sekolah tanpa guru BK sebagai berikut :
Tahapan bimbingan konseling di1. Tahap Observasi dan Identifikasi oleh Guru Kelas
Tujuan: Mengamati perilaku siswa dan mengidentifikasi masalah awal.
Langkah: Guru kelas mencatat perilaku siswa yang tidak biasa, kesulitan belajar, atau masalah dengan teman.
Catatan: Setiap catatan dibuat sederhana dan jelas agar mudah dipahami oleh semua pihak.
2. Pendekatan Awal oleh Guru Kelas
Tujuan: Membangun hubungan baik dan mendengarkan masalah siswa secara langsung.
Langkah: Guru mengajak siswa berbicara secara pribadi dengan pendekatan ramah. Guru mendengarkan dengan penuh perhatian tanpa menghakimi dan menunjukkan empati.
Tindakan Lanjut:Â Jika masalah dapat diselesaikan pada tahap ini, guru dapat memberikan solusi sederhana. Misalnya, memberi arahan belajar, menjembatani konflik teman, atau menenangkan siswa yang cemas.
3. Konsultasi dengan Wali Kelas
Tujuan: Memastikan masalah yang lebih rumit dapat ditangani dengan koordinasi yang baik.