Mohon tunggu...
JepretPotret
JepretPotret Mohon Tunggu... Freelancer - ........ ........

........

Selanjutnya

Tutup

Gadget Pilihan

Nadia Mulya dan PermataMobile X

27 September 2018   15:59 Diperbarui: 27 September 2018   19:31 469
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Nadia Mulya di #WealthWisdom2018 [Foto:JEPRETPOTRET]]

Dilahirkan antara tahun 1946 hingga 1960, maka dapat dikategorikan sebagai generasi Baby Boomers. Bagi yang lahir di tahun 1960-an hingga 1980-an, maka akan disebut sebagai Generasi X. Sementara sebutan Generasi Millenials untuk yang terlahir di tahun 1980-an hingga akhir 1990-an. Nah, sebutan Generasi Z tersemat bagi yang terlahir pada awal tahun 2000-an. 

Mengacu pada data yang dirilis oleh Nielsen Indonesia, keempat generasi tersebut telah familiar dengan penggunaan teknologi digital berbasis internet. Generasi Millenials yang paling tertinggi mendominasi penggunaan internet, dibandingkan dengan ketiga generasi lainnya. 

Mind, Body, Soul + Tech. Inilah tema yang diusung dalam rangkaian acara #WealthWisdom2018, yang diselenggarakan pada 5-6 September 2018 lalu di The Ritz-Carlton Pacific Place Mall Jakarta Selatan. 

#WealthWisdom merupakan rangkaian konferensi literasi keuangan tahunan terbesar mengenai finansial dan wealth management sejak tahun 2014, yang diinisiasi oleh #PermataBank sebagai bagian dari gerakan #BicaraUang. 

"Wealth Wisdom diharapkan dapat menginspirasi masyarakat dalam penggunaan teknologi untuk memaknai 'kaya' dan 'bahagia' yang sesungguhnya dalam kehidupan masing-masing," kata Ridha DM Wirakusumah (Direktur Utama PermataBank), dalam sambutan pembuka di kelas 'Soul' yang bertemakan "Technology Role in Building Wholistic Wealth - Body, Mind, Soul". 

Selain Ridha DM Wirakusumah, yang menjadi salah satu narasumber di kelas ini adalah Nadia Mulya. Wanita berusia 38 tahun yang dikenal sebagai presenter tayangan berita hiburan televisi ini, ternyata memiliki aktivitas seabreg lainnya. 

Vlogger, Blogger, Penulis Buku, merupakan deretan pekerjaan Nadia Mulya lainnya yang mungkin belum banyak diketahui oleh publik. Nadia Mulya bersama Joy Roesma telah menulis buku yang telah terbit berjudul "Media Sosialita". Ini merupakan buku kesembilannya, membahas tentang teknologi komunikasi terutama media sosial yang berkaitan dengan kehidupan sosialita. 

Banyak ekspetasi dan perubahan perilaku dari cara berkomunikasi menggunakan teknologi media sosial. Dalam bermedia sosial, dipastikan terdapat keinginan mendapatkan pengakuan dari jejaringnya seperti adanya tanda 'jempol', 'suka', hingga berbagai komentar. Apabila tak sesuai ekspetasi akan dapat mengakibatkan depresi.

"Teknologi seharusnya dapat memperkaya hidup kita menjadi lebih bermakna. Janganlah sampai teknologi mengatur hidup kita, namun justru kita yang harus dapat mengaturnya. Teknologi masih memiliki dampak positif," kata Nadia Mulya, saat berbicara sebagai narasumber. 

Nadia Mulya dalam Peluncuran PermataMobile X [Foto:JEPRETPOTRET]]
Nadia Mulya dalam Peluncuran PermataMobile X [Foto:JEPRETPOTRET]]
Nadia Mulya sendiri hampir lebih dari 12 tahun, telah menjadi nasabah setia #PermataBank. Bahkan anak pertama dan keduanya, masing-masing telah dibuatkan rekening tabungan yang diisi secara rutin oleh dirinya dan neneknya. Kedua rekening tersebut juga terisi dana yang bersumber dari berbagai salam tempel saat ulang tahun dan hari raya. 

Fasilitas teknologi digital #PermataBank, diakuinya sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan transaksi perbankan. Salah satunya adalah aplikasi (mobile apps) #PermataMobile yang sering digunakannya untuk transfer antar rekening dan pembelian surat-surat berharga. 

#PermataMobile telah mengalami pengembangan versi terbarunya pada 1 Agustus 2018 lalu, yang telah diperkenalkan dengan nama PermataMobile-X. Nadia Mulya yang ketika itu turut hadir, menyatakan respons positif akan kehadiran #PermataMobile versi terkini. 

"Dengan PermataMobile-X, semakin lebih mudah dalam melakukan pembelian bond," ujar Nadia Mulya, seusai acara diskusi interaktif #WealthWisdom2018. 

Kini setelah menggunakan aplikasi #PermataMobileX, Nadia Mulya dapat lebih efisien dalam melakukan transaksi jual beli reksadana dan obligasi kapanpun dan dimana saja. Selain kemudahan akses menggunakan fitur Touch-ID, Face-ID, dan Voice-ID, akan dapat pula melihat data mutasi transaksi hingga satu tahun yang lalu. 

Nadia Mulya menggenggam aplikasi PermataMobile X [Foto:JEPRETPOTRET]
Nadia Mulya menggenggam aplikasi PermataMobile X [Foto:JEPRETPOTRET]

Live Demo yang dilakukan oleh Abdy D. Salimin (Chief Information Officer dan Director Technology & Operation PermataBank) pada saat perkenalan #PermataMobileX lalu, akan membuktikan kecanggihan, kemudahan, dan kenyamanan dari #PermataMobileX. 

"Mobile apps dari PermataBank lebih bersenyawa, karena dibuat terintegrasi berdasarkan pengalaman apps terdahulu," kata Abdy D. Salimin seusai acara perkenalan saat itu. 

PermataMobile-X merupakan hasil pendengaran #PermataBank dari nasabah yang memiliki tantangan masing-masing dalam bertransaksi. Segala keinginan nasabah dituangkan menjadi solusi untuk pemecahan masalah yang timbul dari pengalaman mereka. Maka desain, UI/UX, dan kelengkapan fitur dari aplikasi #PermataMobileX, merupakan yang terdepan dan terbaik di kelasnya. Simbol 'X' pada PermataMobile X mencerminkan "Elevated Experience", yang bermakna memberikan pengalaman terbaik terhadap kebutuhan dari para nasabah dan calon nasabah.

Kecanggihan teknologi dalam #PermataMobile telah dimulai pada 2017, dengan disematkannya fitur Touch-ID dan FingerPrint. Kedua fitur ini berjalan di platform berbeda namun memiliki fungsi yang sama, yakni sebagai alternatif fitur untuk akses masuk (login) tanpa user-ID dan password. Jika FingerPrint untuk pemakai ponsel berbasis Android, maka Touch-ID untuk digunakan pemakai iPhone. 

Di bulan Februari 2018, teknologi terbaru kembali disematkan ke dalam #PermataMobile. Fitur Face-ID, akan memudahkan proses login cukup dengan mengenali wajah sang nasabah. Sebulan kemudian, teknologi Voice-ID melengkapi jajaran fitur tercanggih di dunia perbankan. Dengan mengenali suara melalui otentikasi biometric, maka layanan PermataTel akan langsung mengetahui profil dari sang nasabah yang telah menghubunginya. 

Masih di bulan Maret 2018 yang lalu, #PermataBank telah menjadi perbankan pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi Application Program Interface (API) Banking. Teknologi ini sangat membantu para nasabahnya UMKM (Small Medium Enterprises) dan Wholesale Banking, untuk dapat mengintegrasikan platform yang dimilikinya dapat terkoneksi dengan sistem #PermataBank. 

Abdy D. Salimin seusai Peluncuran PermataMobile X [Foto: JepretPotret]
Abdy D. Salimin seusai Peluncuran PermataMobile X [Foto: JepretPotret]
Abdy D. Salimin menyatakan dalam masa transisi, #PermataMobile akan tetap dapat dipakai oleh nasabah meskipun telah hadir #PermataMobile-X. Masih ada sekitar 700 ribuan hingga 800 ribuan nasabah yang memakai #PermataMobile versi lama. Ini akan terus dimonitor sehingga kelak ketika sudah dianggap pas waktunya akan dilakukan switch-off. 

#PermataBank yang merupakan bagian dari #AstraFinancial, selalu menjaga komitmen dalam mewujudkan brand promise, yakni Simple, Fast, dan Reliable. Ini dapat dilihat dari pengembangan infrastruktur dan ekosistem digital secara berkelanjutan, yang diaplikasikan untuk seluruh lapisan nasabah di semua channel #PermataBank. Ini merupakan perwujudan dari gerakan #IndonesiaTanpaStres, dimana kegiatan transaksi perbankan dilakukan tanpa stres dan tanpa membuang waktu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun