Mohon tunggu...
Andri S. Sarosa
Andri S. Sarosa Mohon Tunggu... Insinyur - Instruktur, Trainer, Konsultan Sistem Manajemen + Bapak yang bangga punya 5 Anak + 1 Istri

Insinyur lulusan Usakti

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Mekanik AHASS: Tulang Punggung Honda!

4 November 2023   08:30 Diperbarui: 4 November 2023   17:24 1980
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: astra-honda.com

Ketika membaca berita tentang acara Honda Bikers Day (HBD) 2023 pada 28 Oktober 2023 yang diselenggarakan oleh jaringan Honda bersama PT Astra Honda Motor (AHM) di Lapangan Rampal, Malang, Jawa Timur, ingatan saya melayang kembali ke masa beberapa tahun yang lalu saat Manajer Marketing Perusahaan kami mengajak saya untuk ikut dalam acara Supplier Meeting di Kantor Pusat AHM di Sunter.

Selain hari itu tidak banyak kerjaan, sebagai staff Quality Assurance (QA) Perusahaan biasanya saya membantu bagian Marketing untuk menjelaskan kualitas produk yang dihasilkan oleh Perusahaan kami kepada customer, dalam hal ini AHM.

*

Di lokasi, saya langsung tertarik dengan budaya kerja karyawan AHM yang berseragam putih bersih itu. Kelihatannya mereka sangat disiplin, terbukti dengan adanya aturan-aturan yang harus dipatuhi tamu, seperti jalur untuk orang berjalan yang berbeda dengan jalur mobil demi keselamatan.

Secara logika, untuk tamu saja ada aturan kedisiplinan apalagi untuk karyawan. Ini pasti budaya kedisiplinan Jepang yang sudah diterapkan di Perusahaan dengan baik.

Saat Supplier Meeting, staff AHM menjelaskan kondisi aktual saat itu yang berhubungan dengan supplier dan kondisi manufaktur pabrik Honda secara keseluruhan. Sebagai orang QA, saya lebih tertarik dengan standar kualitas apa yang diterapkan di Perusahaan AHM itu sendiri.

Dari informasi seorang staff AHM, ternyata AHM telah memiliki banyak sertifikat terkait dengan kualitas.

Sebut saja JIS (Japan Industrial Standard), SII (Standar Industri Indonesia), SNI (Standar Nasional Indonesia), HES (Honda Engineering Standard), IATF 16949 (Sistem Manajemen Mutu Otomotif), ISO 9001 (Sistem Manajemen Mutu Produk dan Layanan), ISO 14001 (Sistem Manajemen Lingkungan), ISO 17025 (Sistem Manajemen Laboratorium Pengujian dan Kalibrasi), ISO 45001 (Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja) dan mungkin masih banyak lagi.

Ini berarti kualitas produk sepeda motor Honda yang dihasilkan telah memenuhi berbagai persyaratan kualitas nasional maupun internasional dan persyaratan yang berkaitan dengan K3 untuk para karyawannya.

Salah satu persyaratan penting di dalam ISO 9001 adalah Kompetensi Sumber Daya Manusia. Saya bertanya kepada staff AHM, bagaimana karyawan di pabrik perakitan AHM memenuhi persyaratan ini?

Ternyata AHM mempunyai program pelatihan peningkatan kompetensi untuk karyawan pabrik perakitan bahkan ada pelatihan untuk kompetensi mekanik AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) bengkel resmi dari AHM.

Kaget juga saya mendengar informasi ini sebab mekanik AHASS di seluruh Indonesia pasti berjumlah ribuan bahkan mungkin bisa masuk dalam hitungan jutaan. Apakah mereka semua mendapatkan pelatihan dari AHM?

Sumber gambar: astra-honda.com
Sumber gambar: astra-honda.com

"Iya, tentu saja", jawab staff AHM tersebut. "Sebagai bengkel resmi sepeda motor Honda, pelatihan bagi mekanik AHASS sangat penting dilakukan agar para mekanik AHASS di Indonesia memiliki standar kompetensi yang sama yang telah ditentukan AHM, jadi tidak bisa kerja sembarangan".

Standar kompetensi mekanik AHASS terus diperbarui secara berkala, ini sejalan dengan persyaratan ISO 9001 yang menyatakan bahwa continuous improvement adalah hal yang wajib dijalankan Perusahaan.

Sistem pelatihan untuk mekanik AHASS yang diterapkan AHM adalah sistem pelatihan berjenjang, dari Technical Training Level (TTL) 1 sampai TTL 3. Semua mekanik AHASS wajib mengikuti dan lulus ketiga pelatihan tersebut.

Bedanya TTL 1 sampai 3 apa?

"Pelatihan TTL 1 untuk kompetensi perawatan sepeda motor, TTL 2 merupakan training untuk proses perbaikan dan penanganan setiap keluhan terhadap performa sepeda motor dan TTL 3 adalah pemantapan kompetensi diagnosis permasalahan".

Wow, keren banget!

Saya sebagai orang QA yang sering memberikan pelatihan internal di Perusahaan sangat kagum dengan sistem dan prosedur pelatihan yang diimplementasikan AHM untuk kepuasan pelanggannya. Jadi di bengkel resmi mana pun pengguna sepeda motor Honda memelihara atau memperbaiki sepeda motornya maka kualitas kerja mekanik AHASS-nya, tidak diragukan lagi, pasti sama.

Tapi, bagaimana cara AHM agar mekanik AHASS mempunyai kepedulian (awareness) terhadap peningkatan kompetensi?

Ternyata, AHM mempunyai event tahunan yang bertajuk Astra Honda Motor Technical Skill Contest (AHMTSC). Kompetisi untuk mekanik AHASS ini meliputi uji teori, skill assessment, analisis masalah, praktik penggunaan peralatan bengkel, proses pengukuran, dan penanganan masalah pada unit sepeda motor Honda.

Di sinilah mekanik AHASS di seluruh Indonesia berkompetisi menunjukkan technical skill-nya yang diadakan dari tingkat regional, nasional, Asia, hingga level global. Pemenang kompetisi ini dapat berkesempatan mewakili Indonesia di ajang kompetisi tingkat internasional.

Dengan cara seperti ini maka pasti timbul rasa kepedulian dari para mekanik AHASS untuk terus meningkatkan technical skill-nya agar tidak tertinggal dari yang lain. Syukur-syukur bisa menang dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Mantap ya!

*

Sesuai dengan salah satu prinsip ISO 9001 tentang People Engagement (keterlibatan sumber daya manusia) dalam proses Sistem Manajemen Mutu, apa yang diterapkan AHM untuk peningkatan kompetensi sumber daya manusia ini sudah sangat baik.

Karena tanpa peranan dari sumber daya manusia maka produk dan layanan AHM tidak akan ada artinya. Dan mekanik AHASS menjadi tulang punggung dalam implementasi Sistem Manajemen Mutu Produk dan Layanan Honda.

Pelanggan tidak perlu lagi membawa sepeda motornya ke bengkel pinggir jalan tapi bawalah ke dealer resmi AHM karena mekanik AHM sangat berkompeten dan dapat dipercaya.

*

Kembali ke gelaran Honda Bikers Day 2023 yang mengangkat tema "Bersama Penuh Arti" dan dihadiri oleh 34.377 bikers Honda dari lebih dari 750 klub di seluruh Indonesia yang bersatu dalam semangat brotherhood itu juga disuguhi kontes modifikasi sepeda motor Honda yang tentunya menarik bagi yang hobi modifikasi otomotif.

Sumber gambar: Kompas Otomotif
Sumber gambar: Kompas Otomotif

Momen ini memang ditunggu-tunggu oleh Komunitas Honda setelah tiga tahun vakum akibat pandemi dan menjadi momen berharga untuk melepaskan kerinduan dengan sahabat lama, serta untuk memperluas jaringan dengan anggota baru.

Sayangnya waktu itu saya tidak bisa hadir karena ada kerjaan di Jakarta, semoga gelaran tahun depan ada kesempatan untuk bersenang-senang berkendara bersama dengan Komunitas Honda dengan semangat Satu Hati! 

**

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun