Jadi anggap saja Anda seorang pengusaha pemula. Anda telah terjun ke bisnis untuk diri sendiri dan mengatur situs web yang sangat penting. Ini etalase digital Anda. Tidak perlu lagi toko batu bata dan mortir. Hari ini, yang Anda butuhkan hanyalah pengunjung virtual yang tertarik untuk membeli apa yang Anda jual.
Tetapi bagaimana cara Anda menarik mereka?
Masalah yang dihadapi kebanyakan orang bukanlah tentang bagaimana mereka dapat membuat situs web atau bahkan memulai sebuah blog ; ini tentang bagaimana mereka benar-benar dapat mengarahkan lalu lintas ke tujuan digital yang mengambang dalam bit dan byte dari dunia maya. Jika Anda bukan seorang detektif digital berpengalaman, Anda kemungkinan besar harus berjuang keras untuk mengeluarkan kata-kata mutiara melalui berbagai bentuk pemasaran online .
Mengapa? Hari ini, kita dihadapkan dengan sejumlah besar disinformasi dan informasi yang salah, dibuat dan dibuat oleh pikiran-pikiran cerdas yang mencari lebih banyak untuk mendapatkan uang dari Anda daripada membantu Anda mendapatkannya. Seri video baru dari internet marketer mengoceh tentang bagaimana Anda dapat mengarahkan lalu lintas "tidak terbatas" ke situs web Anda? Itu juga tidak akan berhasil.
Jadi ke mana Anda berpaling? Apa yang kamu kerjakan? Bagaimana Anda membuat orang memperhatikan Anda di tengah lautan digital yang luar biasa parah? Dalam ruang yang selalu ramai, kebenarannya adalah semakin sulit untuk diperhatikan. Menjadi upaya monumental untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web apa pun hanya karena ada begitu banyak kebisingan.
Untuk mengatasi kebisingan itu, Anda perlu memahami beberapa prinsip dasar. Ini bukan hanya tentang menerapkan rahasia terbaru untuk mengarahkan lalu lintas atau meretas jalan Anda ke bagian atas halaman hasil pencarian Google. Tidak. Ini tentang melembagakan metode coba-dan-benar yang digunakan pemasar online terbesar untuk menciptakan otoritas dan mengarahkan lalu lintas dari waktu ke waktu.
Otoritas? Iya. Jika Anda tidak memiliki otoritas, maka Anda tidak memiliki kepercayaan Google karena kepercayaan melahirkan otoritas dari waktu ke waktu. Jika Google secara inheren tidak mempercayai Anda, lalu ke mana Anda beralih? Sederhananya. Itu tidak terjadi dalam semalam.
Namun, ada beberapa cara Anda dapat mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda dan benar-benar menghasilkan untung selama Anda memahami beberapa dasar di balik bagaimana lalu lintas bekerja. Kita berbicara tentang hal-hal seperti SEO , pemasaran media sosial, pemasaran email dan sebagainya dan sebagainya.
Walaupun lalu lintas itu sendiri sangat bagus untuk dimiliki, itu benar-benar akan sia-sia jika Anda tidak menangkap orang-orang itu sebagai prospek melalui penawaran gratis dan menjatuhkan mereka ke saluran penjualan Anda, yang dapat membantu Anda menjual produk dan layanan Anda secara otomatis.
Ketika Anda memahami beberapa aturan di balik apa yang mendorong konsumen untuk membeli dari Anda, Anda akan lebih baik menyerap beberapa metode untuk mengarahkan lalu lintas ke situs Anda, blog, memeras halaman ke produk info terbaru Anda atau di mana pun.
Pahami Sumber Lalu Lintas Situs Web Anda
Ada dua cara efektif yang dapat mengarahkan lalu lintas ke situs web. Cara pertama gratis. Ini melibatkan hal-hal seperti optimisasi mesin pencari, pengaturan blog , pemasaran media sosial, dan sebagainya. Cara lain berbayar. Semua orang tahu bahwa iklan berbayar dapat mengarahkan lalu lintas ke situs web, tetapi itu juga bisa mahal.
Jika Anda tidak mengerti hal-hal seperti tingkat konversi dan pelacakan klik untuk melihat berapa banyak biaya penjualan Anda, maka Anda pasti akan gagal dengan lalu lintas berbayar. Apa pun cara Anda mengirisnya, ada beberapa cara hebat untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda yang termasuk dalam kedua kategori ini.
Namun, semakin terorganisir, dan semakin baik Anda mempresentasikan penawaran Anda di awal, semakin besar kemungkinan Anda akan berhasil dengan salah satu dari metode atau strategi lalu lintas ini. Jadi, bagaimana Anda melacak semua upaya Anda untuk memastikan bahwa Anda melakukan yang terbaik untuk memahami dari mana pengunjung Anda berasal ketika mereka datang dan membuat lalu lintas ke situs web Anda?
Cara paling mendasar dan langsung adalah menggunakan Google Analytics. Dan saya tidak hanya berbicara tentang menginstal Google Analytics. Saya sedang berbicara tentang menggunakan UTM (kependekan dari Modul Pelacakan Urchin, yang terkait dengan sistem analisis Urchin lama yang diperoleh Google untuk membuat alat pelacaknya) variabel yang ada di Google Analytics untuk memastikan bahwa Anda tahu dari mana mereka berasal.
Faktanya, Google memiliki alat hebat yang dapat Anda gunakan untuk membangun URL Anda jika Anda tidak terlalu paham teknologi. Anda dapat menemukan alat yang ada di sini . Diperlukan dua bidang, yaitu 1) URL itu sendiri, dan 2) sumber kampanye. Sumber kampanye dapat berupa email atau biaya per klik atau sumber lain yang Anda manfaatkan untuk menempatkan iklan dan mengarahkan lalu lintas.
Dengan cara ini, saat Anda mengarahkan lalu lintas, Anda tahu dari mana lalu lintas itu berasal. Jika tidak, Anda akan ditinggalkan dalam kegelapan. Misalnya, jika Anda melakukan pemasaran konten di Quora.com atau Medium.com, Anda dapat menggunakan sumber kampanye hanya sebagai Quora atau Medium dan media kampanye sebagai content_marketing dan istilah sebagai istilah untuk peringkat Anda. Kemudian, Anda akan melihat semua hasilnya secara langsung di Google Analytics dan Anda akan tahu secara spesifik dari mana traffic Anda berasal.
Cara Meningkatkan Lalu Lintas ke Situs Web Anda
Oke, sehingga memberi Anda gambaran tentang area umum dari mana traffic Anda akan datang dan bagaimana Anda harus melacak traffic Anda. Ingat, jika Anda tidak melacak lalu lintas yang datang ke situs web Anda, Anda membuang-buang waktu pemasaran online. Saat Anda mengarahkan lalu lintas ke situs, blog, atau di mana saja, Anda perlu memahami dari mana asalnya sehingga Anda dapat meningkatkan upaya Anda.
Hal penting lainnya tentang pelacakan adalah memanfaatkan piksel konversi sehingga Anda dapat secara efektif menentukan, secara khusus, hingga sen, berapa biaya setiap penjualan. Misalnya, jika Anda menghabiskan Rp.1000.000,- untuk iklan Facebook, yang menghasilkan 200 klik, tanpa mengetahui dengan pasti berapa banyak klik yang menghasilkan penjualan, Anda hanya membuang Rp.1000.000,-.
Katakan saja dari 200 klik, Anda menerima 3 penjualan, yang dilacak dengan piksel konversi Facebook. Ketiga penjualan itu menghasilkan pendapatan Rp.8000.000,-. Jadi investasi Rp.1000.000,- Anda hanya mendorong Rp.8000.000,- dalam penjualan. Sekarang, ini hanyalah contoh umum, tetapi ketika Anda tahu cara melacak iklan atau upaya pemasaran lainnya, maka Anda akan tahu apa yang berhasil dan apa yang tidak.
Gunakan pengetahuan ini untuk memahami tingkat konversi Anda per pengeluaran iklan. Jika Anda menghabiskan Rp.1000.000,- untuk menghasilkan Rp.8000.000,- maka Anda menghasilkan R.80.000,- untuk setiap Rp.10.000,- yang Anda habiskan. Lakukan lebih banyak tes, kemudian skala upaya Anda menggunakan Prinsip Pareto , atau Aturan 80/20, yang menyatakan bahwa 80% dari hasil Anda berasal dari 20% dari upaya Anda. Gunakan pelacakan cermat untuk menemukan upaya yang mengarah ke hasil terbesar. Sesederhana itu.
Metode Lalu Lintas Organik
Strategi mengarahkan lalu lintas berikut ini bersifat organik. Anda tidak perlu membayar satu rupiah-pun untuk lalu lintas yang berada di bawah ini. Tetapi Anda harus mempertaruhkan waktu Anda. Dan karena waktu lebih berharga daripada uang, karena hanya dapat digunakan sekali maka hilang selamanya, masih ada biaya yang signifikan tergantung pada tingkat keahlian Anda.
# 1 - Menerapkan Pengoptimalan Mesin Pencari yang Baik (SEO)
Hari ini, jika Anda tidak mengerti SEO, Anda merugikan diri sendiri. Temukan nuansa tentang SEO sehingga Anda terlibat dalam jenis strategi pengiriman lalu lintas yang tepat. Anda tidak ingin membengkokkan atau melanggar aturan. Plus, dengan benar-benar memiliki pemahaman tentang SEO, Anda bisa benar-benar memberi hasil yang sangat tinggi. Temukan kursus atau buku audio yang bagus tentang SEO dan belajarlah.
# 2 - Menulis Konten yang Membuat Penasaran
Konten adalah raja. Selama Anda membuat konten yang bisa membuat seseorang penasaran di situs atau blog Anda, Anda akan membuat pengunjung kembali lagi dan lagi. Juga, semakin baik konten Anda, pengunjung Anda akan semakin tertarik. Mereka akan membagikan konten Anda untuk Anda, membantu mempromosikan situs Anda secara autopilot.
# 3 - Menjawab Pertanyaan di Quora
Quora adalah media yang bagus untuk mengarahkan lalu lintas ke situs Anda. Jawab pertanyaan di platform ini dan tautkan kata kunci yang tepat untuk melabuhkan konten di situs atau blog Anda. Namun, jangan gunakan platform ini untuk spam. Pastikan jawaban Anda terperinci dan Anda tahu apa yang Anda bicarakan
# 4 - Buat Tutorial Video YouTube
YouTube adalah sumber yang bagus untuk mengarahkan lalu lintas organik gratis ke situs web Anda. Mungkin itu karena Google mencintai YouTube, dan mengingat itu adalah mesin pencari paling populer kedua di dunia, mendapatkan paparan di YouTube bisa sangat besar. Buat tutorial dan video bermanfaat yang menambahkan jumlah nilai yang sangat besar dan pastikan untuk menautkan ke konten Anda melalui deskripsi.
# 5 - Bersosialisasi di Instagram
Semua orang tahu bahwa Instagram adalah platform yang sangat populer untuk berbagi foto dan terhubung dengan orang lain dari seluruh dunia. Namun, hanya sedikit orang yang tahu cara memanfaatkan Instagram untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web mereka. Namun, banyak orang telah membangun bisnis multi-juta dolar hanya dengan menggunakan Instagram sebagai metode utama mereka untuk mengarahkan lalu lintas.
# 6 - Memanfaatkan Platform Penerbitan LinkedIn
Platform penerbitan LinkedIn adalah metode hebat untuk memasarkan konten yang sudah ada di situs web Anda. Publikasikan pos unik dan berkualitas tinggi di LinkedIn yang memberikan nilai sangat besar dan pastikan Anda menautkan konten itu ke konten jangkar di blog atau situs web Anda untuk mendapatkan otoritas penting yang menjembatani ke pos utama Anda.
# 7 - Posting Di Medium.com
Medium adalah salah satu platform untuk memasarkan konten dan menyediakan domain situs otoritas lain yang memberi Anda fleksibilitas menjatuhkan tautan dengan cara yang biasa Anda lakukan melalui posting blog pada CMS seperti WordPress. Leverage Medium untuk membuat posting pemasaran konten intuitif yang juga menghubungkan kembali ke posting utama Anda di situs atau blog Anda.
# 8 - Memanfaatkan Pemasaran Email
Pemasaran email adalah cara yang bagus untuk mengarahkan lalu lintas ke situs Anda atau blog Anda, dan untuk mempromosikan penawaran apa pun, tetapi itu juga berarti bahwa Anda memerlukan daftar untuk dipasarkan. Buat magnet timah dan bangun corong penjualan segera jika Anda belum melakukannya, untuk membangun daftar yang pada akhirnya Anda bisa memasarkan (bukan spam) penawaran Anda.
# 9 - Fokus Pada Kegunaan Seluler
Anda perlu memastikan bahwa situs Anda mobile-friendly. Gunakan Alat Google Halaman Wawasan untuk memeriksa keramahan tata letak ponsel Anda dan melihat apakah itu sesuai dengan pedoman. Anda juga harus memastikan bahwa semua posting dan konten Anda siap dengan spesifikasi AMP .
# 10 - Posting Konten Berguna Di Reddit
Cara hebat lain untuk mengarahkan lalu lintas ke situs Anda adalah dengan menggunakan Reddit. Reddit adalah platform yang sangat populer di mana Anda dapat berbagi informasi yang berguna dan terlibat dalam percakapan dengan jutaan orang dari seluruh dunia. Domain ini sangat populer, membuat tautan apa pun dari situs ini sangat berguna untuk meningkatkan visibilitas Anda di seluruh web.
# 11 - Kembangkan Presentasi SlideShare
Anda dapat menggunakan platform seperti SlideShare untuk memberikan presentasi PowerPoint yang kuat yang ramah-Google, yang pada akhirnya meningkatkan visibilitas Anda. Jika Anda melakukannya dengan benar, dan presentasi Anda menjadi viral, yang mereka dapat dengan mudah di platform ini, dan tautan presentasi itu ke situs Anda, Anda akan mengarahkan sejumlah besar lalu lintas secara gratis.
Metode Lalu Lintas Berbayar
Jelas, membayar iklan dan inisiatif lain selalu menjadi salah satu metode untuk mengarahkan lalu lintas ke situs atau blog Anda. Jika Anda memiliki anggaran kecil, dan melacak dengan benar, Anda dapat menghasilkan BPA (biaya per akuisisi).Â
Jika BPA Anda cukup tinggi, Anda dapat dengan nyaman mengukur pendapatan iklan Anda. Pastikan untuk menerapkan hal-hal seperti Facebook dan piksel pelacakan Google untuk menentukan efektivitas iklan Anda.
# 12 - Beli Iklan Melalui Facebook
Ingin akses ke populasi global? Jelas, Anda dapat beriklan di platform seperti Facebook. Selama penawaran Anda cukup menarik, dan Anda dapat mengubah lalu lintas itu menjadi penjualan dengan halaman penjualan yang hebat atau penawaran gratis, maka Anda dapat mengukur inisiatif pemasaran ini hingga tak terbatas untuk mendorong penjualan yang hampir tidak terbatas.
# 13 - Memanfaatkan Iklan Penargetan Ulang Google
Google Ads adalah cara hebat untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda. Tapi bukan sembarang lalu lintas. Penargetan ulang iklan berfokus pada orang-orang yang telah mengunjungi situs Anda dan pergi dengan alasan apa pun tanpa menyelesaikan penjualan.Â
Ini melibatkan penggunaan piksel konversi untuk pembelian dan ini cara yang bagus untuk menjangkau orang-orang yang sudah pernah ke situs Anda dan memasarkannya secara agresif di mesin pencari Google tak lama setelah mereka pergi.
# 14 - Beriklan di Instagram
Instagram sekarang memiliki strategi pendapatan yang jelas, dan itu termasuk menempatkan iklan di jejaring sosial. Ini adalah cara yang hebat untuk menjangkau orang-orang di daerah Anda dan menawarkan Anda pendekatan yang sangat bertarget untuk menjangkau pelanggan potensial untuk membeli produk dan layanan Anda.
# 15 - Terlibat dalam Pemasaran Influencer
Pemasaran influencer adalah cara yang bagus untuk menyampaikan pesan Anda kepada jutaan orang tanpa memiliki audiens yang besar. Anda dapat memanfaatkan influencer di Twitter, Instagram, dan sejumlah jejaring sosial lainnya. Temukan orang-orang yang mengakar dalam ceruk atau industri Anda dan menjangkau mereka. Ini tidak akan murah, tetapi sangat berpotensi untuk meningkatkan penjualan secara cepat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H