Sebentar lagi tahun 2025 dan waktunya buat resolusi baru, begitu kata sebagian orang. Ada juga yang berkata, "Semoga segala resolusi di tahun 2025 bisa tercapai semua," atau "Yah ternyata sebagian resolusi tahun 2024 masih saja gagal." Dari tahun ke tahun, dari resolusi ke resolusi seterusnya saja begitu, kurang lebih siklusnya seperti ini:
Buat ResolusiÂ
Menyusun Target Untuk Mencapai Resolusi yang Telah Dibuat
Melaksanakan Resolusi (Kurang Lebih 1 Bulan Paling Lama 8 Bulan)
Resolusinya Gagal Deh... (Penyesalan Terkadang Diakhir)
Btw, semoga segala resolusi tahun 2024 kalian tidak ada yang gagal dan poin ke-4 jangan sampai terjadi deh sama anda wahai para pembaca. Aamiin (tulisan ini belum selesai yah...). Mungkin di internet maupun di berbagai media telah menjelaskan bagaimana cara agar resolusi yang dibuat tiap tahun tidak gagal, atau cara agar semua resolusi yang dibuat pada tiap tahunnya dapat terlaksana. Disini penulis hanya ingin melakukan sebuah refleksi agar jangan sampai resolusi yang telah dibuat justru gagal.Â
Manajemen Resolusi
Satu hal yang dapat kami sarankan untuk pembaca agar semua resolusi yang dibuat bisa terlaksana yaitu anda perlu menerapkan manajemen resolusi. Umumnya manajemen terdiri dari empat tahap diantaranya: (1). Perencanaan; (2). Pengorganisasian (3). Pelaksanaan (4). Evaluasi. Begitu juga sebuah resolusi, anda dapat Merencanakan Segala Resolusi atau Pencapaian apa saja yang ingin capai di tahun depan (tahun 2025).Â
Setelah melakukan perencanaan, anda perlu mengorganisasikan segala resolusi yang telah anda rencanakan, dimulai dari cara mencapainya, apa saja yang dibutuhkan untuk mencapainya, resolusi yang mana saja perlu diutamakan atau didahulukan dan terkadang biaya juga perlu dipertimbangkan serta berbagai hal yang diperlukan untuk mencapai segala resolusi yang ada. Setelah proses pengorganisasian, yang paling penting adalah Melaksanakan Segala Resolusi yang telah direncanakan dan diorganisasikan. Setelah anda melaksanakan segala resolusi yang ingin dicapai, maka waktunya Evaluasi. Evaluasi dapat dilakukan sebulan sekali. Mulai dari mengevaluasi, tingkat keberhasilan resolusi yang dilaksanakan, apakah ada yang perlu diperbaiki dalam perjalanan resolusi yang telah dilaksanakan, Seberapa konsisten anda melaksanakan segala resolusi yang telah disusun. Jika resolusi yang dilaksanakan berhasil, maka yang dapat dipertimbangkan adalah apakah resolusi yang telah dilaksanakan perlu ditingkatkan ke tahap yang lebih tinggi atau mungkin membuat resolusi baru yang juga dapat dilaksanakan pada tahun tersebut.
Jangan Membuat Terlalu Banyak Resolusi
Tips yang bisa kami sarankan agar segala resolusi yang telah disusun dapat berhasil yaitu Jangan Membuat Terlalu Banyak Resolusi. Meskipun dalam tahap manajemen, terdapat pengorganisasian dan evaluasi namun sejak awal jangan membuat terlalu banyak resolusi. Resolusi yang minim akan membuat manajemen resolusi lebih efektif dan efisien. Orang yang hanya punya lima resolusi lebih efektif dan efisien dalam melaksanakan segala resolusi yang dibuat dibanding sepuluh resolusi.Â
Selain itu, resolusi yang minim juga akan membuat anda lebih mudah dalam mencapai segala resolusi yang telah disusun serta lebih maksimal dalam pelaksanaannya. Misalnya seseorang yang resolusinya hanya ingin menghafal Quran, bisa wisuda dan setiap bulan menyelesaikan dua buku bacaan dibanding orang yang membuat banyak resolusi, tentunya ada satu atau dua yang mungkin gagal atau semuanya tidak maksimal.