Mohon tunggu...
Jessica Anindya
Jessica Anindya Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UAJY

Penulis amatiran. Suka bakso.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Begini Cara Admin Instagram @gojekindonesia Membangun Kedekatan dengan Audiensnya

1 Desember 2021   12:46 Diperbarui: 1 Desember 2021   13:18 342
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto 1: Profil Instagram @gojekindonesia- hasil screenshot penulis 

@gojekindonesia merupakan akun Instagram yang menurut saya berhasil membangun kedekatan dengan audiensnya. Selain unggahan yang lucu, Gojek berusaha membuat segala sesuatunya relateable dengan trend yang sedang terjadi, atau sesuatu yang umum dialami.

Keberhasilan tersebut tidak lepas karena admin yang mengelola Instagram tersebut. Jika kamu penasaran bagaimana admin @gojekindonesia membangun relasi tersebut secara lebih spesifik, ini artikel yang tepat buat kamu. 

Sejak empat tahun beroperasi @gojekindonesia memiliki kurang lebih satu juta pengikut merupakan salah satu bukti bahwa admin @gojekindonesia mengelolanya dengan baik.

Sejauh pengamatan saya, terdapat setidaknya lima hal yang membuat Instagram @gojekindonesia menarik sehingga dapat membangun kedekatan dengan audiensnya.

1. Menggunakan Bahasa yang Sederhana 

Gojek tampaknya memahami bahwa audiensnya berasal dari berbagai usia dan latar belakang, sehingga menggunakan bahasa yang kompleks justru dapat membuat audiens mereka bingung. Dalam hal ini Gojek menggunakan bahasa informal, dan diksi yang biasa digunakan dalam obrolan sehari-hari. 

Hal itu saya rasa membuat audiens mudah menangkap isi pesan dari promosi yang dilakukan oleh Gojek. @gojekindonesia juga menggunakan bahasa daerah yang juga dapat dipahami oleh banyak orang, seperti pada gambar di bawah ini. 

Sumber: screenshot instagram @gojekindonesia
Sumber: screenshot instagram @gojekindonesia

2. Riset dan Ikuti Trend 

Sangat terlihat bahwa admin @gojekindonesia merupakan orang yang up to date, dan aktif bermedia sosial. Pada setiap caption yang ditulis mereka menggunakan kata-kata unik yang sedang hangat diperbincangkan. Hal tersebut membuat audiens merasa relate sehingga merasa dekat. 

3. Membalas Komentar

Kolom komentar memang disediakan untuk melakukan interaksi, dan admin @gojekindonesia memanfaatkan fitur itu dengan sangat baik. Admin @gojekindonesia tak jarang membalas komentar yang masuk. Balasan komentar tersebut tentu membuat audiens merasa didengarkan. Lebih dari itu, @gojekindonesia juga menempatkan diri sebagai teman di banyak balasannya. Hal-hal receh pun seringkali ditanggapi oleh admin.

4. Menggunakan Semua Fitur yang Ada

Hingga hari ini saya lihat @gojekindonesia sudah menggunakan semua fitur yang disediakan oleh Instagram. Mulai dari mengunggah foto, story, juga video dalam bentuk IGTV maupun reels juga sudah dilakukan. Menggunakan semua fitur yang ada juga menunjukkan bahwa @gojekindonesia mengikuti trend dan menciptakan kebaruan, sehingga mencegah audiens untuk bosan. 

5. Menjadi Berbeda

Hal yang paling saya soroti ketika melihat Instagram @gojekindonesia adalah bahwa mereka berbeda. Mulai dari bio yang terkesan sangat bahasa "teman", juga pemilihan bahasa yang digunakan dalam setiap caption pada unggahan mereka saya rasa bukan bahasa yang biasa digunakan oleh perusahaan besar. Justru itu yang jadi menarik.

Lima hal di atas dapat diterapkan supaya bisnis kamu memiliki relasi dengan audiens, seperti @gojekindonesia. 

Semoga bermanfaat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun