Mohon tunggu...
IWAN SUSANTO
IWAN SUSANTO Mohon Tunggu... Guru - Pendidikan Untuk Semua

Saya adalah seorang guru yang mengabdi di Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Di Kabupaten Probolinggo

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

23 Januari 2023   14:07 Diperbarui: 23 Januari 2023   14:12 338
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lokasi : SMKS SYEKH ABDUL QODIR AL JAILANI

Lingkup Pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Tujuan yang ingin dicapai : Meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi polusi sub pokok bahasan dampak terhadap kesehatan manusia dan solusi penanganannya melalui pendekatan saintifik dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).

Kondisi awal yang menjadi latar belakang:

  • Kelas yang diampu adalah Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga sehingga basis dan arah pemikiran peserta didik lebih fokus pada mata pelajaran produktif dengan banyaknya waktu dan beban belajar yang harus dilaksanakan dalam setiap minggunya, hal ini sangat mempengaruhi hasil belajar pada mata pelajaran IPA yang pada struktur kurikulumnya berada pada mata pelajaran C1 (Dasar Bidang Keahlian) dengan 2 jam pelajaran dalam setiap minggu.
  • Peserta didik tidak bisa menyebutkan unsur dan senyawa kimia pada bahan pencemar penyebab polusi, hal ini dikarenakan belum memiliki pengetahuan dasar kimia seperti unsur kimia, senyawa, dan tata nama senyawa kimia dan dampaknya yang ditimbulkan bagi kesehatan manusia dan lingkungan.
  • Kepedulian peserta didik terhadap sanitasi lingkungan sekitar khususnya di sekolah masih sangat rendah, oleh karena itu pendekatan saintifik tepat untuk di terapkan sehingga peserta didik terdorong untuk peduli terhadap lingkungan sekolah dengan mengamati dan mencari masalah penyebab pencemaran lingkungan sekitar. Pada akhirnya peserta didik mampu mengurangi dampak polusi bagi kesehatan manusia dan lingkungan melalui model pembelajajaran Problem Based Learning (PBL).

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan

  • Praktik ini penting untuk dibagikan karena banyak guru mengalami permasalahan yang sama khususnya pengajar di SMK non produktif sehingga dapat menjadi referensi untuk perbaikan pembelajaran kedepannya.
  • Berdasarkan praktik pengalaman lapangan (PPL) yang dilakukan terdapat peningkatan yang siginifikan mengenai motivasi belajar peserta didik sehingga praktik baik ini diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi diri sendiri dan rekan guru yang lain agar lebih baik dalam memberikan pelayanan pendidikan kepada peserta didik

Peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini       

Peran saya dalam praktik ini adalah sebagai peneliti dalam mengidentifikasi permasalahan yang terjadi pada kelas yang saya ampu serta mencari solusi dari permasalahan tersebut. Solusi tersebut tentunya disesuaikan dengan model pembelajaran inovatif yaitu Problem Based Learning (PBL). Sebagai seorang pendidik, saya juga bertanggung jawab menyusun perangkat pembelajaran, menjadi fasilitator, sebagai pemantik imajinasi dan kreativitas peserta didik serta membuat laporan dalam bentuk best practice untuk menyelesaikan PPG Dalam Jabatan Kategori II Tahun 2022. Dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), diharapkan bisa meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Tantangan yang dihadapi dalam mencapai tujuan, yaitu:

  • Pengetahuan awal peserta didik tentang unsur dan senyawa kimia yang menjadi bahan penyebab polusi masih sangat rendah
  • Terdapat beberapa peserta didik yang masih pasif dalam pembelajaran seperti tidak menjawab pertanyaan dari guru dan tidak bisa berdiskusi dengan rekan kelompoknya.
  • Lingkungan belajar yang kurang kondusif karena jadwal pembelajaran dilaksanakan di siang hari pada jam ke 7-8, hal ini mempengaruhi tingkat konsentrasi peserta didik.

Siapa saja yang terlibat:

  • Kepala Sekolah :Memberikan beberapa saran untuk dijadikan solusi dalam menghadapi tantangan atau permasalahan yang ditemukan.
  • Rekan sejawat : Rekan guru yang diajak bertukar pikiran dalam menemukan solusi permasalahan, desain yang menarik serta mendiskusikan model dan pendekatan pembelajaran apa yang sebaiknya diambil dalam pelaksanaan PPL.
  • Peserta didik sebagai subjek utama dalam proses pembelajaran yang membantu dalam mewujudkan suasana pembelajaran yang kondusif
  • Tim IT sekolah yang berperan sebagai dokumentasi dalam kegiatan tersebut

Langkah-langkah yang dilakukan dalam menghadapi tantangan tersebut antara lain :

  • Melakukan koordinasi dengan pihak sekolah seperti kepala sekolah, rekan guru, teman sejawat dan juga pakar
  • Mencari solusi dari tantangan atau masalah yang akan dihadapi
  • Melakukan  kajian  literatur  dari  berbagai  sumber  belajar  seperti buku dan juga internet terkait solusi dari tantangan yang dihadapi
  • Merumuskan solusi yang terpilih
  • Membuat perangkat pembelajaran yang akan digunakan dalam praktik pembelajaran
  • Melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan perangkat yang telah dibuat

Strategi yang digunakan untuk mengatasi tantangan tersebut, yaitu:

  • Membuat  perencanaan  perangkat  pembelajaran  yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), sehingga peserta didik akan terbiasa pada pola pembelajaran yang menuntun meraka untuk terlibat aktif dan kolaboratif dengan temannya dalam menyelesaikan masalah.
  • Membuat media pembelajaran interaktif berbasis TPACK dengan menggunakan vidio pembelajaran dan slide PPT
  • Memberikan Scaffolding kepada peserta didik yang belum memahami pengerjaan tugas projek baik secara individu maupun kelompok

Adapun proses yang dilakukan yaitu :

  • Guru membuat perencanaan pembelajaran dengan membuat perangkat pembelajaran berupa RPP, LKPD, bahan  ajar, media pembelajaran dan evaluasi/penilaian.
  • Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran (praktik) dengan perangkat pembelajaran yang telah dibuat.
  • Guru menyiapkan media yang akan digunakan dalam proses praktik pembelajaran yaitu gambar dan video pembelajaran
  • Guru menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam proses praktik pembelajaran
  • Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran (praktik) yang telah dilaksanakan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun