milenial (iya, ini jujur, kok!) dan belum pernah berbisnis, mencoba pun rasanya sudah takut duluan. Tapi saya rasa, setiap orang harus tetap mencoba at least sekali seumur hidup, untuk tahu bagaimana rasanya memiliki usaha sendiri. Jadi mari kita bahas tips-tips bagaimana kita bisa memulai bisnis di usia muda dan juga melewati segala tantangannya. Artikel dari blog Ninja Xpress ini bisa jadi pedoman kita nih. Yuk kita bahas!
Berbisnis bisa jadi satu hal yang cukup seram untuk dilakukan, apalagi bagi yang belum pernah mencoba. Pun, buat saya yang masuk golonganMenurut Ninja Xpress dan Yosef Adji Baskoro, seorang expert digital marketing, ada beberapa hambatan umum yang harus dihindari dalam berbisnis, yaitu :Â
- Terlalu Fokus pada Penjualan
Fokus hanya pada penjualan adalah langkah yang seharusnya dihindari. Tentu penjualan penting dan mempengaruhi operasional bisnis, tetapi pengembangan merekmu juga tak kalah penting. Penggunaan foto produk yang menarik, konten video yang kreatif, serta aktif di media sosial merupakan kunci untuk membangun kesadaran publik terhadap merek kita.
- Berusaha Menjadi "Superhero"
Salah satu hambatan yang sering terjadi (tapi tak disadari) adalah merasa bahwa hanya diri sendiri yang bisa mengatasi segala masalah. Sikap ini justru dapat menghambat pertumbuhan bisnis karena menghasilkan mindset dimana kita merasa tak ada karyawan lain yang bisa menggantikan pekerjaan kita dalam menjalankan bisnis.Â
- Membatasi Diri dengan "Budget"
Meskipun promosi memerlukan anggaran, ada cara untuk mengatasi keterbatasan dana. Dengan kreativitas, strategi yang cerdas, dan pemahaman yang mendalam tentang pasar yang ingin kamu tuju, pemasaran yang efektif bisa dicapai bahkan dengan anggaran yang terbatas. Berpikir out of the box dan memanfaatkan sumber daya yang ada dapat menjadi kunci sukses dalam menghadapi keterbatasan anggaran.
Nah, setelah mengidentifikasi hambatan-hambatan tersebut, apa yang harus kita lakukan? Mari kita bahas strategi yang bisa dilakukan dari sisi digital marketing agar bisnis kita dapat berkembang. Yuk cek!Â
Brand yang Matang Sangat Penting!
Brand adalah langkah kunci dalam pertumbuhan bisnis atau UKM yang kita miliki. Ini mencakup produk, kualitas, dan citra bisnismu. Penting untuk membentuk image bisnis yang konsisten, terutama di media sosial. Konten yang rapi dan informatif membantu membangun kepercayaan pelanggan dan menghindari keraguan tentang bisnismu.
Pahami Pasar Sasaranmu
Memahami karakter dan preferensi konsumen penting dalam memberikan produk dan pemasaran yang sesuai. Pelajari platform media sosial yang mereka gunakan dan jenis konten yang disukai, seperti hiburan atau penjualan langsung. Pemahaman ini kunci untuk memastikan pemasaranmu efektif.
Bebas Berkreativitas Tanpa Batas
Again, out of the box! Kreativitas adalah kunci sukses di dunia digital. Konten yang kreatif tidak hanya menarik perhatian, tetapi juga meningkatkan penjualan dan kesadaran merek. Buatlah konten yang relevan dengan kehidupan sehari-hari konsumenmu untuk membangun minat dan mendorong pembelian produkmu.
Konsistensi Adalah Kunci
Konsistensi dalam pemasaran digital UKM adalah kunci. Perlakukan pemasaran sebagai bagian penting dari bisnismu dan bangun sistem produksi konten yang teratur. Dengan konsistensi, Anda dapat membangun kehadiran digital yang kuat dan memperkenalkan merekmu secara efektif kepada audiens online.
Nah, dengan memahami strategi dan tips berharga tersebut dari Yosef Abas, kamu memiliki kesempatan untuk membuka bisnis UKM menuju puncak kesuksesan. Semoga dengan dedikasi dan kerja keras, bisnismu dapat terus berkembang, tetap eksis di pasar, dan produk-produkmu semakin dicari oleh pelanggan. Teruslah berinovasi, dan jangan ragu untuk menghadapi tantangan. Sukses selalu dalam perjalanan mengembangkan bisnismu. Yok bisa yok!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H