Membangun suasana belajar yang positif adalah salah satu aspek utama dalam memastikan pembelajaran yang berpihak pada murid. Suasana positif tidak hanya menciptakan lingkungan yang nyaman bagi murid untuk belajar, tetapi juga memotivasi mereka untuk mencapai potensi penuh mereka.Â
Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi bagaimana suasana positif berkontribusi pada pembelajaran yang berpihak pada murid dan strategi konkrit yang dapat digunakan oleh guru untuk menciptakan lingkungan tersebut.
Mengapa Suasana Positif Penting?
Suasana positif di kelas memainkan peran penting dalam mendukung pembelajaran yang berpihak pada murid. Ketika murid merasa aman, dihargai, dan termotivasi, mereka lebih cenderung terlibat secara aktif dalam proses belajar. Mereka merasa lebih berani untuk mengambil risiko dan mencoba hal-hal baru, karena mereka tahu bahwa kesalahan adalah bagian dari proses belajar. Selain itu, suasana positif juga memungkinkan guru untuk mengembangkan hubungan yang kuat dengan murid, yang memungkinkan mereka untuk memahami kebutuhan dan minat individu murid dengan lebih baik.
Bagaimana Suasana Positif Berkontribusi pada Pembelajaran Berpihak pada Murid?
1. Rasa Aman dan Nyaman
  - Murid merasa diterima apa adanya dan dihargai oleh guru dan rekan sekelas.
  - Mereka merasa bebas untuk membuat kesalahan tanpa takut akan penilaian negatif.
  - Guru selalu siap membantu dan mendukung murid yang mengalami kesulitan.
2. Motivasi dan Semangat Belajar
  - Murid merasa tertarik dan antusias terhadap materi pelajaran.
  - Mereka berpartisipasi aktif dalam diskusi dan kegiatan kelas.
  - Murid memiliki tujuan belajar yang jelas dan merasa memiliki tanggung jawab terhadap proses pembelajaran mereka.
3. Mengembangkan Keterampilan dan Potensi