Pernahkah Anda ditawari Sales atau direkomendasikan rekan bisnis tentang aplikasi kartu nama? Jika sebelumnya Anda menganggapnya sebagai angin lalu. Kini Anda patut untuk mulai mempertimbangkannya. Berikut ini saya jelaskan alasannya.
Cetak kartu nama seringkali “terlihat” seperti masalah sepele. Namun, ternyata hal ini dapat menjadi salah satu penyebab kanker (baca = kantong kering) bagi usaha Anda. Tidak percaya? Coba perhatikan ilustrasi ini:
1 box kartu nama = Rp 30.000
Ringan bukan? :D
1 Sales butuh 2 box kartu nama dalam 1 bulan = 2 x Rp 30.000 = Rp 60.000/bulan
Masih cukup ringan J
20 Sales = 20 x 2 x Rp 30.000 = Rp 1.200.000/bulan HANYA UNTUK KARTU NAMA
Kalau seperti ini bagaimana? L
Nah, akhirnya jadi masalah bukan? Aplikasi kartu nama lah yang bisa jadi solusinya.
Jika kartu nama konvensional yang biasa kita miliki dicetak pada kertas, kartu nama ini berupa aplikasi yang dapat diunduh melalui perangkat Android.
Aplikasi kartu nama dapat diisi dengan foto profil, nama & jabatan, alamat, no hp, email, website dan sosial media yang kita miliki.
Wah sama saja donk isinya dengan kartu nama konvensional!
Eits, tentu beda. Di sini website dan sosial media yang kita cantumkan langsung terhubung begitu di klik, praktis!
Selain itu, kita dapat menampilkan portofolio kerja juga di dalam aplikasi kartu nama. Jadi calon customer dapat melihat contoh-contoh hasil kerja kita sebagai bahan pertimbangan. Dan semua itu tetap terlihat ringkas, asik bukan?
Belum lagi jika ada perubahan informasi misalnya perubahan jabatan, ganti nomor hp, pindah alamat kantor atau lainnya. Kartu nama konvensional yang lama tentunya sudah tidak dapat dipakai dan harus cetak kartu nama ulang. Berarti ilustrasi perhitungan di atas harus terulang lagi, hiks TT Dan selama Anda menunggu kartu nama yang baru jadi, mau tidak mau Anda harus menginformasikan adanya perubahan tersebut kepada pelanggan. Jadi buang waktu dan tenaga lagi bukan?
Memiliki aplikasi kartu nama membuat kita tidak perlu melakukan semua itu. Saat ada info yang perlu diubah atau ditambahkan, kita cukup melakukan edit info dari halaman admin. Jadi, saat klien membuka kartu nama kita, mereka akan selalu mendapatkan informasi yang up to date. Saat kita menambahkan info-info baru pun, secara otomatis akan ada notifikasi yang dikirimkan kepada mereka, intinya klien akan selalu terhubung dengan kita.
Dengan demikian beban kita untuk update info ke klien sudah teratasi, pikiran kita pun dapat difokuskan untuk hal lain. Sungguh nyaman J
Kenyamanan yang ditawarkan oleh aplikasi kartu nama ini ternyata dibanderol dengan harga cukup terjangkau. Cukup membuat kartu nama satu kali saja lalu dilanjutkan dengan biaya maintenance tahunan yang sangat minim. Sangat membantu dalam memangkas biaya operasional usaha Anda.
Kini saatnya mulai berhemat dengan membuat aplikasi kartu nama. Semoga bermanfaat!
Salam,
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI