Mohon tunggu...
Isur Suryati
Isur Suryati Mohon Tunggu... Guru - Menulis adalah mental healing terbaik

Mengajar di SMPN 1 Sumedang, tertarik dengan dunia kepenulisan. Ibu dari tiga anak. Menerbitkan kumpulan cerita pendek berbahasa Sunda berjudul 'Mushap Beureum Ati' (Mushap Merah Hati) pada tahun 2021. Selalu bahagia, bugar dan berkelimpahan rejeki. Itulah motto rasa syukur saya setiap hari.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Bagaimana Suasana Positif Berkontribusi Pada Pembelajaran yang Berpihak Pada Murid, Inilah Jawabannya!

15 Mei 2024   18:17 Diperbarui: 15 Mei 2024   18:26 1017
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi suasana positif pembelajaran yang berpihak pada murid/Dok. Pribadi

Membangun suasana belajar yang positif adalah salah satu aspek utama dalam memastikan pembelajaran yang berpihak pada murid. Suasana positif tidak hanya menciptakan lingkungan yang nyaman bagi murid untuk belajar, tetapi juga memotivasi mereka untuk mencapai potensi penuh mereka. 

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi bagaimana suasana positif berkontribusi pada pembelajaran yang berpihak pada murid dan strategi konkrit yang dapat digunakan oleh guru untuk menciptakan lingkungan tersebut.

Mengapa Suasana Positif Penting?

Suasana positif di kelas memainkan peran penting dalam mendukung pembelajaran yang berpihak pada murid. Ketika murid merasa aman, dihargai, dan termotivasi, mereka lebih cenderung terlibat secara aktif dalam proses belajar. Mereka merasa lebih berani untuk mengambil risiko dan mencoba hal-hal baru, karena mereka tahu bahwa kesalahan adalah bagian dari proses belajar. Selain itu, suasana positif juga memungkinkan guru untuk mengembangkan hubungan yang kuat dengan murid, yang memungkinkan mereka untuk memahami kebutuhan dan minat individu murid dengan lebih baik.

Bagaimana Suasana Positif Berkontribusi pada Pembelajaran Berpihak pada Murid?

1. Rasa Aman dan Nyaman


   - Murid merasa diterima apa adanya dan dihargai oleh guru dan rekan sekelas.
   - Mereka merasa bebas untuk membuat kesalahan tanpa takut akan penilaian negatif.
   - Guru selalu siap membantu dan mendukung murid yang mengalami kesulitan.

2. Motivasi dan Semangat Belajar


   - Murid merasa tertarik dan antusias terhadap materi pelajaran.
   - Mereka berpartisipasi aktif dalam diskusi dan kegiatan kelas.
   - Murid memiliki tujuan belajar yang jelas dan merasa memiliki tanggung jawab terhadap proses pembelajaran mereka.

3. Mengembangkan Keterampilan dan Potensi


   - Murid tidak hanya mengembangkan keterampilan akademis, tetapi juga keterampilan sosial, emosional, berpikir kritis, dan kreatif.
   - Mereka diberi kesempatan untuk memimpin dan mengambil tanggung jawab dalam proyek kelas.

Strategi untuk Menciptakan Suasana Positif di Kelas:

1. Membangun Hubungan yang Positif
   - Guru menunjukkan perhatian dan peduli terhadap murid.
   - Mereka mendengarkan dengan empati dan memahami kebutuhan individu murid.

2. Menerapkan Disiplin Positif
   - Pendekatan disiplin yang fokus pada penguatan perilaku positif membantu menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung.

3. Menciptakan Lingkungan Belajar yang Inklusif
   - Menghargai keberagaman dan menciptakan ruang belajar yang ramah bagi semua murid.

4. Melibatkan Murid dalam Proses Pembelajaran
   - Memberi murid kesempatan untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan dan merancang kurikulum.

5. Merayakan Pencapaian Murid
   - Memberikan pengakuan dan penghargaan atas usaha dan pencapaian murid untuk memperkuat motivasi mereka.

Dampak Jangka Panjangnya

Pembelajaran yang berpihak pada murid yang didukung oleh suasana positif di kelas memiliki dampak jangka panjang yang signifikan. Murid yang merasa aman dan termotivasi memiliki peluang lebih besar untuk mencapai potensi penuh mereka, baik dalam pendidikan maupun dalam kehidupan. 

Mereka juga lebih mungkin untuk mengembangkan keterampilan dan sikap yang diperlukan untuk berhasil dalam masyarakat yang semakin kompleks dan beragam.

Dengan demikian, menciptakan suasana belajar yang positif bukanlah hanya tanggung jawab guru, tetapi juga merupakan investasi dalam masa depan murid. Melalui pendekatan yang berfokus pada kebutuhan dan kepentingan murid, kita dapat memastikan bahwa setiap murid memiliki kesempatan yang sama untuk belajar dan tumbuh menjadi individu yang berprestasi dan berpengaruh dalam masyarakat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun