Mohon tunggu...
Isur Suryati
Isur Suryati Mohon Tunggu... Guru - Menulis adalah mental healing terbaik

Mengajar di SMPN 1 Sumedang, tertarik dengan dunia kepenulisan. Ibu dari tiga anak. Menerbitkan kumpulan cerita pendek berbahasa Sunda berjudul 'Mushap Beureum Ati' (Mushap Merah Hati) pada tahun 2021. Selalu bahagia, bugar dan berkelimpahan rejeki. Itulah motto rasa syukur saya setiap hari.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Jawaban untuk Soal Berikan Contoh Umpan Balik Secara Umum Penguasaan Kompetensi Guru Penggerak

3 Juni 2024   17:23 Diperbarui: 3 Juni 2024   17:55 6902
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Umpan balik kompetensi guru penggerak/FB Isur Suryati 

Guru Penggerak merupakan program kepemimpinan bagi guru yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk menghasilkan pemimpin pembelajaran yang mampu menggerakkan komunitas belajar di sekolahnya. 

Program ini dirancang untuk menumbuhkan kepemimpinan kolektif dan berpihak pada murid, serta mendorong kolaborasi antar guru untuk mewujudkan pembelajaran yang bermutu.

Salah satu aspek penting dalam program Guru Penggerak adalah pemberian umpan balik. Umpan balik yang konstruktif dan berkelanjutan dapat membantu Guru Penggerak dalam mengembangkan kompetensi dan kepemimpinannya. Artikel ini akan memberikan contoh umpan balik secara umum terkait penguasaan kompetensi Guru Penggerak.

Contoh Umpan Balik Positif

Kompetensi 1: Berpihak pada Murid

- CGP selalu menunjukkan kepeduliannya terhadap murid-muridnya. Hal ini terlihat dari interaksinya yang hangat dan penuh kasih sayang, serta kesabarannya dalam membantu murid-murid yang mengalami kesulitan belajar. 

CGP memahami bahwa setiap murid memiliki kebutuhan belajar yang berbeda-beda, dan ia selalu berusaha untuk memberikan perhatian yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. Dalam setiap pertemuan kelas, CGP selalu memberikan ruang bagi murid-murid untuk bertanya dan berdiskusi, sehingga mereka merasa dihargai dan didengarkan.

- CGP mampu menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi murid-muridnya. Hal ini terlihat dari kelasnya yang selalu tertata rapi, serta suasananya yang kondusif untuk belajar. CGP selalu memastikan bahwa kelasnya bebas dari gangguan dan ancaman yang dapat mengganggu proses belajar mengajar. 

Ia juga selalu mengedepankan pendekatan yang ramah dan inklusif, sehingga semua murid merasa diterima dan dihargai. Lingkungan belajar yang diciptakan oleh CGP memungkinkan murid-murid untuk belajar dengan tenang dan fokus.

- CGP selalu berusaha untuk memahami kebutuhan belajar murid-muridnya. Hal ini terlihat dari pembelajarannya yang selalu berpusat pada murid, serta pemanfaatan berbagai metode dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan murid. CGP sering menggunakan pendekatan pembelajaran yang berbeda-beda, seperti pembelajaran berbasis proyek, diskusi kelompok, dan penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Dengan cara ini, CGP dapat memenuhi berbagai gaya belajar murid dan membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan bermakna.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun