Mohon tunggu...
Jannara Dewaji
Jannara Dewaji Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

J

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Superman Dalam Hidup

5 Juni 2022   09:15 Diperbarui: 5 Juni 2022   09:19 212
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Setelah cerita tentang Supergirl sekarang izinkan saya untuk ceritakan tentang Superman dalam hidup saya tak lain adalah Ayah saya. 

Ayah saya bernama Sadikun dia lahir di Pacitan pada tanggal 13 Maret 1971 yang sekarang sudah menginjak usia 51 tetapi masih sehat bugar seperti umur 30. Ayah saya hanyalah seorang tamatan SMA. Dengan tamatan SMA dia sangat hebat didalam karirnya.

Mari saya ceritakan sedikit kisah tentang Ayah Saya. Dulu ketika awal ke Jakarta ayah saya bekerja sebagai security atau satpam di sebuah tempat yang sudah sangat terkenal sekarang ya SCBD atau Sudirman Central Business District. Sedikit flashback ke beberapa hari sebelum tanggal sekarang, ketika ayah saya sedang mengantarkan saya ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo untuk cek rutin terkait penyakit saya kita melewati Jl. Jendral Sudirman Jakarta Pusat.

Ayah saya bercerita bahwa dulu ketika dia bekerja menjadi satpam di SCBD dia dulu dipercayakan oleh atasannya untuk membuka lahan SCBD dan dari hasil membantu membuka lahan tersebut Ayah saya mendapatkan bonus untuk membeli sebuah rumah yang saya dan keluarga saya tempati saat ini.

Ayah saya walaupun hanya lulusan SMA tetapi dia bisa mengerjakan semua hal yang luar biasa, mulai dari perlistrikan, permesinan, membangun rumah, membuat desain sebuah bangunan, bahkan sampai ke akuntansi yah walaupun masih gaptek dengan teknologi tetapi ayah saya masih mau belajar dengan teknologi. Ayah saya pernah bercerita bahwa ia pernah bekerja dari satpam, kuli bangunan, kontraktor, dan sekarang bekerja di sebuah perusahaan konstruksi milik BUMN di bidang keuangannya.

Kalau di urutkan semua pekerjaan yang dilakukan ayah saya itu tidak ada relevansinya sama sekali. Dia selalu berkata kepada anaknya "Nggak ada kata gak bisa, semuanya pasti bisa". Dan dia selalu menginginkan anak-anaknya jauh melampaui dia.

Hal yang membuat saya semakin kagum lagi ialah dia selalu berusaha dan tak pantang menyerah dengan masalah yang ia hadapi. Pada saat parah -- parahnya pandemi kemarin, perusahaan ayah saya memPHK sejumlah karyawannya, alhamdulillahnya ayah saya tidak di PHK tetapi ayah saya harus dipotong gajinya sekitar 50% agar perusahaan bisa membayar pesangon kepada karyawan yang di PHK.

Dan pada saat pandemi kemarin ayah saya sempat berpikiran untuk menjadi driver taksi demi bisa menutupi segala kebutuhan keluarga. Dan pada saat menghadapi berbagai masalah yang ada ayah saya selalu menutupi segala masalahnya ketika di depan keluarganya.

Sedikit cerita lagi, pada saat terjadi masalah yang cukup serius kepada saya ayah saya tidak segan -- segan untuk izin dari pekerjaannya hanya untuk menemani saya menghadapi masalah tersebut. Yang mana pekerjaan saya tau pekerjaan ayah saya juga sangat penting bagi perusahaanya.

Jika ditanya bagaimana sifat ayah ku, bisa dibilang dia sangatlah tegas dalam segala hal. Sebagai contoh, ketika makan kami dilarang untuk makan sambil memainkan handphone karena kata dia "segala sesuatu itu harus fokus".

Dan hal yang membuat saya kagum lagi ialah, dia selalu memberikan pandangan dari pengalamannya ketika anak -- anaknya sedang bimbang akan sesuatu, sebagai contoh ketika awal masuk kuliah saya sempat bimbang dengan universitas mana dan jurusan apa yang akan saya tempuh. Tetapi dia memberikan gambaran tentang bagaimana saya akan bekerja jika masuk jurusan itu, dimana saya akan bekerja, sampai tempat bekerjanya ia beri tau semua.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun