Mohon tunggu...
Iyan Supriyadi
Iyan Supriyadi Mohon Tunggu... Freelancer - Freelance

Bukan siapa-siapa, hanya seseorang yang ingin menulis isi dari kepala.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Implementasi SEO untuk Mencapai Tujuan Strategis Bisnis

15 November 2022   08:00 Diperbarui: 15 November 2022   09:29 163
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

SEO, yang dulunya merupakan tugas yang sangat terspesialisasi dan seringkali terpinggirkan yang diturunkan ke ruang belakang tim pengembangan situs web, sekarang menjadi aktivitas pemasaran digital arus utama. Kenaikan dramatisnya dapat dikaitkan dengan berbagai tren yang muncul, termasuk:

  • Mesin pencari sekarang mendorong volume besar lalu lintas yang sangat bertarget dari orang-orang yang berniat mencapai tujuan berbasis penelitian, berorientasi pembelian, dan konsumsi konten. Bisnis dapat memperoleh pendapatan yang signifikan dengan memanfaatkan kualitas dan relevansi trafik ini untuk penjualan langsung, akuisisi pelanggan, dan konten serta kampanye branding/kesadaran merek.
  • Visibilitas di mesin telusur menciptakan efek dukungan tersirat, di mana penelusur mengasosiasikan kualitas, relevansi, dan kepercayaan dengan situs yang berperingkat tinggi untuk kueri mereka.
  • Pertumbuhan dramatis dalam interaksi antara pemasaran offline dan online memerlukan investasi dari semua jenis organisasi untuk strategi penelusuran yang berhasil. Konsumen semakin beralih ke Internet untuk meriset pembelian seperti real estat, mobil, dan teknologi hingga menemukan sumber daya lokal untuk layanan kesehatan dan kebugaran. Pada tahap ini, bisnis tidak mampu mengabaikan kebutuhan pelanggan mereka seperti yang diungkapkan melalui pencarian yang dilakukan di mesin pencari utama.

Optimisasi mesin pencari atau search engine optimization (SEO)adalah fungsi pemasaran teknis yang bergantung pada pembuatan konten dan pengembangan teknologi, dan keberhasilannya dalam pencarian organik sangat bergantung pada berbagai alat teknis dan analitis yang menyediakan akses ke data berharga yang diperlukan untuk SEO berkelanjutan dan peningkatan situs web, serta optimasi pengalaman pengguna secara keseluruhan. Persimpangan dan saling ketergantungan antara teknologi situs web dan pemasaran online telah menjadi jelas, dan penting — dan SEO berada di garis depan tren ini. Acara konferensi baru seperti MarTech (diproduksi oleh Third Door Media, perusahaan di belakang Search Engine Land dan Search Marketing Expo) mulai menyediakan platform untuk pembelajaran dan pertumbuhan dalam keterikatan pemasaran dan teknologi yang kuat.

Seperti halnya semua fungsi pemasaran, menetapkan spesifik tujuan diperlukan agar kesuksesan dapat diukur dan dicapai. Sementara itu SEO dapat dilihat sebagai sebuah proyek investasi terbaik. Menurut pendapat saya, memperlakukannya lebih sebagai proses yang berulang dan berkelanjutan, dan membutuhkan komitmen yang stabil dari para pemangku kepentingan organisasi.

Investasi berkelanjutan diperlukan untuk membuat situs dengan konten, arsitektur, dan fondasi keseluruhan yang tepat untuk kesuksesan SEO. Hasilnya mungkin tidak langsung muncul, tetapi bisnis yang membuat komitmen yang sabar dan hati-hati untuk SEO, berinvestasi dalam pengembangan konten berkualitas, membangun arsitektur situs yang dapat dirayapi, dan mendapatkan hubungan penautan yang sah akan mendapatkan sesuatu yang berharga dan bernilai mahal.

Tujuan Strategis yang Dapat Dipenuhi dengan Implementasi SEO Pada Bisnis

Visibility (Branding)

Banyak konsumen menganggap bahwa penempatan teratas di mesin pencari seperti stempel persetujuan peringkat pada suatu merek. Tentunya sebuah perusahaan tidak akan mendapat peringkat tinggi dalam hasil pencarian jika bukan salah satu yang terbaik di bidangnya, bukan?

Jika Anda adalah pengguna mesin telusur berpengalaman, Anda mungkin menyadari bahwa pernyataan sebelumnya tidak selalu benar. Namun, faktanya banyak konsumen, dan bahkan pencari web yang canggih, menafsirkan peringkat pencarian tinggi sebagai dukungan merek yang tersirat

Oleh karena itu, untuk istilah merek yang kritis, strategi SEO harus diarahkan untuk meningkatkan eksposur pencarian organik untuk kata kunci bermerek.

