Mohon tunggu...
Jidan Nanda Lesmana
Jidan Nanda Lesmana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan prodi Jurnalistik.Saya pribadi yang sangat hobi dengan membaca, adapun saya seorang Introvert yang selalu mengikuti isu-isu terbaru baik dengan skala nasional ataupun internasional, adapun topik yang sangat saya sukai adalah politik, hukum, olahraga, dan isu lingkungan.

Selanjutnya

Tutup

Analisis Pilihan

Mengkaji Misi Indonesia Emas 2045

25 Mei 2024   01:03 Diperbarui: 25 Mei 2024   13:13 180
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Indonesia emas 2045 bukanlah suatu istilah yang asing bagi masyarakat saat ini. Istilah tersebut juga sudah banyak disuarakan di berbagai media dan berbagai kalangan. Adapun Indonesia emas 2045 menjadi misi penting yang hendak dicapai oleh pemerintah dengan tujuan menjadikan negara ini sebagai negara yang makmur dan maju. Lantas, apa itu Indonesia emas 2045?

Saat ini, Indonesia akan memasuki era bonus demografi, dimana saat itu jumlah penduduk berusia produktif (15- 64 tahun) yang lebih besar dibanding penduduk yang tidak produktif (<15 dan >64 tahun).  Penduduk berusia produktif mampu memberikan dampak pada peningkatan pembangunan dan ekonomi negara yang akan membawa bangsa ini keluar dari middle income trap atau jebakan pendapatan menengah. Ketika Indonesia dapat keluar dari middle income trap dan berhasil mencapai tingkatan negara maju, maka saat itulah misi Indonesia emas telah tercapai.

 Dilansir dari CNBC Indonesia, World Bank telah menetapkan klasifikasi pendapatan negara per 1 Juli 2023-2024 dengan  ketentuan sebagai berikut:

*Negara berpendapatan rendah sebesar  US$ 1.085.

*Negara berpendapatan menengah bawah sebesar US$ 1.146-US$ 4,456.

*Negara berpendapatan menengah atas sebesar US$ 4.466-US$ 13.845

*Negara berpendapatan tinggi sebesar US$13.845>

Dilansir dari situs website Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, tercatat pada bulan Juli 2023, Indonesia ditetapkan sebagai negara upper middle income atau negara berpendapatan menengah atas dengan rincian pendapatan sebesar US$ 4.580. Pendapatan tersebut belum cukup untuk mengantarkan Indonesia pada status negara berpendapatan tinggi atau maju. Untuk mencapai tingkatan tersebut, diperlukan beberapa fokus dan perbaikan pada beberapa aspek yang dapat berperan dalam mencapai Indonesia emas 2045. Beberapa aspek tersebut adalah:

1.Aspek Pendidikan

Pendidikan menjadi salah satu kunci utama dalam melahirkan insan yang berkualitas dan cerdas. Pendidikan juga menjadi eskalator sosial karena setiap individu dapat memperbesar persentase kehidupan yang sejahtera dimasa mendatang. Hal ini dapat terjadi lantaran pendidikan dapat menentukan produktivitas seseorang, di mana, semakin tinggi pendidikannya, maka semakin besar peluang untuk mendapat pekerjaan dengan gaji yang layak untuk kesejahteraan individu tersebut.

Selain itu, pendidikan dapat melahirkan sumber daya manusia yang kompetitif dan inovatif. Manusia yang kompetitif dan inovatif ini dapat membantu memajukan bangsa ini dengan cara melahirkan inovasi-inovasi baru yang berguna bagi banyak masyarakat, sehingga produktivitas masyarakat dapat meningkat melalui inovasi tersebut, dan kesejahteraan sosial dapat dicapai dan dirasakan oleh berbagai kalangan. Dengan demikian, pendidikan dapat dikatakan sebagai ujung tombak guna mencapai Indonesia emas 2045.

Dilansir dari situs website Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud). PISA (program penilaian pelajar internasional) telah merilis hasil penilaiannya pada Selasa (5/12/23), hasilnya, literasi membaca dan literasi matematika mengalami kenaikan lima peringkat, dan literasi sains naik enam peringkat. Namun, jika dilihat dari capaian skor, kemampuan literasi membaca, matematika, dan sains, mengalami penurunan sebesar 12-13 poin, hal ini terjadi karena siswa dan siswi mengalami sebuah peristiwa learning loss (hilangnya pembelajaran) lantaran dunia diterjang pandemi Covid-19.

Dari penjabaran mengenai pendidikan tersebut, perlu adanya perbaikan dari sisi pendidikan guna menciptakan sumber daya manusia yang kompetitif, yang mampu bersaing dengan masyarakat dunia. Perbaikan yang dimaksud dapat berupa penyesuaian kurikulum yang relevan, peningkatan kualitas guru, distribusi anggaran pendidikan yang lebih dari sebelumnya, dan monitoring serta evaluasi yang terstruktur.

2.Aspek Kesehatan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun