Ada banyak metodologi untuk perencanaan bisnis. Salah satu yang lebih dikenal adalah analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Ada juga metodologi untuk memastikan bahwa tujuan rencana adalah jenis yang tepat, seperti rencana SMART (spesifik, terukur, dapat dicapai, realistis, tepat waktu). Kita akan melihat keduanya dalam konteks SEO
SWOT Analisis
Terkadang Anda perlu kembali ke dasar dan melakukan evaluasi sederhana di mana Anda berada di pasar, serta di mana Anda ingin berada; untuk ini, analisis SWOT adalah titik awal yang bagus. Ini menciptakan kisi untuk bekerja dan sangat mudah dijalankan.Â
Seperti yang dapat Anda lihat dari bagan SWOT pada gambar di bawah ini, kekuatan dan kelemahan biasanya berasal dari sumber internal (di tempat, operasional bisnis, sumber daya bisnis), sedangkan peluang dan ancaman berasal dari sumber eksternal.
Di mana SEO cocok di sini? Untuk menjelaskan ini, saya akan menggunakan contoh. Contohnya Business X. Ia memiliki situs web yang dibuat di WordPress, menggunakan penandaan kategori, menambahkan setidaknya satu halaman konten setiap dua hari, dan memiliki pengetahuan yang sangat baik tentang industrinya. Nama domainnya tidak ideal---namabisnisdankatakunci.com---tetapi layak.
Bisnis X tidak mendapatkan banyak lalu lintas dari mesin telusur, tetapi saingannya, Bisnis Y, mendapatkan banyak lalu lintas karena Bisnis Y telah memiliki situs webnya untuk jangka waktu yang lama dan menerima beberapa tautan yang bagus di sepanjang jalan.Â
Bisnis Y tidak memiliki rencana SEO apa pun dan bergantung pada halaman utamanya untuk mendatangkan semua lalu lintas pencariannya. Ini karena Bisnis Y memiliki nama domain kaya kata kunci dan orang-orang telah menggunakan kata kunci tersebut di tautan mereka ke situs web Bisnis Y (memberinya anchor teks kaya kata kunci), dan juga karena umur panjangnya di Web.
Tidak banyak permintaan pencarian target; faktanya, ada kurang dari 50.000 pencarian per bulan untuk kumpulan kata kunci inti. Situs Bisnis X berada di peringkat kedua halaman hasil Google, sedangkan Bisnis Y berada di peringkat #3, dengan Wikipedia dan About.com menempati dua posisi teratas.
Tak satu pun dari bisnis tersebut mengeluarkan uang untuk lalu lintas PPC (pencarian berbayar), dan nichenya tidak memiliki banyak ruang untuk pendatang lain (mungkin ada 10--15 pesaing). Kedua situs tersebut memiliki otoritas tautan yang serupa dalam hal kekuatan dan jumlah. Bisnis berurusan dengan pembelian impulsif; produk membangkitkan emosi yang kuat.
Analisis sebelumnya menunjukkan di mana Bisnis X bisa mendapatkan beberapa kemenangan cepat untuk situsnya, serta di mana prioritasnya. Ini juga merupakan titik awal yang bagus untuk strategi jangka panjang dan manuver taktis. Contoh ini sederhana, tetapi menggambarkan betapa instruktifnya SWOT yang sempurna. Itu memang mengharuskan Anda untuk menganalisis situs Anda, pesaing utama Anda, kata kunci target Anda, dan SERPs.
Panduan SWOT
Mengidentifikasi kekuatan biasanya merupakan salah satu tujuan yang lebih mudah:
- Sumber lalu lintas apa yang berfungsi dengan baik (mengonversi pada sasaran situs yang ditetapkan) untuk
situs/bisnis Anda? - Proyek/properti/kemitraan mana yang mendorong momentum positif menuju sasaran lalu lintas/pendapatan?
- Manakah dari bagian/jenis konten Anda yang menghasilkan lalu lintas, konversi, dan ROI yang tinggi?
