Seperti kita ketahui sebuah perusahaan adalah suatu badan organisasi yang artinya,dalam melakukan kegiatannya dilakukan secara struktural/bersama sama. Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pentingnya komunikasi dan budaya perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan/organisasi. Apa itu komunikasi perusahaan (Corporate Communication) ?
Komunikasi perusahaan adalah total aktivitas komunikasi yang dihasilkan oleh suatu perusahaan untuk mencapai tujuan yang direncanakan (Jackson, 1987). Apa itu Budaya Perusahaan  (corporate culture) ?,Budaya Perusahaan adalah keyakinan, nilai, kepercayaan, dan norma bersama yang menjadi ciri perusahaan dan diikuti oleh anggota perusahaan.Â
Budaya memberikan kerangka acuan umum bagi anggota perusahaan yang dapat digunakan untuk mengubah peristiwa dan fakta di lingkungan perusahaan. Selanjutnya dalam menjalankan Komunikasi Perusahaan  terdapat beberapa cara dalam Berkomunikasi diantaranya adalah: Komunikasi Internal :Â
• Memberikan informasi sebanyak dan sejelas mungkinÂ
mengenai institusi.
• Menciptakan kesadaran anggota/personil mengenai peran
institusi dalam masyarakat.
• Menyediakan sarana untuk memperoleh umpan balik dari
anggota.
Komunikasi Eksternal
• Informasi yang benar dan wajar mengenai institusi.
• Kesadaran mengenai peran institusi dalam tata kehidupan
umumnya.
• Motivasi untuk menyampaikan citra baik
cara - cara tersebut sangatlah dibutuhkan untuk mencapai tujuan perusahaan.
sementara Budaya Perusahaan dibutuk untuk membentuk jati diri dan citra perusahaan dimata audiens, Â Karena membentuk sikap dan perilaku, budaya dapat menjadi energi menuju tujuan bersama. Itu tidak hanya mendorong karyawan untuk bekerja keras untuk mencapai target, tetapi merasa senang melakukannya. Oleh karena itu, budaya mempengaruhi produktivitas dan kinerja mereka (dan juga perusahaan). Â
Nah sampai disini seharusnya kita sudah bisa menyadari betapa pentingnya komunikasi dan budaya perusahaan dalam menjalankan suatu Perusahaan. Â Karna kesuksesan suatu Perusahaan tidak leoas dari Peran seluruh elemen yang ada di dalam perusahaan itu sendiri. Ketika suatu kebijakan atau aturan akan dikeluarkan untuk dilakasanakan ada baiknya para pemangku kebijakan dapat mengkomunikasikan secara utuh dan menyeluruh kepada anggota nya sebagai pelaksana kebijakan tersebut.Â
Jadi jangan hanya memberi perintah dan dibalut kewenangan untuk mempersuasi karyawannya dalam menjalankan kebijakan,aturan,tujuan Perusahaan. Â Karna jika gaya komunikasi tersebut yg digunakan perusahaan akan sulit mencapai tujuannya,dikarnakan hanya akan dapat menimbulkan kebingungan,kekhawatiran,anggota /kayawan nya dalam menjalankan tugasnya.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H