Mohon tunggu...
Ivana Hedya Setiawan
Ivana Hedya Setiawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa STP Trisakti

Penerima Beasiswa Prestasi STP Trisakti 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Jenis Pelayanan Service pada Industri Hotel

26 April 2024   01:09 Diperbarui: 26 April 2024   01:24 190
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tahukah kalian bahwa F&B service memiliki berbagai jenis service.  Layanan F&B (Food and Beverage) mencakup berbagai tipe service, sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan. Serta model bisnis restoran atau kafe. Karena tujuan pelaku usaha kuliner itu berbeda-beda maka dari itu jenis pelayanan yang tersedia pun semakin beragam. 

Namun, agar kita dapat lebih fokus, kali ini kita akan membahas beberpa jenis service yang ada didalam hotel. Berikut adalah beberapa jenis layanan F&B yang umum pada Industri Perhotelan. :

1. Table Service

Ini adalah layanan tradisional di mana pelanggan duduk di meja dan memesan makanan dan minuman dari seorang pelayan atau pelayan yang kemudian membawa pesanan mereka ke meja.

2. Self-Service

Pelanggan memesan dan mengambil makanan mereka sendiri dari area pelayanan makanan atau meja buffet. 

3. Room Service

Layanan di hotel di mana makanan dan minuman disajikan langsung ke kamar tamu.

4. Fine Dining Service

Layanan makan yang mewah dan terperinci di restoran tingkat atas, seringkali melibatkan menu khusus, anggur, dan pengalaman makan yang unik.

5. Casual Dining Service

Restoran yang menawarkan makanan yang lebih santai dan suasana yang lebih santai daripada restoran fine dining, tetapi lebih formal daripada restoran cepat saji.

6. Delivery Service

Restoran atau kafe mengirimkan makanan dan minuman langsung ke rumah pelanggan. Mengikuti perkembangan jaman beberapa hotel sudah mulai menggunaakn sistem delivery service. Sehingga hotel dapat menjual diluar dari pada tamu yang tidak menginap didalam hotel. 

7. Catering Service

Menyediakan makanan dan minuman untuk acara khusus seperti pesta, pernikahan, atau pertemuan bisnis. Dalam industri hotel catering service juga sudah menjadi hal biasa untuk mendapatkan revenue lebih yang diakibatkan oleh rendahnya penjualan kamar.

8. Online Ordering Service

Begitu juga dengan online ordering, semenjak pandemi teknologi berkembang cukup pesat. Pelanggan memesan makanan mereka secara online dan kemudian menerima pengiriman atau mengambil pesanan mereka di lokasi yang ditentukan.

Tergantung pada target pasar, gaya restoran, dan preferensi pelanggan, bisnis F&B dapat memilih untuk mengkombinasikan beberapa jenis layanan ini atau fokus pada satu jenis tertentu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun