BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Salad buah adalah makanan alternatif yang menyehatkan. Bahkan bisa mencegah dan mengobati beberapa jenis penyakit. Sayuran dan buah dalam salad kaya akan nutrisi, kandungan gizi, mengandung serat tinggi, juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Salad memberikan kepada tubuh begitu banyak serat yang pada gilirannya akan menurunkan kolesterol dan mengurangi sembelit. Dengan hal tersebut, maka saya ingin membuat usaha makanan atau cemilan, yaitu usaha "salad buah" untuk dikembangkan menjadi usaha besar agar masyarakat selain mendapatkan jajanan yang sedikit beragam juga mendapatkan manfaat yang terkandung pada masing-masing buah-buahan tersebut.
Visi, Misi, dan Tujuan
Visi: Menciptakan usaha yang dapat dijangkau oleh masyarakat dan dapat dinikmati oleh semua kalangan beserta manfaatnya bagi kesehatan tubuh.
Misi:
- Memaksimalkan rasa dan menciptakan khas
- Memberikan pelayanan yang baik dan menyediakan berbagai macam rasa/varian.
Tujuan :
- Memberi peluang kerja bagi orang lain.
- Mencari keuntungan/laba dan menarik minat konsumen dengan makanan yang cukup terkenal.
BAB II
PEMBAHASAN
Deskripsi Usaha
1. Bidang Usaha: Usaha yang saya jalani adalah usaha yang bergerak di bidang perdagangan. Produk yang diproduksi adalah makanan    dimana basisnya adalah buah-buahan yang dikombinasikan dengan bahan-bahan pelengkap lainnya.
2. Jenis Produk: Jenis produk dari usaha saya adalah "Salad Buah"
3. Keunikan Produk
- Sehat karena  bahan dasar yang digunakan adalah bahan alami yang dikombinasikan dengan beberapa bahan pelengkap yang aman dan menyehatkan tubuh.
- Enak dan lezat.
- Pembuatannya yang sederhana tanpa menggunakan bahan kimia obat.
4. Resiko usaha yang dijalankan adalah pencapaian target penjualan yang tidak sesuai dengan rencana karena basis dari bahan yang      kami gunakan adalah bahan yang tidak tahan lama. Sehingga ini menjadi tantangan terberat untuk kami jalankan.
5. Lokasi Usaha: Usaha ini berlokasi di Kp. Cijeruk, berada di dekat perumahan dan di daerah sini juga dekat dengan kawasan pabrik sehingga banyak penduduknya yang bukan hanya pribumi saja namun juga banyak orang luar.
Segmentasi Produk
a. Â Menganalisa potensi produk
Dalam menjalankan usaha ini harus mengetahui potensi pasar yang dijalankan agar usaha yang dijalani tersebut dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat (konsumen). Jadi saya telah mensurvei beberapa pasar yang saya anggap lebih murah dari beberapa pasar lainnya untuk saya jadikan tempat membeli bahan-bahan untuk usaha saya.
b. Â Menentukan objek pasar
Rencana pemasaran yang akan saya lakukan adalah dengan berjualan secara offline dan online. Penjualan secara online ini sistemnya adalah COD (Cash On Delivery).
c. Â Menetapkan sasaran pasar
Dalam menjalankan usaha harus menetapkan target/sasaran pasar usaha dengan cara melihat perbedaannya agar lebih mudah dijangkau oleh pembeli di dalam pengeluaran. Karena saya berjualan secara offline dan online maka lebih banyak lagi kalangan masyarakat atau konsumen yang bisa dapatkan produk saya dari pada yang tersedia di mall pastinya harga jualnya relative mahal.
Analisis SWOT
Setiap kegiatan untuk memulai usaha, maka hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengukur kemampuan saya terhadap lingkungan atau pesaing, yaitu melalui analisis SWOT:
a. Â Strength (kekuatan)
Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat, satu produk terdiri dari beberapa macam buah dengan berbagai manfaat yang terkandung terjamin dan higenis.
b. Â Weakness (kelemahan)
- Tidak tahan lama, minimal kami dapat memperluas jangkauan kekuatan layak konsumsi produk selama 3 hari jika selama produk kami terletak pada lemari es pendingin.
- Produknya mudah ditiru, karena sangat mudah sekali membuatnya namun berbedanya pada saus mayones kami yang kami jaga betul resep yang ada pada kandungannya.
c. Â Opportunity (peluang)
Tempat yang strategis dan alat dan bahan tersedia banyak dipasar dan mudah di dapat
d. Â Threat (ancaman)
Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang lebih murah, kami menyiasati ancaman itu dengan selalu mencari informasi pada produk kami dari segi rasa, bentuk, kemasan, utamanya adalah kebersihan atau higenisnya dalam produk kami.
Analisis 4P
a. Â Produk
Produk yang dijual adalah "Salad Buah" yang merupakan makanan atau cemilan yang pastinya memberikan beberapa manfaat pada setiap konsumennnya.
b. Â Price (harga)
Harga untuk percup Rp. 12.000 ,- dan harga ini sangat terjangkau dan relatif murah
c. Â Promosi
Dalam melakukan promosi produk ini saya melakukan 2 cara: promosi secara online yaitu melalui media sosial. Dan promosi secara offline.
d. Â Place (tempat)
Tempat yang dipilih yaitu toko.
ProduksiÂ
a. Â Bahan baku
Bahan
JumlahÂ
HargaMelon1 kg
Rp. 30.000
Anggur1 kg
Rp. 30.000
Apel1 kg
Rp. 30.000
Mangga1 kg
Rp. 30.000
Semangka1 kg
Rp. 20.000
Nata De Coco1
Rp. 13.000
Keju1
Rp. 19.000
Mayones1 kg
Rp. 26.000
Susu kental manis
1 kaleng
Rp. 14.000
JumlahÂ
Rp. 212.000
b. Â Peralatan/perlengkapan
Peralatan
Jumlah
Harga
Cup plastic 300 ml
2 pack
Rp. 25.000
Sendok plastik
2 pack
Rp. 8.000
Parutan keju
1
Rp. 5.000
JumlahÂ
Rp. 38.000
Rencana Anggaran
a. Â Modal
Modal yang dikeluarkan dalam sekali produksi adalah sebesar Rp. 250.000.
Jumlah biaya = bahan+perlengkapan
              = Rp. 212.000 + Rp. 38.000
              = Rp. 250.000
Total pengeluaran yang digunakan dalam satu kali produksi yang menghasilkan 40 cup dengan dengan modal pengeluaran Rp. 250.000.
b. Â Penentuan harga jual
Harga pokok produksi = jumlah biaya/hasil produksi
                       = 250.000/40
                       = Rp. 6.250,-/cup   Â
Harga jual             = harga pokok/laba yang diinginkan
                       = Rp. 6.250 + Rp. 5.750
                       = Rp. 12.000
Jdi harga jualnya yaitu Rp. 12.000/cup
c. Â Perhitungan laba/rugi
Laba           = (hasil produksi x harga jual) – modal
               = (40 x Rp. 12.000) – Rp. 250.000
               = Rp. 480.000 – Rp. 250.000
               = Rp. 230.000,-(Laba)
Persentase laba   = laba/modal x 100%
                   = Rp. 230.000/480.000 x 100%
                   = Rp. 47,91%
Persentase dari laba bersih yang didapat dalam satu kali produksi yaitu 47,91%.
Proses Produksi
Berikut adalah langkah-langkah untuk memproduksi salad buah:
- Cuci terlebih dahulu buah-buahan nya
- Lalu potong buah berbentuk dadu
- Untuk membuat sausnya, campurkan mayones dan susu kental manis dengan jumlah takaran rahasia
- Siapkan cup dan susun potongan buah, nata de coco, susunlah semenarik mungkin
- Lalu tuangkan saus (mayones yang sudah di mix dengan susu kental manis) pada bahan baku (potongan buah)
- Masukkan taburan keju
BAB III
PENUTUP
a. Â Kesimpulan
Menurut saya usaha ini dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Saya sangat yakin bahwa usaha ini akan maju dan terus berkembang karena dilakukan oleh orang yang mempunyai kualitas dalam menjalankan setiap pekerjaan. Saya sadar bahwa usaha ini tidak akan langsung berkembang pesat tapi saya akan terus berjuang untuk terus menjalankan dan mengembangkan usaha ini.
b. Â SaranÂ
Saya menyadari bahwa proposal ini jauh dari kata sempurna, karena itu saya mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi penyempurnaan proposal ini.
Demikian proposal ini, semoga kegiatan usaha ini dapat berjalan dengan baik dan saya berharap dalam mengembangkan kreatifitas dapat bermanfaat bagi penulis dan masyarakat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H