Memiliki mobil bukan berarti hanya bisa menggunakan saja, namun ada tugas penting yang harus tetap dilakukan yakni masalah perawatan secara berkala dalam semua komponen mobil dari mesin, Â kemudian part part kecil lainya.
Berikut beberapa standar dalam perawatan mobil yang sahabat kompasiana harus pahami! dimana kami kutip juga dari website Tagar Berita.
Periksa tekanan ban minimal dua minggu sekali. Ketahui angka pasti untuk kecepatan dan beban yang berbeda dan sesuaikan tekanannya. Menabrak trotoar dapat merusak sisi atau tepi roda yang semuanya dapat menyebabkan kebocoran kecil.
Kerusakan ini dapat dilihat secara visual, konsultasikan dengan ahlinya bila perlu cek di bengkel kemudian periksa setiap ban dengan hati-hati: tekanan yang tidak disesuaikan dapat menyebabkan keausan ban yang tidak merata.
Ingatlah untuk memeriksa tekanan pada ban serep - ban kempes tidak akan banyak membantu dalam keadaan darurat.
Jangan terlalu malas untuk mengecek level oli di mesin dan gearbox sebelum menghidupkan mesin, jika anda melakukan ini setelah menyalakan mesin maka hasil pengecekannya akan menjadi nol - oli beredar di mesin, dan anda tidak tahu level sebenarnya.
Periksa juga keberadaan dan level semua cairan. Nyalakan mobil dan hangatkan mesin (praktis mesin injeksi tidak perlu pemanasan). Di awal perjalanan, jangan nyalakan musik dengarkan suara mesin mobil apakah ada yang janggal atau tidak.
Pilih aki yang tepat untuk merek mobil Anda. Terus pantau pengisian aki dengan pengukur dan perilaku kendaraan. Jika mobil mulai buruk, bawa aki pulang dan isi sendiri atau bisa menggunakan jasa. Ini tidak sulit.
Jika Anda meninggalkan mobil di tempat parkir pada musim hujan misalkan dengan kondisi bertapkan langit maka kami sarankan lepas saja akinya.
Biasakan untuk mengganti oli secara teratur, tepat waktu. Ini akan memungkinkan mesin bekerja dengan handal. Saat ini ada banyak sekali pilihan oli yang bisa anda gunakan jadi pilih yang benar benar terbaik.
Tes merek tertentu bisa dilihat di refrensi blog otomotif misalkan.
Minyak rem harus diisi hingga batas maksimum dan levelnya harus terus diperiksa. Akan berguna untuk memeriksa lengkungan roda sebelum mengemudi. Paling sering, minyak rem "keluar" melalui selang rem yang rusak.
Hal ini dapat dilihat dari tanda-tanda berikut: pada musim panas - bintik-bintik berminyak, pada musim hujan akan mengembun beku kekuningan atau kecoklatan pada selang rem dan bagian suspensi.
Sedangkan aki mobil bisa bertahan sekitar lima tahun. Sebagian besar ada masalah dengan terminal dan klip, serta kehilangan tegangan karena perjalanan konstan untuk jarak pendek tanpa pengisian ulang rutin.
Pada setiap pemeriksaan, periksa apakah terminal dibersihkan dan terlindung dari korosi dengan gemuk. Penjepit harus aman. Pengisian daya semalam dua kali seminggu akan memperpanjang masa pakai aki jika Anda sesekali melakukan perjalanan jauh.
Masalah terus-menerus dengan aki dapat muncul karena kerusakan pada generator, seperti yang ditunjukkan oleh lampu depan yang berkabut saat mesin dalam keadaan diam. Belt yang menggerakkan alternator juga dapat mengoperasikan kipas radiator dan pompa air - suhu mesin yang naik dengan cepat dapat berarti adanya kondisi yang tidak beres.
Periksa sendiri kondisi undercarriage mesin secara berkala. Jika ada bekas oli, cair, maka ada baiknya pergi ke servis mobil. Cari kebocoran oli, cairan, karat, atau kerusakan lain pada as roda.
Cuci mobil Anda dan poles secara teratur.Â
Kotoran yang mengendap di mobil merupakan faktor serius dalam penuaan dini dan kerusakan body dan rangka mobil, hingga korosi yang bisa sangat berbahaya.
Patut diperhatikan bahwa pengecatan mobil secara asal asalkan juga seringkali berkualitas buruk. Dan saat mencuci dengan semburan air yang kuat, cat bisa hilang. Setelah mencuci, keringkan mobil - sebaiknya tidak di bawah sinar matahari, karena tetesan air menciptakan efek lensa dan cat dapat terbakar.
Senyawa pemoles juga perlu diterapkan sebulan sekali Ini akan melindungi mobil Anda dari pengaruh agresif kelembaban, oli, asam, dan faktor negatif lainnya.
Kelembaban dan kotoran merupakan musuh utama dari komponen pengapian penting ini. Retakan pada isolasi distributor penyalaan hampir tidak terlihat, hanya ditandai dengan lapisan kotoran.
Terakhir, pastikan untuk melakukan perawatan anti korosi. Yang disebut "anticorrosive" disemprotkan ke badan mobil dari bawah. Ini akan memungkinkan untuk menghindari korosi perforasi pada mobil, terutama di musim hujan seperti saat ini.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H