Mohon tunggu...
Jandris Slamat Tambatua
Jandris Slamat Tambatua Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pascasarjana MSDM, Pemerhati Lingkungan, Competency Assessor

"Manusia Kerdil Yang Berusaha Mengapai Bintang"

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Kita Bukan Sekedar Guru? Tapi Juga...

27 Agustus 2023   05:00 Diperbarui: 27 Agustus 2023   10:38 574
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Setiap guru menjalankan tugasnya dalam membimbing perkembangan siswa. (Dok. Pribadi)

Profesi guru seringkali dianggap sebagai panggilan mulia yang membentuk generasi mendatang. Namun, di balik panggilan tersebut terdapat kompleksitas yang seringkali tidak terlihat oleh mata awam. Menjadi seorang guru bukanlah sekadar satu profesi yang tunggal, tetapi merupakan kumpulan dari 100.000 profesi kecil yang saling terhubung.

Setiap guru membawa peran uniknya sendiri dalam menjalankan tugas-tugasnya, membentuk visi pendidikan, dan membimbing perkembangan siswa. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi konsep bahwa menjadi guru sejatinya adalah lebih dari sekadar pekerjaan, melainkan merupakan sebuah jaringan kompleks dari peran dan tanggung jawab yang bersatu demi tujuan bersama: memberikan pendidikan berkualitas bagi generasi masa depan.

Di balik seragam yang rapi dan suasana kelas yang cair, peran seorang guru melampaui ruang lingkup pengajaran. Kita bukan hanya sekedar guru, tapi juga pendamping, analis, pengatur, penyelenggara, dan bahkan prediktor. Dalam perjalanan pendidikan ini, kita menjadi jauh lebih dari apa yang mata nampak.

Guru bukan bertugas sebagai pengawas kelas (Dok. Pribadi)
Guru bukan bertugas sebagai pengawas kelas (Dok. Pribadi)

1. Pengawas Kelas yang Menjamin Keamanan dan Keteraturan

Kelas bukan hanya tempat penyerapan materi pelajaran, tetapi juga ruang di mana siswa tumbuh dan berinteraksi. Kita bukan sekadar guru, tetapi juga pengawas yang menjaga agar kelas tetap aman dan terkendali. 

Melalui pemahaman yang mendalam tentang siswa, kita mampu menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran yang produktif dan interaksi yang positif.

Peran sebagai analis kesehatan untuk mengenali tanda-tanda penyakit (Dok. Pribadi)
Peran sebagai analis kesehatan untuk mengenali tanda-tanda penyakit (Dok. Pribadi)

2. Analis Penyakit di Unit Kesehatan Sekolah (UKS)

Di samping tanggung jawab pengajaran, kita juga menjadi detektif kesehatan. Melalui observasi yang cermat, kita dapat mengenali tanda-tanda penyakit atau masalah kesehatan pada siswa. Peran kita sebagai analis di UKS membantu memastikan kesejahteraan siswa secara menyeluruh.

Guru bisa sebagai perencana wisata edukasi (Dok. Pribadi)
Guru bisa sebagai perencana wisata edukasi (Dok. Pribadi)

3. Perencana Studi Wisata yang Menginspirasi

Mengatur studi wisata bukan sekadar agenda liburan, tetapi juga kesempatan untuk memperluas wawasan siswa. Sebagai perencana, kita menciptakan pengalaman yang mendalam dan berkesan, memilih destinasi yang edukatif, dan memastikan setiap aspek perjalanan berjalan lancar.

Guru seorang dokumentator yang merekam momen-momen berharga (Dok. Pribadi)
Guru seorang dokumentator yang merekam momen-momen berharga (Dok. Pribadi)
4. Pengarsip Kegiatan Siswa untuk Masa Depan yang Berarti

Kita juga menjadi seorang dokumentator yang merekam momen-momen berharga dalam perjalanan siswa. Melalui foto, video, atau catatan, kita menjaga kenangan dan pencapaian mereka selama masa sekolah. Ini bukan hanya membangkitkan kebanggaan siswa, tetapi juga menjadi bukti tanggung jawab kita sebagai pendamping mereka.

Guru bisa membuat suasana hati tetap ceria (Dok. Pribadi)
Guru bisa membuat suasana hati tetap ceria (Dok. Pribadi)

5. Pencipta Mood Positif dalam Kelas

Atmosfer kelas yang positif adalah kunci untuk pembelajaran yang efektif. Kita adalah pemimpin yang memastikan suasana hati tetap ceria dan semangat belajar tetap tinggi. Dengan kreativitas dan empati, kita menciptakan mood yang mendukung dalam menghadapi tantangan akademis.

Guru bisa membantu siswa dalam pemecahan masalah (Dok. Pribadi)
Guru bisa membantu siswa dalam pemecahan masalah (Dok. Pribadi)

6. Analis Drama Kelas dan Penyelesai Konflik

Kelas bukan hanya tempat pembelajaran, tetapi juga panggung interaksi sosial. Kita adalah pemecah masalah yang mendalami konflik dan drama yang mungkin muncul di antara siswa. Dengan kebijaksanaan, kita membantu meredakan ketegangan dan memfasilitasi solusi yang saling menguntungkan.

Seorang Guru pakar menebak siswa tidak mengerjakan PR (Dok. Pribadi)
Seorang Guru pakar menebak siswa tidak mengerjakan PR (Dok. Pribadi)

7. "Pakar" dalam Mengetahui Alasan Siswa Tidak Mengerjakan PR

Kita adalah pembaca pikiran yang hampir dapat menebak alasan mengapa siswa mungkin tidak mengerjakan PR. Baik itu karena tantangan pribadi, kesulitan dalam materi, atau alasan lain, kita adalah pendengar yang dapat memberikan dukungan dan bimbingan sesuai dengan kebutuhan individu mereka.

Menjadi Guru bukanlah satu profesi (Dok. Pribadi
Menjadi Guru bukanlah satu profesi (Dok. Pribadi

Dalam peran kita yang melampaui pengajaran, kita membangun ikatan yang mendalam dengan siswa. Kita adalah pembimbing, teman, dan model peran yang memiliki dampak jauh lebih besar daripada sekadar transfer pengetahuan. Dengan penuh dedikasi, kita membantu membentuk masa depan yang cerah dan kuat bagi generasi yang akan datang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun