Mohon tunggu...
Jihan Fauziah
Jihan Fauziah Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswi

Saya Jihan Fauziah merupakan mahasiswi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara saya memiliki hobi menulis olahraga serta traveling.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

PMI dan Mahasiswa, Menumbuhkan Semangat Gotong Royong di Era Digital

3 Oktober 2024   14:51 Diperbarui: 3 Oktober 2024   15:10 14
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital, nilai-nilai tradisional seperti gotong royong tetap menjadi fondasi penting dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia. Gotong royong, sebagai bagian dari identitas budaya bangsa, merupakan bentuk kerja sama sosial di mana setiap anggota masyarakat berperan aktif membantu satu sama lain tanpa pamrih. Semangat ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia sejak dulu. Namun, di era digital yang serba cepat dan individualistis, nilai gotong royong menghadapi tantangan tersendiri.

Palang Merah Indonesia (PMI), sebagai organisasi kemanusiaan terbesar di Indonesia, telah lama menjadi salah satu pelopor dalam menumbuhkan semangat gotong royong. Dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak, PMI terus memperkuat nilai-nilai kemanusiaan, terutama di kalangan mahasiswa, yang merupakan generasi penerus bangsa. Dalam konteks ini, sinergi antara PMI dan mahasiswa di era digital sangat penting untuk menjaga dan mengembangkan semangat gotong royong yang relevan dengan tantangan zaman.

Mahasiswa sebagai Agen Perubahan Sosial

Mahasiswa merupakan kelompok yang memiliki potensi besar untuk menjadi agen perubahan sosial. Dengan akses terhadap pendidikan, teknologi, dan informasi, mereka memiliki kapasitas untuk menjadi pelopor dalam mempromosikan nilai-nilai sosial yang positif, termasuk gotong royong. Dalam sejarahnya, mahasiswa selalu memainkan peran penting dalam gerakan-gerakan sosial di Indonesia, mulai dari perjuangan kemerdekaan hingga reformasi.

Namun, di era digital ini, peran mahasiswa dalam mempromosikan gotong royong harus diadaptasi sesuai dengan perkembangan teknologi dan perubahan dinamika sosial. Di satu sisi, era digital membawa tantangan berupa meningkatnya individualisme dan fokus pada pencapaian pribadi. Media sosial sering kali digunakan untuk memamerkan prestasi individu daripada berkolaborasi dalam aksi kolektif. Di sisi lain, teknologi digital juga menawarkan peluang besar untuk memperkuat semangat gotong royong melalui platform yang memfasilitasi kerja sama dan solidaritas sosial.

Dalam hal ini, PMI sebagai organisasi kemanusiaan dapat menjadi jembatan yang menghubungkan mahasiswa dengan masyarakat melalui berbagai program digital yang memfasilitasi aksi gotong royong. Kolaborasi antara PMI dan mahasiswa dapat menjadi model baru bagaimana gotong royong dapat diterapkan dan diperkuat di era digital.

Teknologi Digital dan Kemanusiaan: Peluang Baru untuk Gotong Royong

Perkembangan teknologi digital telah mengubah banyak aspek kehidupan, termasuk cara masyarakat berinteraksi dan berkolaborasi. Platform digital seperti media sosial, aplikasi berbasis komunitas, dan platform crowdfunding telah memungkinkan orang untuk terhubung dan bekerja sama secara lebih luas dan lebih cepat. Gotong royong, yang sebelumnya identik dengan aktivitas fisik bersama di satu tempat, kini dapat diaktualisasikan dalam bentuk digital. Misalnya, melalui kampanye donasi online, penggalangan dana untuk korban bencana, atau penyebaran informasi tentang kegiatan sosial.

Palang Merah Indonesia telah memanfaatkan teknologi digital untuk memperluas jangkauannya dalam berbagai kegiatan kemanusiaan. PMI menggunakan media sosial dan platform digital untuk menggalang dana, menyebarkan informasi tentang kesiapsiagaan bencana, serta mengorganisir kegiatan donor darah. Kolaborasi PMI dengan mahasiswa dalam memanfaatkan teknologi digital untuk kemanusiaan dapat menjadi contoh bagaimana semangat gotong royong dapat dipertahankan dan bahkan diperkuat di era digital.
Mahasiswa, dengan kemampuan dan kecakapan teknologi yang tinggi, dapat memainkan peran penting dalam membantu PMI mengembangkan program-program kemanusiaan berbasis digital. Mereka dapat berperan sebagai inisiator kampanye, relawan digital, atau bahkan pengembang aplikasi yang memfasilitasi kegiatan gotong royong. Melalui partisipasi aktif mahasiswa, semangat gotong royong tidak hanya dipertahankan tetapi juga disesuaikan dengan kebutuhan zaman.

Contoh Implementasi Gotong Royong Digital oleh PMI dan Mahasiswa

Ada banyak cara di mana PMI dan mahasiswa dapat bekerja sama untuk menumbuhkan semangat gotong royong di era digital. Beberapa contoh implementasi yang dapat dilakukan meliputi:

1. Kampanye Penggalangan Dana Digital

PMI sering kali menggalang dana untuk membantu korban bencana alam atau mendukung program-program kesehatan masyarakat. Di era digital, mahasiswa dapat membantu mempromosikan kampanye ini melalui media sosial, blog, atau platform crowdfunding. Mereka juga dapat berkolaborasi dengan PMI untuk membuat konten digital yang menarik, seperti video atau infografis, yang menyampaikan pesan kemanusiaan dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam aksi gotong royong.

2. Relawan Digital untuk Donor Darah

Kebutuhan darah di Indonesia terus meningkat, namun kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darah secara sukarela masih perlu ditingkatkan. Mahasiswa dapat membantu PMI dalam mengembangkan aplikasi atau platform yang memudahkan masyarakat untuk mendaftar sebagai donor darah dan mendapatkan informasi tentang lokasi donor darah terdekat. Selain itu, mahasiswa juga dapat menjadi relawan digital yang menyebarkan informasi tentang pentingnya donor darah melalui media sosial dan forum-forum online.

3. Simulasi Bencana dan Kesiapsiagaan Digital

PMI sering kali menyelenggarakan simulasi bencana untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat. Di era digital, mahasiswa dapat membantu PMI dalam mengembangkan simulasi bencana berbasis virtual atau aplikasi yang memungkinkan masyarakat untuk belajar tentang cara bertindak saat terjadi bencana. Mahasiswa dari berbagai jurusan, seperti teknologi informasi, komunikasi, atau manajemen bencana, dapat berkolaborasi dengan PMI dalam menciptakan solusi digital yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

4. Platform Edukasi Kemanusiaan Online

Edukasi tentang kemanusiaan, donor darah, kesehatan, dan kesiapsiagaan bencana merupakan salah satu misi penting PMI. Mahasiswa dapat berperan dalam menciptakan platform online yang menyediakan materi edukasi ini, baik dalam bentuk artikel, video, maupun podcast. Dengan memanfaatkan platform digital, mahasiswa dan PMI dapat menjangkau lebih banyak orang dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya gotong royong dalam menghadapi berbagai tantangan kemanusiaan.

Pengembangan Karakter dan Empati melalui Gotong Royong Digital

Keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan gotong royong digital tidak hanya memberikan manfaat bagi masyarakat, tetapi juga memberikan dampak positif bagi pengembangan karakter dan empati mahasiswa itu sendiri. Di era di mana interaksi sosial semakin tergantikan oleh komunikasi virtual, gotong royong digital memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk tetap terhubung dengan realitas sosial yang membutuhkan perhatian dan kepedulian mereka.

Melalui kegiatan gotong royong digital, mahasiswa belajar tentang pentingnya kolaborasi, solidaritas, dan kerja sama. Mereka juga dihadapkan pada tantangan-tantangan nyata yang membutuhkan solusi kreatif dan inovatif, seperti mengorganisir kampanye donasi online yang sukses atau menciptakan konten digital yang mampu menyentuh hati banyak orang. Selain itu, mahasiswa juga belajar untuk tidak hanya berfokus pada pencapaian pribadi, tetapi juga berkontribusi untuk kepentingan kolektif.

Keterlibatan dalam aksi gotong royong digital bersama PMI juga mengajarkan mahasiswa tentang pentingnya tanggung jawab sosial. Mereka tidak hanya memanfaatkan teknologi untuk tujuan pribadi, tetapi juga untuk memfasilitasi tindakan kemanusiaan yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Dengan cara ini, mahasiswa tidak hanya berkembang secara intelektual, tetapi juga secara moral dan emosional.

Tantangan dan Solusi dalam Meningkatkan Gotong Royong di Era Digital

Meskipun gotong royong digital memiliki banyak potensi, ada tantangan yang perlu diatasi. Salah satunya adalah meningkatnya individualisme di kalangan generasi muda, di mana media sosial sering kali digunakan untuk menonjolkan pencapaian pribadi daripada berkolaborasi dalam aksi kolektif. Selain itu, masih ada kesenjangan digital di beberapa daerah, di mana akses terhadap teknologi dan internet masih terbatas.

Untuk mengatasi tantangan ini, kampus dan PMI perlu bekerja sama dalam menciptakan program-program yang lebih inklusif dan menyentuh semua lapisan masyarakat. Edukasi mengenai pentingnya gotong royong, baik dalam bentuk fisik maupun digital, harus terus disosialisasikan di kalangan mahasiswa dan masyarakat luas. Selain itu, perlu ada pelatihan dan pendampingan bagi mahasiswa agar mereka dapat memanfaatkan teknologi digital dengan lebih baik untuk kepentingan kemanusiaan.

Kesimpulan

Palang Merah Indonesia dan mahasiswa memiliki peran strategis dalam menjaga dan mengembangkan semangat gotong royong di era digital. Melalui kolaborasi ini, gotong royong tidak hanya menjadi nilai yang dipertahankan, tetapi juga diadaptasi untuk menjawab tantangan zaman yang semakin kompleks. Di era di mana teknologi digital mendominasi hampir semua aspek kehidupan, gotong royong tetap relevan dan dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk inovatif yang sesuai dengan dinamika sosial dan teknologi.
Mahasiswa, sebagai generasi yang akan memimpin masa depan, memiliki tanggung jawab untuk memanfaatkan teknologi digital tidak hanya untuk kepentingan pribadi, tetapi juga untuk kebaikan bersama. Dengan berkolaborasi dengan PMI, mahasiswa dapat memainkan peran penting dalam aksi kemanusiaan yang berkelanjutan, sekaligus mengembangkan karakter yang peduli, empati, dan bertanggung jawab. Gotong royong di era digital adalah bentuk solidaritas baru yang harus terus dikembangkan demi terciptanya masyarakat yang lebih adil, inklusif, dan manusiawi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun