Mohon tunggu...
Jamiati Rosita
Jamiati Rosita Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa PPG Pra Jabatan 2023 Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

Saya adalah mahasiswa yang bercita-cita menjadi pendidik yng profesional dan dapat memberi kemerdekaan bagi peserta didik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Aksi Nyata Filosofi Pendidikan Indonesia Topik 3 "Manusia Indonesia Bagi Saya"

20 Desember 2023   03:45 Diperbarui: 20 Desember 2023   04:40 1571
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Observasi secara kritis tanda dan simbol yang ada di ekosistem sekolah dan proses pembelajaran tentang penghargaan dan penghayatan terhadap kebhinekatunggalikaan

Berdasarkan hasil observasi di tempat PPL bahwa SMPN 29 Surabaya sangat menjung tinggi nilai toleransi saling menghargai satu sama lain, tidak ada yang membeda-bedakan dan mendukung kesetaraan hak antar semua. 

Selain itu peserta didik juga cenderung lebih sadar dengan cara saing memahami satu dengan yang lain. Selama kegiatan observasi saya mengamati bahwa dari latar belakang sosial ekonomi peserta didik SMPN 29 Surabaya sangat beragam. Terdapat peserta didik dengan latar belakang ekonomi menengah keatas dan juga menengah kebawah. 

Walaupun latar belakang sosial ekonomi peserta didik beragam, semua peserta didik memperoleh layanan pendidikan yang berkualitas dan memiliki hak yang sama SMPN 29 Suarabaya merupakan sekolah inklusi dimana terdapat beberapa anak berkebutuhan kusus didalamnya. Meskipun demikian peserta didik dengan kebutuhan khusus tersebut difasilitasi dengan sangat baik kebutuhan belajarnya. 

Mereka ditempatkan di satu ruang khusus yang disebut "ruang pintar". Pada ruang ini peserta didik berkebutuhan khusus dibimbing dengan satu guru profesional sebagai upaya memberikan pendidikan yang berkualitas juga. Dalam proses bersosialisasi peserta didik reluger sangat menghargai dan menghormati peserta didik berkebutuhan khusus dan juga turut serta memberikan motivasi.

Selanjutnya saya mengamati terdapat keragaman agama pada peserta didik, namun sekolah berhasil memfasilitasi setiap keragaman tersebut dengan baik. Peserta didik satu dengan yang lain juga saling menghormati meskipun terdapat perbedaan keyakinan. SMPN 29 Surabaya juga sangat mendukung kesetaraan gender, tidak ada diskriminasi baik anatara peempuan dengan laki-laki. 

Dalam kegiatan disekolah setiap peserta didik diberikan haknya untuk memilih dan menjalankan apa yang diinginkan dari kegiatan pembelajaran, organisai sekolah sampai ekstrakurikuler. Sekolah SMPN 29 Surabaya telah menerapkan nilai-nilai yang terkadung dalam sila-sila Pancasila, sehingga seluruh warga sekolah dapat menyikapi setiap keberagaman (kebhinekatungalikaan) dengan sangat baik, saling toleransi, menghargai dan menghormati setiap keragaman tersebut. Berdasarkan sikap seperti ini maka terciptalah lingkungan belajar yang kondusif, aman, nyaman dan inklusif bagi peserta didik.

Tanda dan simbol yang ada di sekolah dan proses pembelajaran tentang penghargaan dan penghayatan terhadap kebhinekaatunggalikaan dilihat dari foto presiden dan wakil presiden serta foto garuda pencasila pada setiap kelas. Kegiatanekstrakulikuler pramuka yang sangat menjunjung tinggi kebhinekatunggalikaan. Adanya juga kegiatan Pembiasaan yang dilakukan di SMPN 29 Surabaya setiap harinya ikut serta sebagai upaya membangun karakter-karaker peserta didik. Penerapan tata tertib sekolah yang sangat ketat dilakukan, untuk membangun jiwa disiplin peserta didik.

 Penghayatan nilai-nilai Pancasila yang ada di sekolah menguatkan identitas manusia Indonesia

Bentuk penghayatan nilai-nilai Pancasila dapat teramati dengan adanya toleransi yang tinggi di lingkungan sekolah. Pembiasaan-pembiasaan seperti welcome blasing, literasi, sampai sholat dhuha berjamah merupakan contoh pengalaman dan penghayatan nlai-nilai pancasila. Selanjutnya setiap sila-sila pencasila memiliki nilai yang sennatiasa dihayati olehs eluruh warga sekolah. Berikut penghayatan nilai pancasila pada masing-masing sila pancasila

1. Ketuhanan Yang Maha Esa

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun