Mohon tunggu...
Jane Nj
Jane Nj Mohon Tunggu... Cleaning Service -

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Di Balik Sapu dan Dustpan (Arti sukses)

2 April 2019   12:30 Diperbarui: 2 April 2019   12:44 57
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Istilah PPPPPPPPP itu seperti menjadi tersemat buat kami para pekerja cleaning service. Pergi Pagi-Pagi, Pulang Petang-Petang, Penghasilan Pas-Pasan. Miris! Orang selalu menganggap pekerjaan gue ini gak akan bisa membahagiakan anak mereka nantinya. Itu yang dirasakan ketika Babeh Imron selalu bertanya apa pekerjaan gue sebenarnya.

 "Gini ye Zai, babeh mau cari mantu yang bisa bahagia in anak babeh yang cuma semata wayang ini," kata-kata itu seperti batu besar yang menghantam kepala gue. Eitss diralat deh jangan kepala, takut bocor. Ganti menghantam punggung aja, gak cocok ya...ywdh ganti lagi deh, menghantam kepala pembaca.

 "Lu kan tau Zai, zaman sekarang kalau kaga ada duit bisa amsyonggg lu punya rumah tangga nanti," jelasnya, gue cuma manggut-manggut aja sok paham padahal mah gondok udah segede kepalan tangan dalam hati.

 "Lu punya kerjaan udah kaeyawan tetap belum? Walaupun It yang katenye gajinya gede tetep aje percume kalau lu kontrak. Babeh kaga mau nih nti anak babeh terlantar kalau lu nganggur," 

 "I i ya Beh. Aye paham, insyaallah bulan depan aye diangkatbjadi karyawan tetap," sahut gue berbohong, cuma untuk ngeliat senyum babeh melebar.

 " Nah gitu dong," dia menepuk pundak gue, kenceng banget sampe berasa nih tulang remuk. "Nanti kalau lu udah karyawan tetap, baru ye babeh ijinin ngelamar Zaenab," 

 "Beneran nih Beh," mata gue berbinar karena senangnya. Babeh Imron ketawa sambil manggut-manggut. 

 "Banjir tuh!!!" tegur Bu Dara mengagetkan lamunan gue, menyeret dari alam mimpi ke alam nyata.

 "Iya Buu,"  gue langsung mematikan kran air yang masih menyala. Ember berwarna biru dengan ukuran tiga puluh liter itu sudah penuh dan airnya pun banyak yang sudah mengalir ke lantai.

 "Kerja jangan sambil ngelamun, kalau mau ngelamun di rumah aja sana!" sungut Bu Dara kesal. 

 Sekali lagi gue mengiyakan. Pokoknya kalau di depan Bu Dara sih jawab iya saja, jangan yang lain karena dia tidak suka dengan bantahan. Awalnya sih gue sebel banget sama tuh cewek, tapi lama kelamaan gue paham maksud dari kejudesannya dia. Bu Dara cuma ingin kita (pekerja) bisa disiplin terhadap waktu dan pekerjaan. Kalau buat orang yang baperan sih pasti dia dianggap kejam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun