Mohon tunggu...
IVON SUPRIADI
IVON SUPRIADI Mohon Tunggu... Guru - Guru Penggerak

Guru Penggerak, Penggerak Komunitas Belajar Citra Ilmu Spentig, Penggerak Komunitas MGMP PPKN SMP Rayon II Karimun, Penulis Blog, dan Konten Kreator.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Guru Penggerak "Pilar Merdeka Belajar Melalui Praktik Terbaik dalam Ekosistem Pembelajaran"

11 Januari 2024   09:00 Diperbarui: 11 Januari 2024   09:31 209
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Berbagi Praktik Baik Guru Penggerak pada salah satu Sekolah Imbas@dok.pribadi

Guru Penggerak 

Pilar Merdeka Belajar Melalui Praktik Terbaik dalam Ekosistem Pembelajaran

Merdeka Belajar menjadi paradigma baru dalam dunia pendidikan Indonesia, memerlukan kontribusi aktif dari para guru sebagai penggerak utama dalam menyebarkan pemahaman pada ekosistem pembelajaran. 

Dalam mewujudkan Merdeka Belajar, guru penggerak memiliki peran sentral dan dapat menciptakan dampak positif melalui praktik terbaiknya. 

Artikel ini akan membahas beberapa praktik terbaik guru penggerak dalam menyebarkan pemahaman pada ekosistem pembelajaran untuk mewujudkan Merdeka Belajar.

Pembelajaran Kolaboratif

Guru penggerak tidak hanya menjadi pemimpin kelas, tetapi juga fasilitator pembelajaran kolaboratif. Mereka mendorong siswa untuk berkolaborasi, berbagi ide, dan memecahkan masalah bersama. Penerapan teknik pembelajaran kooperatif seperti diskusi kelompok, proyek bersama, dan tugas kelompok dapat merangsang pemahaman yang lebih mendalam dan membangun keterampilan sosial yang dibutuhkan di dunia nyata.

Pemanfaatan Teknologi untuk Pembelajaran Interaktif

Guru penggerak mengadopsi teknologi dalam kelas untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik. Penggunaan platform pembelajaran daring, aplikasi pendidikan, dan multimedia dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan memperluas akses mereka terhadap sumber daya pendidikan. 

Guru yang mahir dalam memanfaatkan teknologi dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang dinamis dan relevan dengan perkembangan zaman.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun