MADRASAH HEBAT
Madrasah Hebat adalah sebuah konsep yang digagas oleh Kementerian Agama Indonesia untuk menggambarkan sebuah lembaga pendidikan Islam yang memiliki kualitas unggul dalam berbagai aspek. Konsep ini tidak hanya berfokus pada prestasi akademik semata, tetapi juga mencakup kualitas seluruh komponen madrasah, mulai dari tenaga pendidik, tenaga kependidikan, siswa, hingga tata kelola kelembagaan.
 Madrasah hebat adalah Madrasah yang fokus pada kualitas PROSES PEMBELAJARAN bukan pada kualitas input siswanya. Kualitas proses pembelajaran bergantung pada kualitas guru yang bekerja di Madrasah tersebut.
PERAN Madrasah bagi Masyarakat dan anak bangsa :
1.Menjadi Sekolah yang unggul dalam prestasi dan trampil dalam penggunaan Ilmu pengetahuan dan Tehnologi berdasarkan Iman danTaqwa.
2. Membentuk Siswa yang beriman bertaqwa kepada Allah SWT. Berbudi luhur, memiliki pengetahuan, terampil sehat jasmani dan rohani.
3. Menjadi Sekolah yang unggul dalam prestasi dan trampil dalam penggunaan Ilmu pengetahuan dan Tehnologi berdasarkan Iman danTaqwa.
4.Membentuk Siswa yang beriman bertaqwa kepada Allah SWT. Berbudi luhur, memiliki pengetahuan, terampil sehat jasmani dan rohani.
TUJUAN MADRASAH :
Tujuan madrasah sebagai bagian dari tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
CIRI-CIRI MADRASAH HEBAT :
A.Prestasi Unggul: Madrasah Hebat memiliki prestasi yang membanggakan, baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Prestasi ini tidak hanya mencakup bidang akademik, tetapi juga bidang non-akademik seperti olahraga, seni, dan keterampilan lainnya.
B.Kualitas Tenaga Pendidik: Guru-guru di Madrasah Hebat memiliki kompetensi yang tinggi, berdedikasi, dan selalu mengupdate pengetahuan serta keterampilannya.
C.Kualitas Siswa: Siswa Madrasah Hebat memiliki karakter yang kuat, berakhlak mulia, dan memiliki kemampuan berpikir kritis serta kreatif.
D.Tata Kelola yang Baik: Madrasah Hebat memiliki sistem pengelolaan yang transparan, akuntabel, dan efektif.
E.Inovatif: Madrasah Hebat selalu berupaya untuk mengembangkan inovasi dalam pembelajaran, sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih menarik dan efektif.
F.Relevan: Madrasah Hebat mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat.
KEUNGGULAN MADRASAH :
1.Madrasah lahir dari masyarakat bawah yang biasa mandiri.
2.Mengajarkan kesederhanaan.
3.Mengutamakan kepentingan orang banyak di atas kepentingan pribadi.
4.Memegang tradisi terdahulu.
5.Menghargai orang lain.
KEKURANGAN MADRASAH :
1.Berkembangnya sikap ortodoksi
Kian membiaknya sikap ortodoksi di sebagian besar madrasah di Indonesia bukan tanpa alasan.
Hal itu terjadi karena adanya perlakuan yang diskriminatif dari pemerintah kolonial dan Orde Baru Akibatnya, bila ada sesuatu yang berasal dari luar madrasah, maka akan ditanggapi secara apatis dan melahirkan sikap defense mechanism.
2. Madrasah masih dianggap lembaga pendidikan kelas dua
Tak sedikit kalangan yang menilai, bahwa madrasah memang salah satu lembaga pendidikan kelas dua atau masih dianaktirikan.
Alasannya, misalnya: kulitas pendidikan madrasah, bahkan jauh dari standar lembaga pendidikan lain yang setara.
Dengan demikian, maka madrasah diisi oleh para siswa dengan kemampuan inteligensi dan ekonomi yang pas-pasan.
https://jabar.kemenag.go.id/portal/isi_opini/menata-yang-terserak-mewujudkan-madrasah-hebat
https://etheses.iainkediri.ac.id/2172/3/932114812%20-%20Bab%202.pdf
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H