- Perubahan apa yang telah Anda buat secara historis yang menghasilkan nilai signifikan?
Menentukan kelemahan bisa lebih sulit (dan membutuhkan pemisahan emosional dari data):
- Konten apa yang saat ini mendorong rendahnya lalu lintas penelusuran/pengunjung?
- Perubahan mana yang dimaksudkan untuk menghasilkan hasil positif yang menunjukkan sedikit atau tidak ada nilai sama sekali?
- Sumber lalu lintas mana yang berkinerja buruk atau kurang tayang?
- Proyek/properti/kemitraan apa yang dimanfaatkan dengan buruk, atau tidak dimanfaatkan sama sekali?
Parsing peluang membutuhkan kombinasi analisis kekuatan dan kelemahan. Anda ingin menemukan area yang berjalan dengan baik tetapi memiliki ruang untuk berkembang, serta area yang belum dijelajahi:
- Proyek/gagasan apa yang telah digali tetapi belum berkembang atau belum teruji dapat memiliki dampak positif yang signifikan?
- Sumber lalu lintas apa yang saat ini mengirimkan lalu lintas berkualitas baik yang dapat diperluas untuk memberikan nilai lebih?
- Area kelemahan apa yang memiliki jalur langsung menuju pemulihan?
- Perubahan situs web mana yang memberikan hasil positif? Bisakah ini diterapkan lebih ketat atau ke area lain untuk keuntungan yang lebih besar?
- Pasar baru atau area konten baru apa yang berpotensi layak atau berharga untuk ekspansi?
- Sumber konten baru atau tautan baru apa yang belum disadap?
- Platform pihak ketiga apa (media sosial, kurator konten, dll.) yang dapat digunakan untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan keterlibatan?
Menentukan ancaman bisa menjadi tugas yang paling menantang. Anda harus menggabungkan pemikiran kreatif dengan penilaian jujur atas kelemahan Anda dan kekuatan pesaing Anda, dan mempertimbangkan kemungkinan peristiwa makro yang dapat membentuk masa depan situs web/perusahaan Anda:
- Di area kelemahan Anda, pemain mana di pasar Anda (atau pasar serupa lainnya) yang kuat? Bagaimana mereka mencapai ini?
- Perubahan apa dalam perilaku manusia, penggunaan web, atau kondisi pasar yang dapat berdampak dramatis pada bisnis/situs Anda? (Misalnya, pertimbangkan perspektif "bagaimana jika orang berhenti mencari dan malah menavigasi Web dengan cara yang berbeda?".
- Pesaing mana yang paling sukses di arena Anda? Bagaimana mereka mencapai ini? Di mana mereka bersinggungan dengan bisnis/pelanggan Anda?
- Apakah ada strategi yang diterapkan oleh startup di bisnis serupa yang telah sukses besar di arena tertentu yang bisa berbahaya bagi bisnis Anda jika direplikasi di pasar Anda?
Melakukan analisis SWOT dari perspektif pemasaran web dan SEO tentu saja merupakan salah satu langkah pertama yang paling berharga yang dapat Anda ambil sebagai organisasi yang siap mengeluarkan sumber daya.Â
Jika Anda belum meluangkan waktu untuk menganalisis lanskap dari perspektif luas ini, Anda mungkin akan berakhir seperti pelari hebat yang baru saja keluar jalur—tentu saja, Anda akan menyelesaikannya dengan cepat, tetapi ke mana Anda akan dibawa?Â
Baca juga artikel terkait lainnya :
Strategi SEO Untuk Bisnis: Memahami Trafik Search Engine dan Niat Penggunanya
Kunci Sukses Strategi SEO: Pahami Audiens, Daya Saing Pasar, dan Temukan Niche Anda
Faktor Bisnis Yang Mempengaruhi Strategi SEO
Implementasi SEO untuk Mencapai Tujuan Strategis Bisnis
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H