Mohon tunggu...
Jauhari Aziz
Jauhari Aziz Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Perubahan Instagram Sangat Berani dan Out of The Box

30 Mei 2016   15:22 Diperbarui: 30 Mei 2016   17:41 184
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Oleh : Jauhari Aziz 

Mahasiswa Desain Komunikasi Visual Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Akhir akhir ini netizen tengah dicuri perhatiannya dengan perubahan aplikasi Instagram, yaitu penggantian logo dan perubahan interface menjadi desain yang lebih modern menggantikan desain yang lama. Sebelum membahas lebih lanjut perubahan tersebut, lebih baik kita bahas terlebih dahulu tentang Instagram,asal mula dan beberapa logo pendahulunya agar kita tahu perubahan apa yang dilakukan oleh pihak Instagram.

 Instagram adalah sebuah software atau aplikasi yang berguna untuk mengambil foto,menambah filter digital untuk foto,mengunggah video dan membagikannya ke berbagai media sosial termasuk instagram itu sendiri. Instagram diciptakan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger pada tahun 2010 dalam perusahaan Burbn,Inc. Nama ‘’Instagram’’ mewakili  fungsi dari aplikasi ini. Kata ‘’insta’’ yang berarti instan terinspirasi dari kamera polaroid yang pada masa nya dikenal dengan sebutan ‘’foto instan’’. Sedangkan kata ‘’gram’’ berasal dari kata ‘’telegram’’, seperti yang kita tahu fungsi telegram adalah untuk mengirimkan informasi kepada pengguna lain dengan cepat. Sama seperti instagram yang mampu mengunggah dan membagi informasi seperti foto dan video secara cepat melalui jaringan internet. Oleh karena itulah Instagram merupakan gabungan dari dua kata instan-telegram..

Tampilan antar muka atau interface pada Instagram versi pertama masih sangat sederhana. Dengan desain grid yang sangat jelas dan penggunaan shadow pada setiap grid nya. Didominasi dengan warna biru dan abu abu yang menjadi ciri awal aplikasi ini. Pada bagian bawah terdapat lima ikon yaitu ikon ‘’home’’, ikon ‘’star’’ untuk explore foto atau video yang sedang populer,ikon ‘’instagram’’ untuk mengunggah foto atau video,ikon ‘’balon & love’’ untuk notifikasi komentar dan like yang masih berwarna oranye,dan ikon ‘’profil’’ untuk menuju halaman profil akun kita. Pada bagian atas halaman profil terdapat info jumlah foto yang telah kita upload,orang yang me-follow kita dan orang yang kita follow. Serta pada header terdapat ikon pengaturan,ikon back,dan ikon pemilihan tampilan foto.

(sumber : cultofmac.com)
(sumber : cultofmac.com)
Pada awalnya, Instagram menggunakan logo berbentuk mirip dengan kamera polaroid yang didesain oleh Systrom sendiri. Saat itu, Instagram sudah ada di App Store selama beberapa hari dan Apple ingin menampilkannya di Home Page. Tetapi bentuk logo tersebut bisa melanggar hak cipta karena sangat mirip dengan kamera Polaroid OneStep, sehingga Systrom meminta Cole Rise untuk membuat logo yang baru dan unik.

(sumber : techsider.io)
(sumber : techsider.io)
Tetapi, karena pihak Apple memberikan deadline untuk segera membuat logo baru dan mengancam Instagram tidak jadi ditampilkan di Home Page bila tidak segera membuat logo baru, Cole Rise langsung bekerja keras untuk membuatnya. Akhirnya setelah mendesain selama 45 menit, Cole sudah bisa mengubah logo Instagram menjadi lebih unik dan keren. Logonya masih bisa mempertahankan karakter dari logo sebelumnya. Dengan bentuk kamera dengan warna coklat tua dibagian atas dan coklat muda di bagian bawahnya,warna pelangi dibagian kiri atas dengan tulisan Insta dibawahnya, serta dua lensa kecil di bagian kanan atas dan lensa besar dibagian tengah. Instagram pun ditampilkan di Home Page App Store dan menjadi semakin populer. Logo buatan Cole kemudian digunakkan untuk Instagram versi 1.0 hingga versi 7 lalu.

(sumber : mypix2.com)
(sumber : mypix2.com)
Perubahan ini tidak hanya pada logo saja melainkan tampilan lainnya. Tampilan interface pada instagram versi baru ini tidak banyak mengalami perubahan. Desain layout nya masih sama, perubahan sedikit terlihat pada ikon ‘’star’’ atau ikon ‘’explore’’,lalu ikon ‘’instagram’’ dan ikon ‘’profil’’,diganti dengan ikon yang lebih simple. Tetapi warna tidak lagi menggunakan shading atau gradasi pada grid grid nya. Desain nya terlihat lebih modern karena menggunakan flat style. Filter digital juga ditambah dan lebih bervariasi

(sumber : talkandroid.com)
(sumber : talkandroid.com)
Hingga akhirnya pada mei 2016 Instagram mengumumkan sebuah perubahan,yaitu mengganti logo yang sangat berbeda dengan yang sebelumnya. Instagram mengubah logonya menjadi desain baru yang flat dan terkesan modern, dengan outline putih dan background berupa gradasi yang berisi warna ungu, pink, dan jingga.

(sumber : inet.detik.com)
(sumber : inet.detik.com)
Logo tersebut dibuat karena Instagram ingin tampil lebih modern dan sesuai dengan jaman yang mayoritas pengguna smartphone mengambil gambar dengan mudah. Oleh karena itu logo Instagram dibuat lebih sederhana. Beberapa elemen yang berubah adalah jendela bidik pada bagian pojok kanan atas, yang pada logo terbaru hanya berbentuk titik kecil berwarna putih. Walaupun hanya berbentuk sebuah titik, para pengguna pasti sudah tahu kalau itu adalah jendela bidik kamera.

Elemen titik putih dan sebuah lingkaran ditengah logo lebih mewakili kamera dan sensor cahaya pada smartphone jaman modern ketimbang lensa dan jendela bidik kamera Polaroid yang terkesan ketinggalan jaman. Maka dari itu,logo baru Instagram memberikan isyarat proses peralihan fotografi lawas ke era modern saat ini.

(sumber : today.com)
(sumber : today.com)
Berbeda dengan proses pembuatan logo Instagram versi lama yang hanya memakan waktu 45 menit oleh Cole Rise, proses pembuatan logo baru yang terlihat sederhana tersebut cukup lama yaitu 9 bulan. Logo ini merupakan sebuah identitas Instagram,jadi harus bisa melambangkan Instagram secara keseluruhan. Langkah awal yang dilakukan dalam menciptakan logo ini adalah dengan menemukan terlebih dahulu identitas visual yang mewakili Instagram itu sendiri. Caranya dengan menyuruh beberapa pegawai Instagram untuk menggambar logo instagram versi lama hanya dengan ingatan. Dan hasilnya adalah bentuk persegi bersudut tumpul dengan lingkaran kamera ditengah dan lingkaran kecil di pojok kanan atas. Itulah identitas visual yang menjadi basis untuk membuat logo baru Instagram.

(sumber : https://www.youtube.com/watch?v=uxMmz8L55H4)
(sumber : https://www.youtube.com/watch?v=uxMmz8L55H4)
Lalu mengapa background logonya diisi dengan gradasi warna? Pada logo sebelumnya kita bisa melihat sebuah elemen pelangi yang berada di pojok kiri atas, dan gradasi warna ini mewakili elemen pelangi tersebut. Hal ini juga membuat pengguna lebih mudah untuk menemukan Instagram diantara ikon ikon aplikasi lain di menu smartphone. Karena logo akan mudah terlewat kalau hanya menggunakan dua warna saja.

(sumber : doyougeek.com)
(sumber : doyougeek.com)
Hal yang harus dipertimbangkan lagi adalah soal skala logo. Logo harus tetap bisa dikenali walaupun diubah skalanya. Hal ini sangat penting karena ikon instagram biasa digunakan di hampir semua website dan berbagai situs media sosial. Ada lebih dari 300 alternatif logo yang dibuat oleh tim desain Instagram hingga akhirnya tercipta logo baru Instagram.

(sumber : www.underconsideration.com)
(sumber : www.underconsideration.com)
Dalam aplikasinya sendiri, desain memiliki beberapa perubahan. Pada instagram yang baru, tampilan nya lebih sederhana dan didominasi dengan warna putih sehingga terkesan lebih leluasa. Pada notifikasi, warna pink dipilih untuk menggantikan warna oranye yang digunakan pada versi sebelum nya sehingga warna pink terlihat sangat mencolok.

Perubahan dan pembaruan memang diperlukan agar bisa beradaptasi dengan era modern yang berubah dengan cepat. Terlepas dari kritik negatif dan cibiran, perubahan dan pembaruan pasti akan selalu dilakukan oleh perusahaan manapun agar menjadi lebih baik lagi. 

Catatan Kaki

1.http://blog.instagram.com/post/144198429587/160511-a-new-look(diakses pada 28 Mei 2016 pukul 19:30 WIB)

2.https://www.instagram.com/ (diaksespada 28 Mei 2016 pukul 18:27 WIB)

 

 

Webtografi

1.http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/05/cerita-di-balik-logo-baru-instagram(diakses pada 29 Mei 2016 pukul 13:15 WIB)

2.http://gopego.com/news/a/2016/05/perkenalkan-ini-logo-baru-instagram(diakses pada 29 Mei 2016 pukul 14:25 WIB)

3.http://ics-expo.com/detailnews/wajah-baru-instagram(diakses pada 29 Mei pukul 14:40 WIB)

4.http://thenextweb.com/apps/2016/05/11/instagram-just-got-new-logo/(diakses pada 28 Mei 2016 pukul 19:13 WIB )

5.https://en.wikipedia.org/wiki/Instagram(diakses pada 28 Mei 2016 pukul 20:13 WIB )

6.http://www.theverge.com/2016/4/26/11512718/instagram-redesign-black-white(diakses pada 28 Mei pukul 21:20 WIB)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun