Di Lokasi Stasiun Cikin Jakarta ada sebuah kotak loker, sadar atau tanpa saya sadari keberadaan kotak loker itu mungkin bagi saya atau bagi kebanyakan orang yang berlalu lalang menggunakan transportasi kereta ini berfikir mungkin ini adalah sebuah kotak jualan minuman atau hanya sebuah papan reklame jualan yang memang dibuat menjadi sebuah kotak agar bisa menarik seperti reklame kebanyakan. Tapi upsss... buka itu ternyata, kotak loker ini dikenal juga dengan nama POPBOX.Â
POPBOX? Apa sih POPBOX itu? Saya dan banyak orang pasti belum banyak yang tahu tentang Popbox ini kan? Dan benar kok memang terbukti dari jarangnya pengguna Popbox ini di Stasiun.
Mau tau kan apa itu POPBOX? Popbox itu adalah salah satu sebuah produk layanan startup dan didirikan Adrian Lim dan Greta Bunawan dengan konsep untuk menawarkan solusi teknologi platform sebuah kotak loker otomatis untuk jasa ecommerce yang bisa juga dijadikan tempat akhir pengiriman suatu paket dari proses jual dan beli online.Â
Mau tau dimana aja lokasi untuk tempat beradanya POPBOX ini dapat menjadi lokasi pengambilan, juga pengiriman, maupun pengembalian barang yang dilakukan sendiri.Â
Jadi POPBOX bisa dikatakan sebagai salah satu pioner pertama di Indonesia berupa layanan loker e-commerce, selain NEX-KITA yang merupakan hasil kerja sama antara Blibli dan NEX.
Artinya jasa layanan POPBOX ini dibuat agar pada penjual dan pembeli online bisa juga penerimaan barang melakukan lebih fleksibel dan aman.Â
Selain itu pelanggan bisa menahan diri untuk keluar rumah karena di hari yang diinginkan dan saat hari pengiriman barang yang ingin sesuai dengan yang konsumen beli atau konsumen terima, dengan layanan Popbox ini maka konsumem akan bebas ke mana aja sesuai keinginan tanpa harus khawatir barang pesanan kamu diterima oleh siapa, dan intinya ga perlu lagi ngerepotin tetangga juga karena harus nampung titipan barang pesanan kamu! Asal, konsumen mau dan mesti ingat, bahwa titipan barang pesanan di Popbox juga punya masa tenggang selama 72 jam atau 3,5 hari untuk diambil.
Nah mau tau lokasi Popbox dimana aja? Popbox ini adalah sebuah jasa layanan yang tentunya akan memiliki sebuah tantangan tersendiri untuk membuat layanan ini bisa dikenal dan diterima oleh masyarakat. Dan kunci utama dalam layanan ini dapat juga dikenal dan diterima, yakni melalui proses dalam kemudahan layanan dan cakupan disetiap areanya.
Selain itu kotak loker Popbox sendiri saat ini sudah banyak ada beberapa lokasi, seperti area perbelanjaan, area perkantoran, area apartemen, stasiun kereta api ataupun area universitas.Â
Serta ada dibeberapa lokasi di Jakarta yang sudah tersedia layanan ini ada beberapa yakni Baywalk Mall, Grand Slipi Tower, Kalibata City Square, EV Hive, Stasiun Pasar Minggu, Stasiun Juanda, Stasiun Manggarai, Stasiun Cikini, Stasiun UI, dan lokasi lainnya di sekitaran wilayah Jabodetabek.
Layanan Popbox ini juga di desain untuk dapat membantu masyarakat untuk melakukan pengiriman barang dengan cara yang sangat mudah melalui akses smartphone.
Caranya : Download aplikasi Popbox
Lakukan pembuatan order lewat aplikasi dengan memilih menu Pop Send pilih lokasi pengantaran baru. Setelah itu kamu akan mendapatkan pin untuk dapat membuka loker dan memasukan barang yang akan dikirim. Masukan barang kedalam loker tarif sesuai berat barang (Kg) dan alamat pengiriman.
Pop safe bisa untuk menerima barang tapi Popbox juga bisa untuk menitipkan barang jadi untukku yang memang "commuter club" terbantu daripada bawa barang berat lebih bisa di titip di Popbox.
Caranya : Download aplikasi popbox
Lakukan pembuatan order dengan memilih menu Pop Safe pilih loker terdekat maka akan mendapatkan pin untuk membuka loker masukkan barang kedalam loker dengan tarif Rp.6.000,00/24 jam
Mengambil Barang (Collection Point)
Cara mudah mengambil paket yang sudah tersedia di Stand Popbox yang ada distasiun kereta atau mall
Caranya : pilih/tulis posi pengiriman ke loker Popbox terdekat di website online shopping atau bisa request ke pengirim barang. Barang yang sudah sampai dan dapat diambil, dan ada SMS notifikasi dan Pin buat membuka loker Popbox dan mengambil paket pesananmu.
Mengembalikan Barang (Return Service)
Bila ada pesanan barang saat belanja online rusak maka bisa tukar barang tersebut melalui Popbox. Karena Popbox sudah bekerja sama dengan beberap E-Commerce seperti Matahari Mall, Lazada, Zalora dan Blibli untuk dapat mengembalikan barang yang tidak sesuai lewat stand Popbox secara GRATIS.
Caranya :
Isi form pengembalian barang dari website E-Commerce yang dituju
Packing barang dengan baik dan tempel kode return pada paket. Lalu fatang ke stand Popbox terdekat dan pilih menu "RETURN" Scan Code return kemudian Masukkan paket kedalam loker.
Untuk Beli Pulsa
Datang ke stand Popbox terdekat
Pilih bahasa
Pilih menu pembayaran
Pilih menu isi pulsa
Masukan nomer handphone
Pilih nominal
Confirm
Pembayaran menggunakan E-Money, TCash, QR.
Lebih aman -- Untuk membuka loker memerlukan kode pin agar membuat Popbox lebih aman dan tidak rentan dibobol oleh pihak tidak bertanggung jawab.
Tau persis kapan barang sampai dan Popbox akan mengirimkan konfirmasi lewat SMS saat barang kamu sudah sampai dan dapat diambil.
Nyaman pakai Popbox dimanapun dan kapanpun ga perlu mampir ke ekspedisi untuk kirim barang. Bisa melalui Popbox
Barang akan disimpan selama 3 hari bila sedang sibuk atau berada diluar kota atau lupa mengambil barangmu, Popbox akan menyimpan barangmu selama 3 hari tanpa dikenakan biaya tambahan lagi. Popbox juga akan mengirimkan SMS Reminder 3 hari berturut-turut.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H