Mohon tunggu...
tari angriani
tari angriani Mohon Tunggu... Mahasiswa - universitas palangkaraya

ekonomi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Industri Kreatif dan Ekonomi Kreatif

26 Oktober 2023   18:06 Diperbarui: 26 Oktober 2023   18:09 148
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hakikat dan Inti Ekonomi Kreatif

Menurut Harriman (2017:120), Pada hakikatnya berpikir kreatif adalah penemuan, menciptakan sesuatu yang baru dari sesuatu yang sudah ada

Hakikat ekonomi kreatif adalah memadukan aspek ekonomi dengan kreativitas dan inovasi. Ini mencakup industri-industri yang menghasilkan produk dan jasa yang didasarkan pada ide-ide kreatif dan nilai-nilai budaya. Dalam ekonomi kreatif, kreativitas menjadi sumber daya utama dalam menghasilkan produk dan jasa yang unik dan menarik. Ide-ide kreatif ini kemudian dikembangkan menjadi produk atau layanan yang dapat dijual dan menghasilkan pendapatan. Dalam proses ini, inovasi juga memainkan peran penting, di mana ide-ide kreatif dikembangkan menjadi solusi baru untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Ada tiga konsep utama kreativitas ekonomi, yaitu sebagai berikut:

  • Kreativitas adalah menggunakan sesuatu untuk menghasilkan suatu ide yang lebih baik
  • Kreativitas ekonomi adalah menciptakan suatu ide  dari suatu ide yang belum ada
  • Kreativitas ekonomi adalah menggunakan kembali ide yang lama agar menghasilkan ide ide baru.

Inti dari ekonomi kreatif adalah memadukan aspek ekonomi dengan kreativitas dan inovasi. Jadi, dalam ekonomi kreatif, kita menggunakan kreativitas dan ide-ide inovatif untuk menciptakan produk dan jasa yang unik dan menarik. Dalam ekonomi kreatif, kreativitas adalah kuncinya. Dalam kreativitas menggunakan imajinasi dan ide-ide segar untuk menghasilkan produk dan jasa yang berbeda dari yang ada di pasaran, contohnya seni, desain, musik, film, dan banyak lagi sebagai sumber inspirasi untuk menciptakan sesuatu yang baru dan menarik.

Peran Ekonomi Kreatif

Menurut Wamenparekra menyebutkan sektor ekonomi kreatif berperan penting dalam pembangunan ekonomi yang inklusif. Kemudian menurut Joko widodo Indonesia akan mengambil peran terdepan untuk membangun ekosistem ekonomi kreatif dan inklusif, mendorong Peran ekonomi kreatif yang lebih besar dalam pemulihan ekonomi global.

Peran ekonomi kreatif sangat penting dalam perekonomian modern, baik dari segi pertumbuhan ekonomi dalam menghasilkan pendapatan (income generation),  penciptaan lapangan kerja baru (job creation), meningkatkan teknologi (technology development), penerimaan hasil ekspor (export earning) maupun menambah kekayaan intelektual (intellectual property). Sektor ini kontributif dalam menghasilkan nilai tambah dan pendapatan bagi negara dan masyarakat. Di banyak negara, industri kreatif telah menjadi sektor yang berkembang dengan cepat dan memberikan pengarhyang besar terhadap Produk Domestik Bruto.

Selain itu, industri kreatif memainkan peran penting dalam menciptakan identitas budaya dan warisan suatu negara atau daerah. Produk-produk kreatif yang dihasilkan oleh para seniman, perancang, dan kreator di industri ini mencerminkan kekayaan budaya dan potensi kreatif suatu komunitas atau bangsa. Hal ini memberikan nilai tersendiri dalam memajukan dan mempromosikan kebudayaan setempat serta meningkatkan kebanggaan dan penghargaan atas warisan budaya yang dimiliki.

Menurut UNCTAD dan UNDP, berikut ini adalah faktor faktor peranan ekonomi kreatif dalam pertumbuhan ekonomi:

  • Di dalam jantung ekonomi kreatif  terdapat industri industri kreatif ( at the heart of the creative economi ate the creatice industries ). Kreativitas berfungsi sebagai ukuran proses sosial. Nilai nilai ekonomi seperti peluang kerja pendapatan dapat di tingkatkan melalui kreativitas.
  • Ini adalah pilihan pembangunan yang bisa di terapkan dan dapat memacu tindakan antar kementrian, respon kebijakan, dan inovasi
  • Ekonomi kreatif dapat mendorong produksi lapangan pekerjaan dan pendapatan
  • merupakan kumpulan informasi berdasarkan kegiatan perekonomian yang menghubungkan tingkat makro dan mikro perekonomian secara menyeluruh  dan mempunyai dimensi pembangunan
  • Mempromosikan budaya, sosial dan aspek ekonomi yang terkait dengan teknologi, kekayaan intelektual, dan tujuan pariwisata.

Jenis-jenis Kreatif yang Membentuk Ekonomi Kreatif

Menurut KEA European Affairs,berikut ini beberapa jenis kreativiyas yang membentuk ekonomi kreatif yaitu :

  • Economy creativity ( kreativitas Ekonomi ), adalah proses yang mengarah pada inovasi dalam teknologi, strategi pemasaran, dan upaya lain untuk mencapai keunggulan kompetitif dalam perekonomian
  • Scientific creativity (kreativitas ilmu pengetahuan) adalah hasil dari rasa ingin tahu dan keinginan untuk melakukan penelitian untuk mengatasi berbagai masalah. Keterkaitan Industri Kreatif dan Ekonomi Kreatif
  • Creative industries ( industri kreatif ), menggunakan kreativitas, keterampilan, dan bakat untuk berpotensi menghasilkan kekayaan dan menciptakan lapangan pekerjaan
  • Cultural creativity ( kreatifitas budaya ), adalah imajinasi yang di ekspresikan melalui seni budaya seperti sastra, musik, dan film.

Keterkaitan Industri Kreatif dan ekonomi Kreatif

Ekonomi kreatif tidak akan lengkap tanpa adanya industri ekonomi kreatif, sangat menekankan pada produksi barang dan jasa dengan menggunakan kemampuan, bakat, dan kreativitas seseorang sebagai kekayaan intelektual, menawarkan peluang terbaik bagi ekonomi Indonesia untuk berkembang, bersaing, dan mengungguli negara lain di kancah global

Menurut Muhammad Syahbudi Ekonomi kreatif erat kaitannya dengan industri kreatif,  ekonomi kreatif yang berfokus pada penciptaan barang dan jasa dengan mengandalkan keahlian, bakat dan kreativitas sebagai kekayaan intelektual. Industri kreatif membutuhkan ide dan kreativitas untuk menciptakan hal-hal baru. Konsep industri kreatif mengutamakan kreativitas dan sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian.

Republik Indonesia memahami bahwa satu-satunya cara bagi perekonomian Indonesia untuk tumbuh, bersaing, dan sukses di pasar global adalah melalui ekonomi kreatif, yang menekankan pada produksi produk dan jasa dengan menggunakan pengetahuan, keterampilan, dan kreativitas sebagai kekayaan intelektual. . Salah satu wujud harapan dan ambisi untuk membantu Indonesia mencapai tujuan menjadi negara maju adalah dengan tumbuhnya ekonomi kreatif tanah air. Menurut Kementrian Perdagangan Republik Indonesia, Industri kreatif merupakan salah satu komponen ekonomi kreatif yang tidak dapat dipisahkan.

Berkembangnya ekonomi kreatif di Indonesia merupakan sebuah harapan dan keinginan untuk membantu negara ini mewujudkan cita-citanya menjadi negara maju. Komponen penting dari ekonomi kreatif adalah industri kreatif, yang tidak dapat dipisahkan dari ekonomi kreatif itu sendiri.

Banyak negara saat ini percaya bahwa ekonomi kreatif, yang mencakup industri kreatif, memiliki potensi untuk meningkatkan perekonomian nasional. Indonesia juga mulai melihat potensi pertumbuhan berbagai subsektor industri kreatif karena negara ini memiliki sumber daya manusia yang kreatif dan warisan budaya yang melimpah.

Menurut Moelyono, Istilah ekonomi kreatif mengacu pada ekonomi yang mendasarkan pada kreativitas, budaya warisan budaya, dan lingkungan sebagai landasan masa depan.

Menurut UK DCMS taks force,Industri kreatif adalah industri yang berakar pada kreativitas, keterampilan individu yang berpotensi memberikan lapangan kerja dan pendapatan memalalui penggunaan kekayaan intelektual dan kreativitas individu.

Jadi, kesimpulannya adalah ekonomi kreatif merupakan fondasi penting bagi pertumbuhan dan kesuksesan perekonomian Indonesia. Industri kreatif menjadi salah satu komponen utama dalam ekonomi kreatif . Indonesia memiliki sumber daya manusia yang kreatif dan keterampilan yang melimpah, sehingga ada banyak peluang untuk mengembangkan industri kreatif di negara ini. Dengan terus mendorong dan mengembangkan ekonomi kreatif, Indonesia dapat mewujudkan cita-citanya menjadi negara maju.

Perkembangan Industri Kreatif

Perkembangan industri kreatif dalam beberapa dekade terakhir telah mengubah lanskap ekonomi dan budaya. Industri ini tidak hanya memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja, tetapi juga dalam mempromosikan identitas budaya dan warisan suatu negara atau daerah.

Untuk mengembangkan ekonomi kreatif, kerja sama antara berbagai aktor yang berperan dalam industri kreatif, yaitu cendikiawan, bisnis, Masyarakat,  dan pemerintah, dianggap sebagai prasyarat dan landasan.

Menurut Afonso konsep quadruple Helix adalah pengembangan Triple Helix dengan mengintegrasikan civil society yang melibatkan peran cendikiawan, peran bisnis, peran masyarakat serta peran pemerintah, dalam konsep ini kolaborasi dan keterlibatan semua pihak tersebut sangat Pentingnya dalam perkembangan industri kreatif. Berikut adalah 4 peran dari konsep quadruple Helix :

  • Peran cendikiawan, berperan penting dalam perkembangan industri kreatif, cendikiawan dapat menyediakan pendidikan dan pelatihan untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan di bidang seni, desain, teknologi dan manajemen bisnis
  • Peran bisnis, berperan dalam menghasilkan produk dan jasa yang inovatif dan berkualitas tinggi.
  • Peran masyarakat, berperan penting dalam perkembangan industri kreatif. Bentuk dukungan, kontribusi dan apreasiasi dari masyarakat dapat membantu mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif
  • Peran pemerintah, memiliki peran kunci dalam menciptakan kebijakan yang mendukung pertumbuahn industri kreatif. Peran pemerintah dalam menyediakan insentif fiskal, pembiayaan dan infrastruktur yang  dapat mendukung para pelaku industri kreatif di perlukan untuk mencapai visi dan misi pengembangan industri kreatif.

Kemudian untuk mengembangkan industri kreatif, pemerintah juga memiliki beberapa strategi yang di uraikan sebagai berikut :

  • Membentuk indonesia creative Council yang berfungsi sebagai wadah pemberian fasilitas kepada pelaku industri kreatif
  • Menawarkan insentif dan perlindungan hukum terhadap karya industri kreatif, seperti perlindungan paten atas penemuan, merek, atau barang baru
  •  Bekerja sama dengan berbagai organisasi pemerintah dan sektor swasta untuk mengembangkan roadmap bagi industri kreatif
  • Menetapkan rencana menyeluruh yang menggabungkan pengembangan pasar, pendidikan, desain berkualitas, dan pengembangan Sumber daya manusia untuk mendorong ekonomi kreatif.

Ekonomi kreatif merupakan konsep perekonomian yang mengutamakan informasi dan kreativitas dengan menggunakan ide dari sumber daya manusia (SDM) sebagai faktor produksi utama dalam perekonomian. Gagasan ekonomi kreatif dapat meningkatkan perekonomian kini semakin marak. Dengan demikian, dapat di simpulkan bahwa idustri kreatif perlu dikembangkan karena memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian negara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun