Isu tentang pendidikan sangat krusial buat pada kaji secara simultan. Pendidikan memegang peranan yang pressing demi kemajuan & kesejahteraan suatu bangsa buat kehidupan yang berkelanjutan. Tingkat keberhasilan suatu bangsa bisa dicermati menurut seberapa seriuskah bangsa itu mengurus & menangani kasus pendidikan yang begitu komplek & berdampak sistemik.
Sebagai model negara yang tergabung pada negara maju G20 (development twenty), seluruh negara maju lebih memprioritaskan pendidikan pada bandingkan menggunakan acara yang lainnya lantaran pendidikan adalah kunci keberhasilan suatu bangsa. Sesuai menggunakan misi PBB yang bertemakan mengenai Suistinable Development Goals (SDG) yaitu kecenderungan pendidikan buat seluruh manusia yang berkembang secara berkelanjutan peta jalan (guide) ini, sudah disetujui setidaknya oleh 180 negara .
Mereka berkomitmen buat memajukan global pendidikan pada belahan global. Potret pendidikan pada Indonesia masa kemudian & kini  Indonesia mempunyai garis sejarah pendidikan yang sangat panjang & krusial.
Kontribusi pemerintah Indonesia pada pertukaran & short course ini menaruh bekal yang relatif pada studi stategi pencapaian buat penyamaan kualiitas master & dosen yang setara menggunakan negara maju. Model Pendidikan berbasiskan teknologi fakta terintegrasi antara sosial & kultural Fenomena kini  ini pendidikan menunjuk pada penggunaan teknologi 4.0 yang bermakna bahwa teknologi memegang kiprah yang sangat indispensable.
Model pendidikan berbasis teknologi ini menekankan dalam keterampilan pendidik pada melakukan persiapan, & expositions pada global pembelajaran. Dimana seluruh hal yang akan disampaikan sanggup ambil acum (reference) & dibandingkan menggunakan materi yang sudah terdapat. Metode pembelajaran, fasilitas pembelajaran, modul & praktek pada persiapan pembelajaran joke kini  telah poly tersedia. Digital book & elibrary sebagai suatu keniscayaan pada merogoh asal & acum pada penyiapan materi pembelajaran.
Pendidikan berbasiskan Karakter & Moralitas Setelah mengentahui imbas positif & negatif menurut pendidikan distruptif 4.0, pendidikan berperan pada membentuk premise karakter & moralitas. Tujuan agung menurut pendidikan dalam esensinya merupakan perubahan watak, prilaku & moralitas. Pendidikan yang berlandaskan moralitas sangat dihargai dibandingkan menggunakan taraf tingginya jenjang pendidikan setidaknya itulah citra konkret yang masih ada pada warga .
Penulis menyadari sepenuhnya penghargaan warga  terhadap yang berkarakter & bermorallitas tinggi akan lebih pada hargai, selain itu imbas kemanfaantan menurut ilmu yang pada peroleh pada kelas sanggup pada berdayakan pada kehidupan warga . Pendidikan yang berbasiskan karakter & moral menaruh dampak yang luar biasa besarnya
Pendidikan bagi seluruh orang (Education for all) Pendidikan layak diterima sang seluruh orang tanpa terkecuali. Negara mengklaim seluruh manusia Indonesia buat menerima hak haknya pada menempuh pendidikan. Telah tersedianya seluruh fasilitas pendidikan adalah upaya yang benar-benar pemerintah Indonesia buat memajukan tarap hayati & kehidupan warga  Indonesia melalui pendidikan.
Misalnya terdapat pendidikan spesifik buat orang yang mengalami keterbatasan fisik & mental disediakannya pendidikan luar biasa (SLB), pendidikan buat yang belum menyempurnakan jenjangnya (PAKET A,B DAN C) atau pendidikan yang berbasis home scholing. Cara ini dilakukan supaya seluruh orang Indonesia terfasilitasi & memiliki kecenderungan hak dasar pada memperoleh pendidikan. Selain seluruh fasilitas bentuk formal & non formal pendidikan, pemerintah Indonesia menaruh beasiswa bagi para siswa yang memiliki keterbatasan dana buat menempuh pendidikannya.
Selama ini pemerintah mengklaim keberlangsungan pendidikan free ini buat Sekolah Dasar hingga menggunakan Sekolah Menengah pertama, kedepan pemerintah Indonesia menaruh pendidikan complimentary buat taraf SMU sederajat. Fasilitas beasiswa diberikan hingga menggunakan taraf Doktor. Hal ini sebagai komitmen pemerintah Indonesia pada memajukan asal daya insaninya buat sanggup bersaing menggunakan negara lain. Komitmen & bisnis pemerintah ini sanggup dicermati keberhasilan mengurangi taraf melek buta hurup & indeks prestasi manusia (IPM) yang dirilis menurut Statistika Indonesia tahun 2018 mengalami peningkatan sebanyak 70.81 dalam tahun 2017 menurut 70.18 tahun 2016 buat mengukur taraf keberhasilan taraf pendidkan pada suatu negara atau wilayah.
Jumlah persentase penduduk berumur 15 Tahun ke atas yang melek alfabet  dari golongan umur & wilayah loka tinggal buat tahun 2016 & 2017, trennya mengalami peningkatan dalam seluruh usia & penjumlahan anatara kota menggunakan desa kecuali dalam usia 40--50 tahun meskipun mengalami peningkatan, namun masih ada pelambatan terutama yang berada pada pedesaan Peran pendidik buat memajukan Pendidikan Di Indonesia Masalah pendidikan tentunya nir akan pernah terlepas menurut pendidik, sanggup master atau dosen.