Penerapan Omnichannel paling ideal jika koperasi konvensional bertransformasi menjadi koperasi berbasis digital.
Berasal dari dua kata: omni dan channel. Omni artinya semua atau universal sedangkan channel adalah saluran. Banyak
koperasi sebetulnya sudah menjalankan omnichannel, yaitu ketika anggota koperasi (sebagai pemilik dan pelanggan) bertransaksi dan berkomunikasi dengan koperasi yang telah menerapkan platform digital omnichannel.
ONLINE -OFFLINE
Berbahagialah saat ini orang yang hidup pada 2 dunia: online dan offline. Transaksi dan perdagangan apa saja bisa dilakukan lebih efisien melalui platform digital. Khusus koperasi yang telah menggunakan platform ada 2 aktivitas dalam koperasi yang bisa dilakukan, yaitu:
(1)Â Flow of money (aliran uang) lazim dalam koperasi simpan pinjam (KSP)
(2) Flow oof goods (aliran barang) pada koperasi sektor ril/non simpan pinjamÂ
Dari sudut pandang koperasi simpan pinjam bisa flow money dulu, baru flow of goods. Ada uang, ada barang.
Banyak koperasi sebetulnya sudah menjalankan omnichannel, yaitu ketika anggota koperasi (peran ganda: sebagai pemilik dan pelanggan) bertransaksi dan berkomunikasi dengan koperasi yang telah menerapkan omnichannel.Â
Namun pengertian omnchannel di sini adalah aplikasi yang dirancang untuk mengintegrasikan semua channel yang dimiliki perusahaan ke dalam satu platform/aplikasi.Â