Mohon tunggu...
Jepson Siahaan
Jepson Siahaan Mohon Tunggu... Mahasiswa - The science of victory

Menulis dimulai dengan mencintai sebuah buku

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Komunikasi Pemasaran dengan Memperkenalkan Aplikasi Livin' by Mandiri

8 Juli 2022   22:17 Diperbarui: 8 Juli 2022   22:32 2751
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
 sumber gambar : Mandiri.co.id

Bank Mandiri adalah perusahaan bergerak dibidang perbankan BUMN yang berkantor pusat di Jakarta, berdiri pada tanggal 2 Oktober 1998. Prestasi gemilang telah diraih salah satunya pada tahun 2022 Bank Mandiri terpilih urutan ketiga menjadi bank terbaik dunia untuk kategori Indonesia ( World’s Best Bank 2022 ) menurut media ekonomi internasional Forbes. 

Peringkat ini memberi bukti empiris bahwa Bank Mandiri mempunyai pengaruh daya saing yang kuat terhadap perusahaan-perusahaan top dunia. Selain itu sebelumnya pada tahun 2018 Bank Mandiri masuk kategori tempat kerja terbaik didunia urutan ke -11 ( World’s Best Employers 2018 ) mengalahkan 1.989 perusahaan ternama lainnya dari seluruh negara versi Forbes.

Prestasi ini menjadi pemantik sebagai salah satu bank plat merah terbaik agar tetap melangkah kokoh memberikan kontribusi bermanfaat bagi pembangunan Indonesia, Bank Mandiri berusaha meningkatkan segmentasi pasar perbankan agar mampu meningkatkan pangsa pasar seluruh Indonesia. 

Bukan sekedar itu Bank Mandiri terus melakukan multiplikasi menciptakan inovasi dan transformasi bisnis di era digitalisasi, agar supaya kualitas produk dan pelayanan yang diberikan kepada para nasabah mampu beradaptasi terhadap perubahan perkembangan serba digitalisasi saat ini.

Bank mandiri telah melakukan inovasi transformasi digitalisasi dengan memperkenalkan layanan Living a lively life with aplikasi Livin’ by Mandiri, aplikasi ini merupakan aplikasi mobile banking yang dirilis resmi oleh Bank Mandiri untuk memberikan kemudahan kepada para nasabah untuk mendapatkan layanan perbankan secara online dalam melakukan transaksi. 

Aplikasi ini memiliki penampilan pancarona yang menarik berwarna kuning dan biru, aplikasi dapat diunduh melalui super app menggunakan smartphone, adapun fitur-fitur yang terdapat didalamnya mulai dari melihat langsung saldo tanpa log in, e-wallet, tarik tunai tanpa kartu, transfer antar bank melalu BI-Fast, dan layanan non-keuangan seperti investasi reksadana. 

Selain itu dalam aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur QR payment yang membantu nasabah melakukan transaksi pembayaran dengan scan QR Code (QRIS) dan auto installment kartu kredit yang memudahkan para nasabah untuk merubah cicilan kartu kredit.

Memperkenalkan aplikasi Livin’ by Mandiri melalui komunikasi pemasaran 

Menurut Kotler dan Amstrong (2008:116) ada lima bauran komunikasi pemasaran yaitu iklan ( advertising ), promosi penjualan  (sales promotion ), hubungan masyarakat ( public relation ), penjualan secara pribadi ( personal selling ), dan pemasaran langsung ( direct marketing ). 

Komunikasi pemasaran adalah langkah penting dalam memperkenalkan sebuah produk agar sampai kepada masyarakat. Dalam memperkenalkan dan menawarkan aplikasi Livin’by Mandiri ada dua cara yang dilakukan yaitu secara online dan offline. 

Pertama secara online, pihak bank akan menghubungi melalui telepon kepada Hrd setiap perusahaaan baik yang sudah payrol dan non payrol di Bank Mandiri, untuk memberitahukan kepada para pegawai yang berminat menggunakan aplikasi tersebut, jika ada pegawai yang berminat Hrd akan menghubungi pihak Bank Mandiri untuk membuat jadwal tanggal dan jam melakukan presentasi mengenai aplikasi ini melalui zoom meeting. 

Kedua secara offline, dimana saat ini telah ada kelonggaran pembatasan berkumpul dengan tetap sesuai protokol kesehatan yaitu menggunakan masker dan jaga jarak, Bank Mandiri dengan gencarnya mulai menawarkan produknya melalui pameran yang digelar open booth (buka stan) digedung perkantoran dan tempat fasilitas umum seperti pasar, stadion, pusat perbelanjaan. 

Bagi para nasabah yang berkeinginan membuka Livin’by Mandiri ditempat akan diberikan merchandise berupa tumbler, e-money, bantal boneka, dan beraneka ragam hadiah diberikan. Selain penawaran secara online dan offline Bank Mandiri juga menawarkannya melalui iklan videotron dan media sosial seperti instagram, youtube, dan tiktok.

Tercatat pada kuartal I/2022 lebih dari 96% transaksi perbankan Bank Mandiri menggunakan digitalisasi yang semuanya berbasis pada teknologi, dan pada akhir tahun 2021 sebanyak 12 juta pengguna aplikasi Livin by Mandiri telah menggunakannya, kemudian pada tahun 2022 ini ditargetkan adanya eskalasi sebesar 16 juta pengguna bertambah.

Diharapkan dengan aplikasi ini membawa dampak feedback positip yang sangat besar kepada para nasabah karena diberikan kemudahan melakukan transaksi lebih cepat dan aman dimanapun dan kapanpun tanpa harus datang ke kantor Bank Mandiri terdekat.

Sekian tulisan ini, salam sehat selalu, terima kasih

Jepson Siahaan - 21111074

Program Studi Manajemen

Universitas Trilogi- Jakarta

Sumber buku :

Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip pemasaran, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Sumber website :

Https://bankmandiri.co.id/en/livin

Https://bankmandiri.co.id/en/home

Riadi, Muchlisin.(2008). Pengertian, Bauran dan strategi komunikasi pemasaran.diakses pada 8/7/2022 dari Https://www.kajianpustaka.com/2018/11/pengertian-bauran-dan-strategi-komunikasi-pemasaran.html

Https://amp.kompas.com/money/read/2022/04/20/081600226/masuk-daftar-bank-terbaik-versi-forbes

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun