Mohon tunggu...
Jamiludin
Jamiludin Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SIBER SYEKH NURJATI CIREBON

Makan, membaca merupakan hobi saya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang guru ketika membuka Kegiatan Pembelajaran

1 November 2024   15:40 Diperbarui: 1 November 2024   15:54 39
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Seorang guru perlu menguasai beberapa keterampilan penting saat membuka kegiatan pembelajaran untuk menciptakan suasana yang kondusif dan efektif bagi siswa. Beberapa keterampilan tersebut meliputi:

1. Keterampilan Komunikasi yang Jelas dan Menarik

   Guru harus dapat menjelaskan tujuan pembelajaran dengan cara yang sederhana dan mudah dipahami. Suara yang jelas, nada yang antusias, dan bahasa yang menarik sangat penting untuk membangun minat siswa sejak awal.

2. Membangun Keterlibatan dan Motivasi

   Guru perlu memotivasi siswa dengan menyampaikan relevansi topik yang akan dipelajari, misalnya dengan menghubungkannya pada kehidupan nyata siswa atau tren yang sedang berlangsung. Teknik seperti cerita singkat, pertanyaan pemancing, atau kutipan inspiratif bisa digunakan.

3. Keterampilan dalam Manajemen Kelas  

   Seorang guru harus dapat menciptakan suasana kelas yang tertib dan nyaman agar siswa siap menerima materi. Ini termasuk menyiapkan peraturan yang jelas, memastikan tempat duduk sesuai, serta mengatur kelas dengan baik sehingga siswa dapat fokus pada pembelajaran.

4. Pemahaman Terhadap Perbedaan Gaya Belajar Siswa

   Guru perlu peka terhadap keberagaman gaya belajar siswa – visual, auditori, kinestetik, dan sebagainya. Saat membuka pelajaran, ia dapat memberikan aktivitas pembukaan yang sesuai dengan beragam gaya belajar ini agar semua siswa merasa terlibat.

5. Penggunaan Teknik Pemanasan atau Aktivasi Otak

   Aktivitas pemanasan atau ice-breaking yang kreatif dapat membantu siswa lebih rileks dan terfokus. Misalnya, permainan singkat atau diskusi kecil bisa membuat siswa lebih siap dan bersemangat untuk mengikuti pelajaran.

6. Kemampuan Menggunakan Teknologi  

   Di era digital, penggunaan teknologi seperti media interaktif, video pendek, atau presentasi digital dapat membantu membuat pembukaan lebih menarik. Teknologi juga dapat memberikan variasi dalam penyampaian materi awal.

7. Refleksi Diri dan Persiapan Matang 

   Seorang guru perlu refleksi diri atas pembelajaran sebelumnya dan menyiapkan materi pembukaan dengan matang. Persiapan yang baik memberikan kesan positif di awal dan mencerminkan profesionalisme guru.

Dengan menguasai keterampilan-keterampilan ini, guru tidak hanya dapat memotivasi siswa tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan menyenangkan sejak awal.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun