Mohon tunggu...
Izzah Fikriyyah F
Izzah Fikriyyah F Mohon Tunggu... Mahasiswa - pelajar

semangat

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Perkembangan Peserta Didik Karakteristik Perkembangan Moral

26 Juli 2024   15:15 Diperbarui: 26 Juli 2024   15:17 74
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

BAB I

PENDAHULUAN

 

LATAR BELAKANG

Dalam perjalanan pendidikan, orang tua menanamkan nilai-nilai berdasarkan lingkungan tempat tinggal mereka tumbuh. Moralitas merupakan etika dan nilai-nilai yang diperlukan untuk menjadikan individu tumbuh dan berkembang dengan baik agar dapat diterima oleh masyarakat. Agar hal tersebut dapat tercapai, maka fungsi dari orang tua adalah membentuk kepribadian anak melalui bimbingan dan strategi pengasuhan yang tepat. Buku yang saya tulisakan mengulas tentang teori dan hasil penelitian dari kecerdasan moral yang meliputi peran tuang tua dalam membentuk kecerdasan moral anak.

 Perkembangan moral pada anak berkembang dari sesuatu yang diamati kemudian menilai apakah perilaku tersebut baik atau buruk. Setelah itu anak-anak mengimitasi perilaku dalam bentuk perilaku. Moral akan berkembang sejak usia dini. Sehingga sangat diperlukan peran orang tua dalam membentuk kecerdasan moral anak. Hal itu dianggap bahwa orang tua memiliki kedekatan dengan anak. Pengetahuan yang pertama diterima oleh anak dari orang tua.Orang tua pertama kali mengenalkan dan mengajarkan nilai-nilai dalam masyarakat melalui pengasuhan. Hal-hal yang pertama kali diajarkan oleh orang tua kepada anak.

Anak-anak yang dilahirkan tidak langsung bermoral. Akan tetapi, memerlukan waktu dan proses secara terus-menerus. Proses itu membutuhkan peran orang tua.Orang tua secara sabarmendidik anak dengan segala keunikannya, seperti memiliki keinginan sendiri, membangkan,berbohong, malas, marah, ataupun melawan orang tua. Kondisi seperti inilah yang harus dimanfaatkan oleh orang tua dengan membangun komunikasi dan hubungan yang harmonis dengan anak dalam keluarga. Mengajarkan dan membimbing anak dalam pengembangan moral diperlukan pembiasaan diri. Pembiasaan merupakan faktor terpenting dalam pengenalan moral. Secara psikologis dibutuhkan waktu dan kegiatan berulang dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan karena anak usia dini belum mampu memahami suatu pengembangan moral secara teoritis.

  • RUMUSAN MASALAH
  • Apa definisi perkembangan moral ?
  • Bagaimana perkembangan peserta didik ?
  • Bagaimana Teknis, Faktor, dan Cara Memberikan Pelajaran Moral pada Anak Sekolah Dasar (SD/MI) ?
  • Bagaimana Karakteristik Perkembangan Moral Anak Sekolah Dasar (SD/MI) ?

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

  • Definisi Perkembangan Moral

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun