Mohon tunggu...
Jandris Slamat Tambatua
Jandris Slamat Tambatua Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pascasarjana MSDM, Pemerhati Lingkungan, Competency Assessor

"Manusia Kerdil Yang Berusaha Mengapai Bintang"

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

30 Cara Menemukan Peluang Bisnis Baru

21 Mei 2023   00:19 Diperbarui: 21 Mei 2023   00:28 306
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Untuk menemukan peluang bisnis, diperlukan berbagai cara yang dapat dilakukan untuk meraih peluang dalam bisnis. 

Berikut ini kami rangkum 30 cara dalam menemukan  peluang bisnis:

1. Riset pasar: Melakukan riset pasar dapat membantu pengusaha dalam mengidentifikasi celah di pasar, menentukan kebutuhan dan preferensi pelanggan serta mengidentifikasi peluang potensial.

2. Relasi: Relasi dapat membantu pengusaha dalam membangun hubungan dengan profesional lain di industri, mengidentifikasi kolaborator atau mitra potensial dan tetap mengikuti tren dan perkembangan industri.

3. Mengamati tren: Mengawasi tren di industri, serta tren sosial dan ekonomi yang lebih luas, dapat membantu pengusaha dalam mengidentifikasi peluang baru serta tetap terdepan dalam persaingan.

4. Brainstorming: Sesi brainstorming dapat membantu pengusaha untuk menghasilkan ide-ide baru dan mengidentifikasi peluang bisnis baru.

5. Analisis SWOT: Melakukan analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman) dapat membantu pengusaha dalam bisnis untuk mengidentifikasi peluang potensial dan mengembangkan strategi.

6. Analisis kompetitif: Menganalisis persaingan dapat membantu pengusaha dalam mengidentifikasi celah di pasar dan peluang bisnis baru.

7. Umpan balik pelanggan: Mengumpulkan umpan balik dari pelanggan dapat membantu peluang bisnis dalam mengidentifikasi area untuk peningkatan dan kwalitas produk serta layanan baru.

8. Seminar dan acara industri: Menghadiri seminar dan acara di industri dapat membantu pengusaha agar tetap mengikuti tren dan perkembangan serta mengidentifikasi peluang bisnis.

9. Pemantauan media sosial: Pemantauan media sosial dapat membantu pengusaha untuk mengetahui preferensi pelanggan dan mengidentifikasi peluang bisnis.

10. Bermitra dengan bisnis lain: Bermitra dengan bisnis lain dapat membantu pengusaha untuk memperluas jangkauan dan mengidentifikasi potensi peluang bisnis baru.

11. Menawarkan produk: Menawarkan produk dapat membantu pengusaha dalam memasuki pasar baru dan mengidentifikasi peluang bisnis yang ada.

12. Membuat program rujukan pelanggan: Membuat program rujukan pelanggan dapat membantu pengusaha untuk memperluas basis pelanggan dan mengidentifikasi potensi peluang bisnis baru.

13. Crowdsourcing: Crowdsourcing dapat membantu pengusaha untuk menghasilkan ide-ide baru dan mengidentifikasi potensi peluang baru.

14. Menawarkan diskon atau promosi: Menawarkan diskon atau promosi dapat membantu pengusaha untuk menarik pelanggan baru dan mengidentifikasi potensi peluang bisnis baru.

15. Berkolaborasi dengan universitas atau lembaga penelitian: Berkolaborasi dengan universitas atau lembaga penelitian dapat membantu pengusaha dalam mengakses teknologi baru dan mengidentifikasi potensi peluang bisnis baru.

16. Menawarkan produk atau layanan yang dipersonalisasi atau disesuaikan: Menawarkan produk atau layanan yang dipersonalisasi atau disesuaikan dapat membantu pengusaha membedakan diri dari persaingan dan mengidentifikasi potensi peluang bisnis baru.

17. Memperluas ke pasar geografis baru: Memperluas ke pasar geografis baru dapat membantu pengusaha dalam memanfaatkan basis pelanggan baru dan mengidentifikasi potensi peluang bisnis baru.

18. Menawarkan layanan berlangganan: Menawarkan layanan berlangganan dapat membantu pengusaha untuk menghasilkan pendapatan berulang dan mengidentifikasi potensi peluang bisnis baru.

19. Mengembangkan aplikasi seluler: Mengembangkan aplikasi seluler dapat membantu pengusaha dalam menjangkau audiens yang lebih luas dan mengidentifikasi potensi peluang bisnis baru.

20. Menawarkan program loyalitas: Menawarkan program loyalitas dapat membantu pengusaha dalam mempertahankan pelanggan dan mengidentifikasi potensi peluang baru.

21. Mengembangkan saluran distribusi baru: Mengembangkan saluran distribusi baru dapat membantu pengusaha untuk menjangkau pelanggan dan mengidentifikasi potensi peluang bisnis baru.

22. Menawarkan model freemium: Menawarkan model freemium dapat membantu pengusaha untuk menarik pelanggan baru dan mengidentifikasi potensi peluang bisnis baru.

23. Menawarkan produk atau layanan khusus: Menawarkan produk atau layanan khusus dapat membantu pengusaha untuk membedakan diri dari persaingan dan mengidentifikasi potensi peluang bisnis baru.

24. Mendapatkan pesaing: Mengakuisisi pesaing dapat membantu pengusaha dalam memperluas pangsa pasar dan mengidentifikasi potensi peluang bisnis baru.

25. Mengembangkan kemitraan strategis: Mengembangkan kemitraan strategis dapat membantu pengusaha dalam mengakses pasar baru dan mengidentifikasi peluang bisnis baru yang potensial.

26. Menawarkan produk atau layanan label putih: Menawarkan produk atau layanan label putih dapat membantu pengusaha dalam memperluas basis pelanggan mereka dan mengidentifikasi potensi peluang bisnis baru.

27. Mengembangkan model waralaba: Mengembangkan model waralaba dapat membantu pengusaha dalam memperluas jangkauan dan mengidentifikasi potensi peluang bisnis baru.

28. Menawarkan produk atau layanan dengan dampak sosial/ lingkungan: Menawarkan produk atau layanan dengan dampak sosial/ lingkungan dapat membantu pengusaha untuk membedakan dirinya dari persaingan dan mengidentifikasi potensi peluang bisnis baru.

29. Menawarkan Kursus online atau program pelatihan: Menawarkan kursus online atau program pelatihan dapat membantu pengusaha untuk menghasilkan pendapatan dan mengidentifikasi potensi peluang bisnis baru.

30. Mengembangkan model bisnis baru: Mengembangkan model bisnis baru dapat membantu pengusaha untuk membedakan diri dari persaingan dan mengidentifikasi potensi peluang bisnis baru.

Seorang pengusaha harus mampu melihat dan memanfaatkan peluang-peluang yang ada, serta berpikir kreatif agar usaha yang dirintisnya dapat bersaing di pasar.

Tekanan juga dapat menjadi pendorong untuk melihat peluang, karena ketika seseorang mendapatkan tekanan untuk bisa hidup dan menghidupi keluarganya, biasanya dia akan banyak berpikir untuk mendapatkan solusinya. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun