Sadarkah anda sejak pandemi Covid-19 hampir semua pelajar di indonesia menggunakan teknologi demi menunjang pendidikan mereka? Pandemi Covid-19 telah mengubah hubungan interaksi masyarakat dunia untuk adaptif menggunakan teknologi digital (KOMINFO, Jakarta). Menurut anda, apakah teknologi tersebut akan membuat dunia menjadi lebih berkehidupan canggih dan bangkit pada mahasiswa, atau malah menurunkan kualitas pendidikan mahasiswa tersebut?
Mari kita ambil salah satu contoh penelitian dari SMKN 1 Bulango Utara. Ada beberapa dampak positif dari penggunaan teknologi di era pandemi Covid-19 ini, era transformasi kecanggihan teknologi. Dampak positifnya, sebagai berikut:
1. Memicu Percepatan Transformasi Pendidikan
Pemerintah telah memberlakukan sistem pembelajaran daring (online). Hal ini sangat mempercepat transformasi teknologi pendidikan di Indonesia yang tentunya berdampak positif karena pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan.Â
2. Adanya Aplikasi Pembelajaran Online
Karena adanya pandemi Covid-19, kini telah melahirkan berbagai program pembelajaran online guna mendukung pembelajaran. Banyak program belajar online yang lebih efektif. Aplikasi pembelajaran online juga tersedia fitur-fitur yang memudahkan pembelajaran online. Aplikasi-aplikasi tersebut bahkan masih bertahan sampai saat ini, sebagai bahan belajar utama ataupun bahan belajar tambahan.Â
3. Kursus Online Gratis
Kursus online gratis juga mulai berkembang di tengah pandemi Covid-19. Ada beberapa lembaga yang menyediakan kursus online gratis bahkan dengan harga diskon.
4. Kreativitas Tanpa Batas Mahasiswa
5. Dosen/Guru Menjadi Lebih Melek TeknologiÂ
6. Internet Sebagai Sumber Informasi Yang Positif
Kalau proses pembelajaran pada umumnya menggunakan buku cetak sebagai sumber belajar utama, maka saat proses daring merupakan sumber informasi yang dapat digunakan.
Dibalik dampak positif, pastinya ada dampak negatif pula. Salah satu dampak negatif dari Covid-19 adalah penurunan capaian belajar. Hal itu disebabkan karena adanya perbedaan kualitas jaringan internet selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau pembelajaran online (daring) yang dapat mengakibatkan kesenjangan capaian belajar, terutama untuk anak dari sosio-ekonomi yang berbeda-beda. Kemudian, ada lagi yang menjadi perhatian lainnya, yaitu risiko terjadinya learning loss. Studi penelitian menemukan bahwa pembelajaran tatap muka menghasilkan pencapaian akademik yang lebih baik dibandingkan dengan PJJ atau daring.
Merdeka Belajar tidak akan mungkin bisa berhasil diterapkan tanpa adanya teknologi. "Teknologi ini bukan semuanya online melainkan bisa macam-macam. Begitu pula dengan menggunakan TVRI sebagai media pembelajaran. Jadi semua yang kita sebutkan teknologi akan digunakan dalam mengimplementasi Merdeka Belajar," kata Mendikbud. Pandemi Covid-19 justru malah memberikan kebijakan dari Merdeka Belajar. Pandemi Covid-19 menunjukkan bahwa sebenarnya ada perbedaan antara mereka yang memiliki akses terhadap teknologi dengan yang tidak. Padahal, teknologi memiliki potensi pemerataan akses dari materi dan pembelajaran yang sama.
Dari pandemi Covid-19 ini juga, kita jadi tahu tentang kecanggihan teknologi dalam dunia pendidikan mahasiswa. Namun, apakah semua mahasiswa akan melek teknologi dalam dunia pendidikan? Atau malah kecanggihan tersebut membuat prestasi menurun? Dari semua sumber terpercaya yang dijadikan patokan, terdapat sebuah kesimpulan mengenai kecanggihan di era Covid-19 lalu. Karena pada saat itu adalah awal dari era transformasi pendidikan mahasiswa, tentu nilai prestasi mereka akan menurun. Tapi pada akhirnya, mahasiswa bisa lebih beradaptasi dengan teknologi di dunia pendidikan, sama halnya dengan di luar negeri. Mahasiswa tentu akan terus berkembang pasca pandemi Covid-19 dengan kecanggihan teknologi di dunia pendidikan.
Daftar Pustaka
Sry Sutarti Saleh (2021). Dampak Positif Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. https://smkn1bulangoutara.sch.id/blbg35/html/index.php?id=artikel&kode=144
Yusuf (2021). Pandemi Covid-19 Pacu Adaptasi Gunakan Teknologi Digital. https://www.kominfo.go.id/content/detail/32602/pandemi-covid-19-pacu-adaptasi-gunakan-teknologi-digital/0/berita_satker
Pengelola Web Direktorat SMP (2021). 3 Potensi Dampak Sosial Negatif Pandemi COVID-19 Bagi Peserta Didik yang Harus Diwaspadai. https://ditsmp.kemdikbud.go.id/3-potensi-dampak-sosial-negatif-pandemi-covid-19-bagi-peserta-didik-yang-harus-diwaspadai/
Admin LLDIKTI (2021). Apa Kata Nadiem Tentang Reformasi Pendidikan. https://lldikti5.kemdikbud.go.id/home/detailpost/apa-kata-nadiem-tentang-reformasi-pendidikan
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H