Aristoteles 384 SM-322 SM
Ide Aristoteles adalah pendekatan rasional yang senantiasa melandasi karyanya. Hal ini tercermin dalam tulisan Aristoteles yakni setiap segi kehidupan manusia atau masyarakat selalu terbuka untuk obyek pemikiran dan analisa.
Menurutnya, alam semesta tidaklah dikendalikan oleh serba kebetulan, oleh magi, oleh keinginan tak terjajaki kehendak dewa yang terduga melainkan tingkah laku alam semesta itu tunduk pada hukum-hukum rasional.
Aristoteles merupakan filsuf orisinal, Aristoteles penyumbang utama dalam tiap bidang penting filsafat spekulatif, Aristoteles menulis tentang etika dan metafisika, psikologi, ekonomi, teologi, politik, retorika, keindahan, pendidikan, puisi, adat-istiadat orang terbelakang dan konstitusi Athena.
Beberapa ide Aristoteles kelihatan reaksioner apabila diukur dengan kacamata sekarang. Misalnya, Aristoteles mendukung perbudakan karena dianggapnya sejalan dengan garis hukum alam dan dia percaya kerendahan martabat wanita ketimbang laki-laki. Negara yang ideal menurutnya yaitu berbentuk polis atau city state bersifat demokrasi.Â
Thomas Aquinas 1225-1274
Thomas Aquinas masyhur karena tulisan-tulisan teologinya, khusus tulisan Summa Theologia-nya yang mempunyai bobot kuasa terbesar dalam doktrin teologi Katolik yang pernah ada. Sebagian tulisan-tulisan Aquinas berisikan masalah abstrak dan metafisika yang awam tidak melihat makna praktisnya.
Thomas Aquinas mempermasalahkan soal-soal etika. Pola pikir filosofis Thomas Aquinas tampak dalam dua hal, yaitu metode skolastik dan analisa falsafatinya. Unsur-unsur tersebut adalah Lectio (kuliah) dan disputatio (debat dialektis) yakni metode yang meliputi debat dialektis tentang masalah-masalah yang ditemukan dalam teks.
Pandangan Aquinas mengandung dua implikasi. Pertama, Aquinas menganggap penting filsafat Aristoteles karena filsafat Aristoteles digunakan sebagai alat untuk membuat sistematisasi, definisi, dan merumuskan argumen-argumen mengenai ajaran-ajaran iman tertentu secara logis. Kedua, teologi adalah suatu bingkai dasar untuk memahami pemikiran filosofis dari Aquinas. Bentuk negara yang ideal menurutnya yaitu berbentuk monarki hierarki.
Martin Luther 1483-1546
Luther terkaget menyaksikan pemborosan dan kemewahan duniawi para pemuka gereja Katolik. Hal yang paling mendorongnya melancarkan protes, ketika gereja mengesahkan surat pengampunan dosa yakni ketika manusia mendapatkan pengampunan dosa apabila manusia tersebut membeli surat indulgensia.
Luther mengingkari kekuasaan Paus, Dewan Gereja. Martin Luther menegaskan dia cuma tunduk pada tuntunan Injil dan dengan alasan pikiran sehat. Oleh sebab itu ia menterjemahkan Injil kedalam bahasa Jerman.
Luther yakin, manusia menurut kodratnya menjadi suram karena dosa-dosanya dan semata-mata lewat perbuatan dan kerja lebih baik saja yang dapat menyelamatkannya dari kutukan abadi.
Keselamatan hanya datang lewat kepercayaan dan dengan berkat pengampunan Tuhan. Luther acap kali menekankan perlunya kepatuhan kepada kekuasaan pemerintahan sipil yang sah.
Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa pokok pemikiran Aristoteles mengandung kebenaran rasional yang sejati dan Negara yang ideal menurutnya yaitu berbentuk polis atau city state  bersifat demokrasi dan Inti pemikiran Aquines yaitu semua kebenaran adalah masuk akal, karena berasal dari Tuhan sebagai Being yang rasional dan bentuk negara yang ideal menurutnya yaitu berbentuk monarki hierarki serta Luther yaitu pembaharuan
Benang merah dari ketiga tokoh ini yaitu pembaharuan pola fikir manusia terhadap kebenaran yang masuk akal atau rasional selain itu mereka mendukung kebijakan-kebijakan penguasa atau raja serta negara yang ideal menurut mereka yaitu berbentuk city state yang bersifat demokrasi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H