Mohon tunggu...
Ivonie
Ivonie Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Sorang Istri dan Ibu dari dua anak, Aiman dan Aira. Aktifitasnya sebagai ibu rumah tangga yang suka menulis, photography, travelling dan berkutat di dapur.

Selanjutnya

Tutup

Money

Belajar Inovasi Marketing Online Bersama JNE dan Bolang Di Hotel Atria Malang

10 November 2018   00:48 Diperbarui: 10 November 2018   01:08 378
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saat ini jualan tidak lagi seperti dulu, kebanyakan orang berjualan dari mulut ke mulut. Namun perkembangan zaman mau tidak mau menuntut para pebisnis musti memiliki strategi penjualan yang lebih modern. Salah satunya memanfaatkan teknologi internet, penjualan melalui berbagai platform secara online.

Apabila pelaku bisnis tak mau belajar inovasi marketing online, siap-siap saja bersaing dengan para pelaku bisnis yang sudah menerapkan sistem penjualan yang berbasis internet. Meski sudah lama tak menekuni usaha yang dilakukan secara online, tak ada salahnya menimba ilmu baru mengenai marketing online.

Beruntung pada 28 oktober 2018, mendapat kesempatan untuk belajar bagaimana inovasi marketing online untuk kemajuan usaha. Acara tersebut digagas oleh JNE cabang Malang berkolaborasi dengan Bolang ( Blogger Kompasiana Malang ) serta Smartfren Comunity. Acara berlangsung di Privat Bar Hotel Atria Malang.

Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Malam itu suasana ruangan Privat Bar Hotel Atria cukup hangat, acara ini dihadiri kurang lebih 50 peserta yang menghadirkan beberapa pemateri yang berkompeten dibidangnya. Diantaranya Sarifah Nazriah selaku Public Relation JNE Malang, Niken Paramitha merupakan pelaku bisnis online, Ikrom Zain dan selamet Hariadi Kompasianer Malang yang ahli di bidang konten dan media online.

Mengenal Lebih Dekat Layanan JNE

Sebagai pembicara pertama, Sarifah Nazriah selaku Public Relation JNE menyampaikan lebih detail mengenai produk JNE. Udah pada tahukan apa itu JNE? Oke, kalau belum tahu bisa saya terangkan nih. JNE merupakan perusahan jasa pengiriman barang  yang berpusat di Jakarta. Dalam melayani para pelanggannya, JNE mengusung tema Conneting Happines yang mana menawarkan beberapa produk  jasa pengiriman barang seperti YES ( Yakin Esok Sampai ), REG ( Reguler ), OKE ( Ongkos Kirim Ekonomis) dan SS ( Spesial Service).

Saya pribadi sewaktu masih menggeluti usaha penerbitan dan proses pengiriman buku sering menggunakan layanan dari JNE untuk ketiganya. Semua tergantung dari kebutuhan dan biasanya memenuhi permintaan dari pembeli memilih jenis layanan yang mana.

Seiring perkembangan, rupanya JNE sudah banyak melakukan inovasi dan pengembangan jasa layanan pengiriman barang seperti JTR berupa pengiriman barang dalam skala besar, Pesona Nusantara yang merupakan Indonesia Culinary market place. Tak hanya itu, guna terus memanjakan para pelanggannya, hadirlah inovasi JLC. Apa itu JLC? Malam itu saya baru pertama kali mendengarnya. JLC merupakan JNE Loyalty Card yang mana para pelaku bisnis online makin dimudahkan. Bahkan pelaku bisnis yang sudah memengang JLC bisa merasakan beberapa manfaat diantaranya :

  • Setiap mengirim paket melalui counter JNE mendapatkan 1 poin = Rp. 25000 yang mana poin transaksi pertama didapatkan setelah nilai transaksi mencapai Rp.250000.
  • Setiap poin yang dikumpulkan dapat ditukarkan dengan hadiah yang menarik, mulai dari voucher belanja, permainan anak, perlengkapan dapur, peralatan rumah tangga, peralatan elektronik hingga gadget.

Pada kesempatan tersebut, Niken Paramitha selaku salah satu pebisnis yang telah merasakan manfaat dari JLC. Berkat menggunakan layanan dari JNE yang sudah cukup lama, berkesempatan jalan-jalan ke Moskow melihat acara piala dunia secara langsung.

Selama ini Niken lebih banyak melakukan penjualan bisnisnya melalui Instagram, LINE maupun Whatapps. Menurutnya jualan produknya lebih cepat terjual justru di Instagram yang mana para penggunanya merupakan dari kalangan anak muda. Karena lebih menyukai dunia fashion, maka produk yang banyak dijual merupakan seputar dunia fashion.

Menggali Tips Menulis Konten Kreatif dari Ahlinya

Tak hanya cerita pengalaman dan trik bisnis yang dijalani Niken Paramitha yang menarik, namun membahas mengenai tips menulis konten kreatif ini  tak kalah menarik. Kali ini giliran Ikrom Zain dan Selamet Hariadi yang berbagi pengalaman sekaligus trik menulis konten terutama Ikrom Zain.

Bagaimana tidak, banyak tulisan Ikrom yang menjadi headline di Kompasiana dan juga memenangkan lomba dalam perlombaan blog. Salah satu tips yang disampaikan Ikrom dalam hal ngeblog secara konsisten dan teratur ialah menulis itu dinikmati dan tidak menjadi beban. Selain itu ada beberapa tips yang disampaikan diantaranya :

  • Tulis dengan gaya sendiri
  • Manfaat bagi pembaca
  • Konten yang bercerita
  • Talk to your reader
  • Tulisan persuasive
  • Tata bahasa

Begitu juga materi yang disampaikan oleh Selamet Hariadi, dimana kita musti bisa mengoptimalisasi konten yang dibuat di sosial media. Sebelum acara  benar-benar ditutup diadakan juga kuis yang berhadiah menarik bagi para peserta. Gimana gak keren coba acara ini, udah dapat banyak ilmu pulang bisa bawa hadiah. 

Usai kuis dan pembagian hadiah, acarapun di tutup dengan foto bersama. Meski malam kian larut namun tampak rona bahagia para peserta mengikuti rangkaian acara ini. Moga ke depannya makin sering diadakan acara serupa dengan tema dan instansi yang berbeda.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun