodi Andrea Suryokusumo, meyakinkan bahwa produk premium dari Mustika Ratu akan memberikan kontribusi signifikan pada penjualan di tahun 2024. 

Perubahan perilaku konsumen yang kini lebih cenderung mencari produk holistik menjadi peluang bagi produk yang tidak hanya merawat kecantikan tetapi juga memberikan perawatan dari dalam.

Pertumbuhan Penjualan Suplemen Herbal

Tak hanya produk premium, Mustika Ratu juga optimistis terhadap pertumbuhan penjualan suplemen herbal. Produk unggulan seperti suplemen herbal Herbamuno+ semakin diminati oleh konsumen yang lebih memperhatikan kesehatan.

Strategi Pemasaran Melalui Platform Online

Untuk meningkatkan penjualan produk, MRAT berencana mengoptimalkan platform official store di sejumlah marketplace. 

Berdasarkan riset Ascential, diproyeksikan penjualan e-commerce di sektor kesehatan dan kecantikan akan tumbuh sebesar 77% antara tahun 2021 hingga 2026. Strategi ini diharapkan dapat mendongkrak penjualan perusahaan.

Ekspansi Pasar Ekspor

Jodi menekankan bahwa pasar ekspor menjadi fokus Mustika Ratu. Pada tahun 2023, perusahaan telah menambah tujuan negara ekspor, termasuk Yordania, Palestina, Swiss, dan Turki. Total negara tujuan ekspor pada tahun 2023 mencapai 40 negara.

Tantangan di Tahun 2024

Meskipun optimis, Mustika Ratu dihadapkan pada tantangan, terutama dengan maraknya produk kosmetik asing. Jodi mengungkapkan keyakinannya bahwa Mustika Ratu mampu bersaing dengan produk asing berkat pengalaman dan riset mendalam yang dimilikinya. 

Bahan baku asli Indonesia menjadi fokus utama untuk menciptakan produk berkualitas yang membuat masyarakat bangga menggunakan produk asli Indonesia.***

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun