Nama Permainan: Emosi Bingo
Tujuan:
*Mengenal dan mengidentifikasi berbagai emosi dasar.
*Mengekspresikan emosi dengan tepat.
*Mengembangkan kemampuan sosial, seperti menunggu giliran dan berinteraksi dengan teman.
Alat dan Bahan:
*Kartu Bingo: Berisi gambar atau simbol yang mewakili berbagai emosi (senang, sedih, marah, takut, terkejut, jijik). Setiap anak mendapatkan satu kartu bingo yang berbeda.
*Kartu Panggilan: Berisi gambar atau simbol emosi yang sama dengan kartu bingo. Kartu ini akan diundi oleh guru.
*Biji/Kancing: Sebagai penanda pada kartu bingo.
*Ceklis Asesmen
Prosedur Permainan:
*Guru menjelaskan cara bermain Bingo.
*Setiap anak menerima satu kartu Bingo dan beberapa biji/kancing.
*Guru mengundi kartu panggilan dan menyebutkan emosi yang tertera (misalnya, "Senang!").
*Anak yang memiliki gambar emosi "Senang" di kartunya menandai gambar tersebut dengan biji/kancing.
*Permainan berlanjut hingga ada anak yang berhasil menandai satu baris horizontal, vertikal, atau diagonal (sesuai kesepakatan). Anak tersebut berteriak "Bingo!".
*Guru memeriksa kartu Bingo anak yang berteriak "Bingo" untuk memastikan kebenaran.
*Permainan dapat diulang dengan kartu Bingo yang berbeda.
Ceklis Asesmen Emosi Bingo:
Nama Anak:
Tanggal:
Keterangan:
*BB (Belum Berkembang): Anak belum menunjukkan kemampuan yang diharapkan.
*MB (Mulai Berkembang): Anak mulai menunjukkan kemampuan yang diharapkan, tetapi masih memerlukan bantuan.
*BSH (Berkembang Sesuai Harapan): Anak telah menunjukkan kemampuan yang diharapkan.
*BSB (Berkembang Sangat Baik): Anak telah menunjukkan kemampuan melebihi yang diharapkan.
Cara Pengisian Ceklis:
Seorang anak bernama Ani saat permainan Bingo dapat mengidentifikasi emosi senang dan sedih dengan tepat, tetapi kesulitan membedakan marah dan takut. Ia juga menunjukkan ekspresi yang sesuai dengan emosi yang disebutkan, tetapi terkadang lupa menunggu giliran. Maka, pada ceklis di bagian "Pengenalan Emosi" untuk indikator "Mengidentifikasi emosi yang disebutkan guru dengan tepat" dapat diisi "MB" dan diberikan catatan "Sulit membedakan marah dan takut". Pada bagian "Partisipasi dalam Permainan" untuk indikator "Mengikuti aturan permainan dengan baik" juga dapat diisi "MB" dan diberikan catatan "Terkadang lupa menunggu giliran".
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H