Selain menargetkan istilah merek, Anda ingin mendapatkan peringkat yang baik untuk istilah pencarian tidak bermerek yang khusus untuk bisnis inti Anda (upaya merek yang sangat kompetitif, tetapi sangat bermanfaat). Ketika pencari melihat Anda berperingkat tinggi pada jenis istilah pencarian ini, mereka akan mengaitkan merek Anda dengan produk atau layanan dan menganggap Anda adalah salah satu tempat terbaik untuk membeli.

Website Traffic

Lingkungan pencarian di search engine saat ini sangat kompetitif, dan Anda memerlukan strategi SEO yang tepat untuk menangkap trafik yang ditargetkan dan berkualitas tinggi ke situs Anda. Sementara bisnis yang terlibat dengan banyak pelanggannya melalui saluran offline dapat mengarahkan lalu lintas/trafik dengan memberi tahu pelanggan tersebut untuk mengunjungi situs webnya. SEO mengisi peran yang berbeda dan lebih penting yaitu untuk membawa prospek baru ke situs web Anda dari audiens/orang-orang yang mungkin tidak pernah tertarik, atau mungkin bahkan tidak mengetahui bisnis Anda sama sekali.

Profesional SEO berpengalaman memahami bahwa pengguna mencari produk, layanan, dan informasi menggunakan berbagai jenis kueri dan jenis kueri penelusuran yang sangat beragam. Mengembangkan strategi SEO melibatkan melakukan penelitian kata kunci yang ekstensif untuk menentukan kueri pencarian mana yang benar-benar digunakan orang. Misalnya, ketika tertarik untuk membeli mobil hemat bahan bakar, penelusur dapat mengetikkan mobil hemat hybrid. Dalam contoh ini, marketing manager untuk produsen mobil listrik mungkin tertarik dengan paparan penelusuran untuk trafik ini, meskipun secara teknis, mobil listrik tidak ada dalam kueri penelusuran awal.

Beberapa pengguna bahkan mungkin tidak tahu bahwa ada perusahaan yang berspesialisasi dalam jenis produk tertentu sampai mereka melakukan pencarian itu. Atau, jika mereka pernah mengetahui tentang pabrikan semacam itu, mereka mungkin tidak cukup mengingatnya untuk mencari situs web pabrikan secara langsung.

Dengan menangkap trafik ini dapat memberikan penjualan tambahan ke pabrik untuk kendaraan listriknya yang mungkin tidak akan didapat sebaliknya. Mengetahui faktor-faktor ini, proses SEO melibatkan pengembangan strategi arsitektur situs dan pengembangan konten/strategi editorial untuk membantu halaman situs mencapai eksposur mesin pencari yang kompetitif untuk berbagai istilah yang berpotensi relevan.

High Return on Investment

Meningkatkan visibilitas online dan mengarahkan trafik bertarget adalah langkah pertama menuju sukses dengan SEO. Langkah selanjutnya adalah mengukur kinerja trafik tersebut untuk menentukan apakah keseluruhan situs web dan tujuan bisnis tercapai. Ini adalah proses berulang yang berkelanjutan yang akan selalu menyertai semua upaya pemasaran, dan SEO tidak terkecuali. 

Bagi sebagian besar organisasi, sasaran didefinisikan sebagai menghasilkan penjualan, prospek, atau pendapatan iklan. Bagi orang lain, tujuan mungkin termasuk mempromosikan pesan tertentu; mengkonsumsi, berbagi, atau mungkin membuat jenis konten tertentu; atau mendapatkan pendaftaran sederhana untuk buletin berlangganan.

 Komponen penting dari SEO adalah untuk memberikan tidak hanya trafik, tetapi trafik bertarget yang berpotensi diubah menjadi tindakan ini. Baik Anda menjual produk dan layanan, mengiklankan nilai merek, atau mencoba mempromosikan konten tertentu ke dunia, strategi SEO yang dirancang dengan baik dapat menghasilkan return on investment (ROI) yang sangat tinggi bila dibandingkan dengan metode pemasaran lainnya.

SEO umumnya memberikan ROI yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kampanye iklan TV, media cetak, dan radio.  Sementara media tradisional tidak lagi banyak diminati, pencarian organik dapat memberikan keuntungan margin tinggi yang melengkapi dan meningkatkan terutama bila dilakukan dengan benar dalam jangka panjang.

Selain itu, semakin banyak bisnis yang beroperasi murni online. Beberapa contohnya adalah LinkedIn, Amazon, dan eBay.

Baca juga artikel terkait lainnya : 

Strategi SEO Untuk Bisnis: Memahami Trafik Search Engine dan Niat Penggunanya

Kunci Sukses Strategi SEO: Pahami Audiens, Daya Saing Pasar, dan Temukan Niche Anda

Faktor Bisnis Yang Mempengaruhi Strategi SEO

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun